Nikmatilah dan resapilah Sapaan Tuhan hari ini!
Adakah Ia bicara kepadamu?
Bagaimana kita menanggapinya?
Rahmat yang kamu peroleh apa?
Nikmatilah dan resapilah Sapaan Tuhan hari ini!
Adakah Ia bicara kepadamu?
Bagaimana kita menanggapinya?
Rahmat yang kamu peroleh apa?
Kekudusan Gereja dibicarakan dalam Konsili Vatikan II, konstitusi Lumen Gentium pada bab V. Kekudusan Gereja bukanlah suatu sifat yang seragam, yang sama bentuknya untuk semua, mealinkan semua mengambil bagian dalam satu kesucian Gereja, yang berasal dari Kristus, yang mengikutsertakan Gereja dalam gerakan-Nya kepada Bapa oleh Roh Kudus.
Pada taraf misteri ilahi Gereja sudah suci : “Di dunia ini gereja sudah ditandai oleh kesucian yang sesungguhnya, meskipun tidak sempurna” (LG 48). Ketidaksempurnaan ini menyangkut pelaksanaan insani, sama seperti kesatuannya. Dalam hal kesucian pun yang pokok bukanlah bentuk pelaksanaannya, melainkan sikap dasarnya.
“Suci” sebetulnya berarti yang dikhususkan bagi Tuhan. Jadi yang pertama-tama menyangkut seluruh bidang sakral atau keagamaan. Yang suci bukan hanya tempat, waktu, barang yang dikhususkan bagi Tuhan, atau orang. Malah sebenarnya harus dikatakan bahwa “yang kudus” adalah Tuhan sendiri. Semua yang lain, barang maupun orang, disebut “kudus” karena termasuk lingkup kehidupan Tuhan.
Kudus pertama-tama bukanlah termasuk kategori moral yang menyangkut kelakukan manusia, melainkan kategori teologis (ilahi), yang menentukan hubungan dengan Allah. Ini bukan berarti kelakuan moral tidak penting karena yang dikhususkan bagi Tuhan, harus “sempurna” (Im 1:3, Rm 6:19, 22).
“Gereja itu suci dan sekaligus harus dibersihkan, serta terus menerus menjalankan pertobatan dan pembaruan “(LG 8). Kesucian Gereja adalah kesucian perjuangan, terus menerus.
Landasan Hukum Gereja yang Satu dapat kita lihat dalam Katekismus Gereja Katolik dibawah ini :
“Itulah satu-satunya Gereja Kristus, yang dalam syahadat iman kita akui sebagai Gereja yang satu, kudus, katolik, dan apostolik” (LG 8).
Keempat sifat ini, yang tidak boleh dipisahkan satu dari yang lain, melukiskan ciri-ciri hakikat Gereja dan perutusannya. Gereja tidak memilikinya dari dirinya sendiri. Melalui Roh Kudus, Kristus menjadikan Gereja-Nya itu satu, kudus, katolik, dan apostolik. Ia memanggilnya supaya melaksanakan setiap sifat itu. (KGK 811)
Hanya iman dapat mengakui bahwa Gereja menerima sifat-sifat ini dari asal ilahinya. Namun akibat-akibatnya dalam sejarah merupakan tanda yang juga jelas mengesankan akal budi manusia. Seperti yang dikatakan Konsili Vatikan I, Gereja “oleh penyebarluasannya yang mengagumkan, oleh kekudusannya yang luar biasa, dan oleh kesuburannya yang tidak habis-habisnya dalam segala sesuatu yang baik, oleh kesatuan katoliknya dan oleh kestabilannya yang tak terkalahkan, adalah alasan yang kuat dan berkelanjutan sehingga pantas dipercaya dan satu kesaksian yang tidak dapat dibantah mengenai perutusan ilahinya” (DS 3013). (KGK 812)
Gereja itu satu menurut asalnya. “Pola dan prinsip terluhur misteri itu ialah kesatuan Allah tunggal dalam tiga Pribadi, Bapa, Putra, dan Roh Kudus” (UR 2 §5). Gereja itu satu menurut Pendiri-Nya. “Sebab Putra sendiri yang menjelma … telah mendamaikan semua orang dengan Allah, dan mengembalikan kesatuan semua orang dalam satu bangsa dan satu tubuh” (GS 78,3). Gereja itu satu menurut jiwanya. “Roh Kudus, yang tinggal di hati umat beriman, dan memenuhi serta membimbing seluruh Gereja, menciptakan persekutuan umat beriman yang mengagumkan itu, dan sedemikian erat menghimpun mereka sekalian dalam Kristus, sehingga menjadi prinsip kesatuan Gereja” (UR 2 §2). Dengan demikian, kesatuan termasuk dalam hakikat Gereja: “Sungguh keajaiban yang penuh rahasia! Satu adalah Bapa segala sesuatu, juga satu adalah Logos segala sesuatu, dan Roh Kudus adalah satu dan sama di mana-mana, dan juga ada hanya satu Bunda Perawan; aku mencintainya, dan menamakan dia Gereja” (St. Klemens dari Aleksandria, Pæd. 1,6,42:PG 8,300). (KGK 813)
Namun sejak awal, Gereja yang satu ini memiliki kemajemukan yang luar biasa. Di satu pihak kemajemukan itu disebabkan oleh perbedaan anugerah-anugerah Allah, di lain pihak oleh keanekaan orang yang menerimanya. Dalam kesatuan Umat Allah berhimpunlah perbedaan bangsa dan budaya. Di antara anggota-anggota Gereja ada keanekaragaman anugerah, tugas, syarat-syarat hidup dan cara hidup; “maka dalam persekutuan Gereja selayaknya pula terdapat Gereja-gereja khusus, yang memiliki tradisi mereka sendiri” (LG 13). Kekayaan yang luar biasa akan perbedaan tidak menghalang-halangi kesatuan Gereja, tetapi dosa dan akibat akibatnya membebani dan mengancam anugerah kesatuan ini secara terus-menerus. Oleh karena itu, Santo Paulus harus menyampaikan nasihatnya, “supaya memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera” (Ef 4:3). (KGK 814)
Manakah ikatan-ikatan kesatuan? Terutama cinta, “ikatan kesempurnaan” (Kol 3:14). Tetapi kesatuan Gereja peziarah juga diamankan oleh ikatan persekutuan yang tampak berikut ini:
Dekrit Konsili Vatikan II mengenai ekumene menyatakan: “Hanya melalui Gereja Kristus yang katoliklah, yakni upaya umum untuk keselamatan, dapat dicapai seluruh kepenuhan upaya-upaya penyelamatan. Sebab kita percaya, bahwa hanya kepada Dewan Para Rasul yang diketuai oleh Petrus-lah Tuhan telah mempercayakan segala harta Perjanjian Baru, untuk membentuk satu Tubuh Kristus di dunia. Dalam Tubuh itu harus disaturagakan sepenuhnya siapa saja, yang dengan suatu cara telah termasuk Umat Allah” (UR 3). (KGK 816)
Tetapi, setelah beberapa tahun kemudian, dengan mulainya misi ke daerah-daerah Romawi, Injil juga harus diwartakan sebagai kabar baik untuk orang-orang Yunani dan Kekaisaran Romawi yang mendengar para rasul. Mereka tidak mengambil bagian dalam keinginan orang Yahudi untuk kemerdekaan karena dilindungi oleh struktur-struktur sosial yang begitu kuat dan tidakada seorang pun yang mempertanyakannya. Untuk menguasai bangsa-bangsa taklukan, Kekaisaran Romawi menghapus kebanggaan diri dan ambisi balk bangsa kecil maupun besar, dan dengan demikian dialami suatu kekosongan di mana senti men religiUs akan bertumbuh, Orang-orang ini memperhatikan semua yang berhubung dengan "pribadi manusia" dan mereka mencari suatu jalan keluar dari nasibnya berliadapan dengan banyak ajaran dan agama,Kristus harus diwartakan kepada mereka sebagai orang yang dapat menyelesaikan kontradiksi-kontradiksi dan Dialah yang memberikan mereka hidup yang benar.
Paulus berbicara tentang keselamatan Allah seolah-olah melupakansituasi panas di Palestina di mana nasionalisme Yahudi bertentangan dengan-kekarseran Romawi dan di mana harapan religius dipolitisasikan. Keselamatan Allah adalah keselamatan seluruh umat manusia tetapi menjadi di dalam hatimanusia; semuanya tergantung padajawaban kita kepada panggilan Allah; apakah kita berani percaya kepada-Nya?
Keselamatan ini adalah yang diumumkan oleh Alkitab, tetapi bukan sebagai perbaikan atau reformasi agama Yahudi saja. Oleh karena pembaptisan kita dimasukkan ke dalam suatu dunia yang penuh misteri, yaitu dunia Kristus yang telah bangkit; kita sudah ada "di dalam Kristus" dan kita hidup menurut Roh-Nya. Karunia Roh membuka zaman baru di mana semuanya dilakukan karena hukum cinta kasih bagi mereka yang telah menjadi anak Allah. Kemudian Paulus kembali pada masalah umat Yahudi: bagaimana dapat memahami sejarah Israel yang baginya Allah menjanjikan seorang penyelamat yang sama sekali tidak mereka kenal.
Tetapi mereka tidak memperhatikan bahwa surat ini, didasarkan atas seluruh pengalaman Paulus baik sebagai orang Yahudi maupun sebagai orang Farisi, dan kemudian sebagai rasul yang langsung dipanggil oleh Kristus. Inilah titik tolaknya dalam berbicara tentang dosa dan pembenaran, tentang panggilan Allah dan keselamatan oleh iman. Sama seperti orang-orang lain pada zamannya, Luther mencari jawaban atas masalah-masalah yang mereka alami dan terlebih atas kecemasan-kecemasan mereka. Mereka memperluas perspektif tentang dosa dan hukuman kekal; mereka adalah korban dari satu aliran filsafat (nominalisme) di mana tidak ada yang baik atau jahat dalam dirinya sendiri, kecuali kalau Allah mengatakannya. Oleh karena itu, semua yang dikatakan oleh Paulus tentang takdir Allah untuk umat Yahudi, mereka tafsirkan sebagai takdir pribadi ke surga atau ke neraka.
Banyak generasi .orang Protestan dan orang Katolik dipengaruhi oleh konflik ini keselamatan oleh iman saja, atau oleh iman dan perbuatan, atau oleh iman, perbuatan dan sakramen? Cinta kasih Allah Bapa dan Kristus Penyelamat dikesampingkan oleh suatu hasil tentang keselamatan: bagaimana aku dapat lolos dari tempat sempit ini di mana Allah menempatkan aku? Suatu pandangan tentang Tuhan yang adil, keputusan-keputusan yang tak dapat diubah, Allah yang menghukum orang-orang ke neraka mengakibatkan trauma pada orang-orang Barat. Pandangan ini pulalah yang di kemudian hari melahirkan suatu revolusi, yakni suatu ateisme militan semangat berjuang.
Jauh sebelumnya, ada kumpulan perdana tujuh surat rasul yang disusun berdasarkan panjang pendeknya surat seperti empat sural "besar" kepadajemaat di Roma, Korintus, dan Galatia, serta "surat-surat dari penjara". Surat lainnya sebagai tambahan: pertama, surat kepada jemaat di Tesalonika yang sebenamya paling tua; dan kemudian surat-surat yang diwariskan atas nama Paulus; surat-surat kepada Timotius dan Titus yang ditulis sek.itar dua puluh atau tiga puluh tahun kemudian, serta surat kepadajemaatdi Ibrani yang menarik, yang kemungkinan ditulis di bawah pengaruh Paulus namun oleh pengarang yang tidak dikenal. Kutipan dari 'Surat Kedua Petrus. (tidak ditulisnya sendiri tetapi k.ira-k.ira lima puluh tahun sesudah kematiannya) merupakan bukti bahwa sejak saat itu Surat-surat Paulus iermasuk di antara tulisan yang diilhami (2Ptr 3:15-16).