Pawitikra CATHOLIC Students: 06/03/21

WELCOME & GOD BLESS YOU ALWAYS

Selamat Datang di Blog ini bersama R. Slamet Widiantono ------**------ TUHAN MEMBERKATI -----* KASIH ITU MEMBERIKAN DIRI BAGI SESAMA -----* JANGAN LUPA BAHAGIA -----* TERUS BERPIKIR POSITIF -----* SALAM DOA -----* slammy

Kamis, 03 Juni 2021

Rangkuman 8 Katolik 2

Dalam menyatakan diri-Nya kepada manusia, Allah kerap menggunakan simbol atau lambang.
Kehadiran Allah tidak pernah langsung dalam wujud aslinya; seperti kepada Musa, Allah menampakan diri melalui bara api, kepada Samuel dalam bentuk suara, kepada Bangsa Israel melaui tiang awan.
Allah juga kerap kali menyatakan diri melalui pribadi-pribadi tertentu seperti para Nabi.
Allah dalam kebaikan dan kebijaksanaa-Nya berkenan menyatakan diri-Nya secara utuh dalam dan melalui diri Yesus Kristus ( Ef 1:9 ).
Melalui dan dalam pribadi Yesus Kristus, Allah menyatakan rencana kehendak-Nya.
Didalam dan melalui sabda serta karya-Nya, Allah bisa dikenal secara utuh.
Didalam Lumem Gentium ( LG ) Art.9c dikatakan, “ia membentuk mereka menjadi Gereja sebagai, supaya bagi semua dan setiap orang menjadi sakramen kelihatan yang menandakan kesatuan yang menyelamatkan.”


Gereja sebagai persekutuan yang dijiwai Roh Kudus adalah suci dan mengungkapkan diri sebagai sakramen keselamatan (LG.Art 1;9c)
Gereja mengespresikan karya keselamatan Kristus dengan tanda dan sarana penyelamatan Kristus yang kita kenal 7 sakramen Gereja.
Ke-7 sakramen Gereja yaitu: Sakramen Baptis, Ekaristi, Tobat, Krisma, Imamat, Perkawinan dan Pengurapan orang sakit.
Yesus dan Sakramen
Ke-7 sakramen tersebut mengandung 4 aspek yaitu:- Sakramen selalu berpusat pada Yesus Kristus
- Terjadi didalam Gereja-Nya
- Bersifat pribadi dan indrawi/manusiawi
- dan menjadi simbol/sarana keselamatan yang diperlukan oleh manusia.

Kuasa Allah yang ada dalam diri Yesus untuk menyelamatkan orang ditampakan melalui tanda yang dibuat Yesus (mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu) dan kata-kata yang diucapkan Yesus (“Jadilah engkau tahir”).
Tanda dan kata terkait satu dengan yang lain: kata menjelaskan tanda dan tanda meneguhkan kata. Begitu tanda dan kata diunkapkan, maka “seketika itu juga” keselamatan terjadi.
Kata “sakremen” (sacramentum: sacer/sacrum), berarti “sesuatu yang menjadikan kudus tau keramat”, juga “semua hal yang berhubungan dengan yang kudus”.

Baru pada abad ketiga kata sacramentum dipakai didalam Gereja untuk menerjemahkan kata Yunani: mysterion (mysterion) yang artinya sama, yaitu: rahasia (misteri).
Sesuatu yang kudus atau keramat sangat erat berkaitan dengan ide tentang sesuatu yang transcenden, yang ilahi, yang menarik (fascinosum), sekaligus yang menakutkan (tremandum)
Dalam penghayatan sehari-hari orang biasanya menggunakan tanda-tanda dan lambang untukmengungkapkan rasa keagamaannya terhadap Yang Maha Kudus, Yang Maha Tinggi, dst.
Sakramentali ialah tanda-tanda suci yang atas cara yang mirip yang mirip dengan sakramen menandakan efek-efek, terlebih yang rohani, yang diperoleh berkat permohonan Gereja.
Sakramen (sacramentum) adalah tanda sekaligus sarana yang mengungkapkan peristiwa penyelamatan Allah kepada manusia.
Ada 3 aspek dalam karya penyelamatan Yesus, yakni:- Aspek ilahi: kehadiran Allah, yang dalam hal ini tampak dalam pribadi Yesus Kristus
  • Aspek personal-manusiawi: iman dan kesediaan orang menerimanya serta tanda berupa kata/perbuatan yang dapat dirasakan dan didengar dan dialami.
  •  Aspek sosial/jemaat: adanya orang-orang yang hadir/jemaat yang menyaksikan.
Gereja adalah sakramen, yakni tanda dan sarana persatuan dengan Allah dan kesatuan seluruh umat manusia.
Gereja harus terus menerus disucikan oleh Roh Kudus, supaya tetap menjadi baru.
Gereja harus terus menerus menyalurkan rahmat Tuhan, yitu keselamatanm kepada manusia.
Masing-masing sakramen memakai tanda dan saranya sendiri.
Gereja adalah persekutuan orang-orang beriman kepada Yesus Kristus.
Dengan menerima sakramen Baptis, seseorang dimasukkan ke dalam kehidupan Allah Bapa yang mencipta, Yesus Kristus Putra Allah yang menebus dan Roh Kudus Yang menyucikan dan menyertai perjalanan hidupnya.
Upacara inisiasi Kristen dilaksanakan dalam 4 masa dan 3 tahap: 
1. Masa prakatekumenat, 
2. masa katekumenat, 
3. masa persiapan terakhir, 
4. Masa Mistagogi.

Seseorang yang mau menjadio Murid Kristus pertama-tama harus percaya atau beriman kepada Yesus Kristus.
Beriman tidak hanya berarti mengetahui, melainkan percaya dan hidup sesuai dengan ajarannYa dan berupaya ikut mewartakan serta mewujudkan ajaranNya dalam kehidupan sehari-hari.
Melalui upacara sakramen Baptis seseorang dilahirkan kembali dari air dan Roh..
Arti dilahirkan dari air dan Roh adalah, orang itu memperoleh air kehidupan dan Roh kehidupan.
Buah atau rahmat pembaptisan: Mendapat pengampunan, menjadi “ciptaan baru”, memperoleh rahmat pembenaran atau pengudusan, digabungkan menjadi anggota Gereja, dimeteraikan.
Yang termasuk sakramen inisiasi adalah: babtis, krisma dan ekaristi.
Sakramen Ekaristi adalah pokok dan puncak dari segala sakramen.
Dalam Perayaan sakramen Ekaristi yang menjadi puncak perayaan adalah Doa Syukur Agung.
Percampuran air (sedikit) pada anggur mengandung arti:- Simbolisasi kelurnya darah dan air dari lambumg Yesus
- Simbolisasi bersatunya kodrat ilahi dan manusiawi dari Yesus Kristus
- Simbolisasi persatuan kita dan Yesus Kristus

Pemasukan hosti suci (dicuil kecil) kedalam piala darah artinya, yaitu :- Tradisi Gereja Roma. Fermentum (peragian) misa Sri Paus > maka hocti kecil/secuil yang dicampurkan kedalam piala (di Paroki-paroki) melambangkan= Kesatuan Gereja
- Liturgi Syria (Timur) melambangkan= kebangkitan Yesus Kristus dan kehadirannya pada Altar
Upacara persembahan mengandung arti dan nilai simbolis. Di sana umat mempersembahkan roti dan anggur dan uang sebagai hasil bumi dan usaha dan jerih payah manusia.
Pengumpulan uang (kolekte) pada dasarnya dimaksudkan untuk orang miskin atau untuk keperluan Gereja.
Doa Syukur Agung serupa dengan “induknya”, yakni birkat ha-mazon Doa Syukur Agung terdiri dari dua bagian: Puji-syukur dan permohonan.
Yang pokok dalam perayaan Ekaristi adalah puji-syukur, yang dalam bahasa Yunani disebut eukharistia.
Perayaan Ekaristi mengenangkan sekaligus menghadirkan kembali tindakan penyelamat yang dilakukan oleh Yesusada umat manusia sekaligus mensyukurinya.
Bagi Gereja sekarang, Ekaristi merupakan Ucapan Syukur dan Pujian kepada Bapa.
Ekaristi adalah kenangan akan kurban Yesus Kristus.
Ekaristi adalah sebagai kehadiran Kristus melalui kekutan Sabda-Nya dan Roh Kudus.
Liturgi menjelaskan bahwa Sakramen Penguatan menyebabkan curahan Roh Kudus dalam kelimpahan, seperti yang pernah dialami Para Rasul pada hari Pentakosta.
Untuk menerima penguatan, orang harus berada dalam suasana rahmat.
Akibat dosa, manusia kehilangan rahmat sebagai Anak Allah yang pernah ia terima dalam sakramen babtis.
Hak untuk menerima sakramen-sakramen tidak akan diberikan bila, seseorang karena tindakan kejahatan yang amat besar terkena hukuman Gereja yang disebut: Ekskomunikasi.
Hikuman dari Gereja yang dikenakan secara otomatis kepada orang yang bersalah disebut: Latae sententiae.
Gereja Katolik oleh Yesus Kristus diberi tugas untuk membimbing umatnya supaya menjadi semakin sempurna dalam jalan menyucikan hidupnya. Salah satu cara menyucikan hidup yaitu melalui sakramen tobat. Sakramen tobat sering disebut dengn istilah lain, yaitu:· Sakramen pemulihan
· Sakramen pengakuan
· Sakramen pengampunan
· Sakramen perdamaian

Indulgensi adalah penghapusan siksa-siksa temprol di depan Allah untuk dosa-dosa yang sudah diampuni. Warga beriman Kristen yang benar-benar siap menerimanya, dibawah persyaratan yang ditetapkan dengan jelas, memperoleh dengan bantuan Gereja, yang sebagai pelayan penebusan membagi-bagikan dan memperuntukkan kekayaan pemulihan Kristus dan para kudus secara otoritatif
Yang dapat mengampuni dosa atas nama Kristus adalah hanya imam yang telah mendapat wewenang dari otoritas Gereja.
Sakit adalah bagian yang tak terpisahkan dalam hidup manusia. Dalam keadaan itu manusia menyadari ketidak mamouan, keterbatasan dan kefeneennyax

Yuk belajar soal dibawah ini 8

1. Gereja selain diartikan sebagai tempat ibadat, juga diartikan.... .
    A. Orang katolik
    B. Kerajaan Allah
    C. Persekutuan orang
    D. Persekutuan orang yang beriman pada Yesus Kristus

2. Salah satu ciri khas kehidupan jemaat katolik adalah.... .
    A. Merayakan Ekaristi
    B. Mempunyai hari raya
    C. Mempuyai Kitab suci
    D. Mempunyai tempat ibadat

3. Melaksanakan tugas sebagai umat kristiani di masyarakat, merupakan tugas perutusan....
    A. Para Uskup
    B. Imam dan biarawan
    C. Para tokoh Gereja
    D. Semua orang beriman kristiani

4. Gereja sebagai persekutuan, memiliki ciri khas dalam kehidupannya, yakni.....
    A. menonjolkan harga diri
    B. jauh dari hal-hal duniawi
    C. meningkatkan rasa individualis
    D. mengembangkan kebersamaan kelompok

5. Seluruh umat kristiani dipanggil oleh Allah untuk menjadi saksi di tengah-tengah dunia dengan....
    A. pemberian derma sehingga dapat dipuji oleh orang lain
    B. menguasai seluruh ajaran kristiani sehingga dapat dianggap hebat
    C. menempuh pendidikan guru agama sehingga dapat mengajar
    D. melakukan tindakan dan memberikan kesaksian/berkata yang benar dimana mereka berada

6. Pewartaan yang tepat bagi bangsa Indonesia yang sangat majemuk pemeluk agamanya adalah....
    A. mewartakan iman kita melalui kesaksian hidup kita sehari-hari
    B. membagikan sembako agar umat aktif ke gereja
    C. membiarkan semua pemeluk agama agar berkembang dengan pesat
    D. memberikan dukungan untuk perselisihan antar umat beragama

7. Bentuk-bentuk pelayanan gereja Katolik Indonesia untuk masyarakat luas adalah....
    A. pemberian pekerjaan yang layak bagi seluruh umat
    B. pemberian sembako bagi mereka yang mau menjadi katolik
    C. mendirikan sekolah dan rumah sakit untuk umum
    D. membuka lowongan kerja bagi mereka yang ingin dibaptis

8. Sebagai orang katolik akan menjadi tampak apabila mau terlibat dalam....
    A. kegiatan gereja dan kemasyarakatan sebagai tanda ikut ambil bagian hidup di dunia
    B. masyarakat yang seiman saja karena akan mendukung imannya
    C. kegiatan umat yang justru berlainan agama agar mampu mencontoh
    D. kegiatan di pedesaan supaya cepat populer

9. kehidupan Pelayanan kristiani adalah sikap pokok para pengikut Kristus. Dengan kata lain....
    A. para pengikut Kristus adalah tangan kanan Kristus
    B. pelayanan krisatiani adalah tanggung jawab para imam
    C. melayani adalah tanggung jawab setiap orang kristiani sebagai konsekuensi dari imannya
    D. melayani hanyalah tugas orang kristiani sebagai anggota Gereja

10. Termasuk kegiatan pewartaan di paroki atau lingkungan, misalnya.... .
    A. Ziarah
    B. Doa Rosario
    C. Sekolah Minggu
    D. Pelayanan sakramen
    
11. Kelompok Legio Maria, Doa Karismatik, Kelompok Mudika, dalam kegiatan paroki termasuk bidang.... .
    A. Pelayanan
    B. Persekutuan
    C. Pewartaan
    D. Pengudusan

12. Doa bersama dalam perayaan ekaristi termasuk kegiatan bidang.... .
    A. Pelayanan
    B. Pewartaan
    C. Pengudusan
    D. Persekutuan

13. Gereja sebagai persekutuan umat akan menonjolkan dalam hal....
    A. Sikap miskin, sederhana dan terbuka, rela berdialog dengan pihak manapuin, sebab Gereja yakin bahwa di luar gereja terdapat pula keselamatan dan kebenaran
    B. Hukun dan peraturan sangat penting
    C. Keikut sertaan umat dalam hidup menggereja
    D. Hukum dan peraturan yang jelas

14. Keanggotaan dalam Gereja sebagai persekutuan umat Allah adalah....
    A. golongan hirarki,biarawan, biarawati
    B. golongan imam, golongan hirarki dan kaum awam
    C. golongan hirarki, golongan biarawan dan diakon
    D. golongan hirarki, biarawan/wati dan kaum awam

15. Setiap perkumpulan belum tentu merupakan persekutuan sebab....
    A. persekutuan mengandung maksud menguntungkan orang lain
    B. hidup dalam persekutuan akan selalu melayani orang yang disenangi
    C. dalam persekutuan akan terjadi komunikasi terus-menerus, saling melayani, berbagi,dsb
    D. dalam persekutuan tidak harus berkumpul

16. Gereja adalah persekutuan yang semua anggotanya terlibat untuk membangun ”Tubuh Kristus”. Kepala Gereja yang sesungguhnya adalah.... .
    A. Paus
    B. Imam
    C. Uskup
    D. Kristus

17. Perbedaan antar Imam dan biarawan/biarawati terletak pada.... .
    A. Kaul kebiaraan
    B. Pakaian liturgi
    C. Tugas dan pelayanan
    D. Sakramen imamat bagi imam

18. Para imam yang mengambil bagian dalam imamat Uskup, memiliki tugas penggembalaan umat yakni; melayani, menguduskan dan.... .
    A. Mengajar
    B. Memimpin
    C. Mendoakan
    D. Mempersatukan

19. Umat kristiani yang bukan termasuk imam dan biarawan/wati dalam keanggotaan Gereja diistilahkan dengan... .
    A. Jemaat
    B. Umat Aallah
    C. Kaum awam
    D. Gereja basis

20. Tanda dan sarana yang mengungkapkan karya keselamatan Allah kepada manusia dinamakan....
    A. Lambang
    B. Rahmat Allah
    C. Sakramen
    D. Liturgi

21. Sakramen yang sebaiknya diterima sesering mungkin/kerap kali adalah sakramen.... .
A. Pengurapan orang sakit
B. Ekaristi
C. Baptis
D. Krisma

22. Bila orang dibaptis, dahinya ditetesi air suci. Hal ini dimaksudkan....
A. Air membersihkan dosa
B. Air lambang kehidupan
C. Yesus dibatis dengan air
D. Air dipakai sebagai lambang, sarana membersihkan dosa manusia

23. Syarat yang paling pokok agar seseorang dapat menerima sakramen baptis adalah
A. Tekun dan kesungguhan hati
B. Rajin mengikuti ibadat dan doa
C. Beriman pada Yesus Kristus
D. Memahami pokok ajaran katolik

24. Buah atau rahmat dari sakramen baptis adalah....
A. Mendapat pengalaman
B. Boleh mengikuti pesta rohani
C. Mendapat mengampunan dosa
D. Mendapat teman baru yang katolik

25. Allah yang maha Rahim mengampuni dosa manusia yang bertobat. Ini adalah rahmat dari pemberian sakramen....
A. Tobat
B. Krisma
C. Ekaristi
D. Minyak suci

26. Tubuh dan Darah Tuhan Yesus Kristus dalam perayaan Ekaristi dilambangkan dengan....
A. Darah domba
B. Roti tak beragi
C. Roti dan anggur
D. Perjamuan paska

27. Dalam Perjamuan terakhir, Yesus membasuh kaki murid-murid-Nya. Ajaran yang mau diberikan
Yesus pada para murid adalah....
A. Pengampunan
B. Kebersihan
C. Kerukunan
D. Pelayanan

28. Orang Yahudi melaksanakan perjamuan paska (perjamuan paska Yahudi) dimaksudkan untuk....
A. Mengenang Yahwe
B. Bersyukur atas pe,berian 10 perintah Allah
C. Mengenang dan bersyukur pada Yahwe atas pembebasan dari Mesir
D. Mengenang dan bersyukur atas penyelamatan Yesus

29. Perhatikan data berikut ini:
1.Nyanyian pembukaan
2.Tanda salib
3.Mazmur tanggapan
4.Seruan tobat
5.Homili
Dari data tersebut yang tidak termasuk bagian pembukaan dalam Misa adalah.... .
A. 2, 3
B. 3, 4
C. 4, 5
D. 3, 5

30. Air suci yg berada di pintu masuk Gereja dan digunakan untuk membuat tanda salib sebelum masuk ke Gereja melambangkan . . .
A. Air baptis
B. Air berkat
C. Pembasuhan kaki
D. Pembasuhan tangan

31. Yang menjadi inti sari dari Anamnese dalam perayaan ekaristi adalah.... .
A. Sengsara, wafat dan kebangkitan Kristus
B. Sengsara dan penderitaan bangsa Israel di Mesir
C. Penderitaan dan peristiwa pembebasan bangsa Israel
D. Sengsara, wafat dan kebangkitan kristus serta kedatangan-Nya kembali

32. Tempat untuk mentahtahkan sakramen Maha Kudus dalam prosesi sakramen maha kudus adalah....
A. Tabernakel
B. Monstran
C. Sibori
D. Patena

33. Perhatikan contoh dialog dalam aklamasi berikut: I: Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan U:....
Jawaban Umat atas seruan Imam yang benar adalah.... .
A. sudah kami arahkan
B. sudah layak dan sepantasnya
C. sekarang dan selama-lamanya
D. Amin

34.Berpegang teguh pada kesaksian iman para rasul merupakan arti sifat Gereja…
a. Kudus
b. Katolik
c. Apostolik
d. Satu

35.Saya dan teman-teman OMK terlibat dalam kegiatan amal dengan mengunjungi Panti Asuhan dan Rumah Jombo, berati saya telah terlibat dalam bidang ….
A. pelayanan
B. pewartaan
C. pengudusan
D. persekutuan
36.Koinonia merupakan bentuk pelayanan Gereja , arti koinonia adalah…
A. persekutuan
B. pewartaan
C. pengudusan
D. pelayanan

37.Salah satu bidang pelayanan Gereja ialah Liturgi, artinya …
A. pewartaan
B. pelayanan
C. pengudusan
D. persekutuan

38.Contoh persekutuan dalam kegiatan menggereja di zaman sekarang adalah...
A. terlibat dalam kelompok koor untuk tugas Perayaan Ekaristi
B. membentuk gank di lingkungan Gereja untuk ketenaran
C. bergaul dengan teman OMK yang kaya dan pandai
D. ikut lomba kebersihan antar Gereja hanya demi sebuah hadiah

39.Makna Gereja yang kurang tepat, karena hanya diartikan secara sempit adalah…
A. Paguyupan murid-murid Kristus
B. Tempat ibadah murid Kristus
C. Persekutuan umat Allah dalam Kristus
D. Semua yang mengimani Kristus

40..Syarat perkumpulan dalam hidup menggereja dapat disebut persekutuan apabila...
A. adanya perjanjian yang menguntungkan sepihak
B. perkumpulan diadakan pada saat tertentu
C. komunikasi dan interaksi berlangsung terus menerus
D. suasana yang tercipta membuat bosan dan jenuh

41..Awam dan hierarkhi harus …. karena saling mendukung untuk terwujudnya misi Gereja.
A. Membangun hubungan yang baik
B. Bekerja sendiri-sendiri
C. Tidak saling bersaing
D. Memisahkan diri

42.Persekutuan murid Yesus dalam Kisah para rasul 2: 41-47 menarik perhatian bagi banyak orang karena...
A. para rasul beribadat dengan tata cara yang berbeda
B. hidup dalam kasih dan saling berbagi satu sama lain
C. apa yang dilakukan para rasul megah dan mahal
D. para rasul melakukan mukjizat dalam karyanya

43.Salah satu sifat Gereja adalah satu. Sifat Gereja yang satu terungkap dalam pernyataan di bawah ini…….
A. Dijiwai Roh Kudus dalam karya
B. Memiliki semangat para rasul
C. Mengimani satu Tuhan
D. Perwujudan kehendak Allah yang kudus

44..Gereja disebut kudus karena…
A. Pembaptisan yang diterima oleh umat
B. bergaul dengan teman OMK yang kaya dan pandai
C. Perwujudan kehendak Allah yang kudus
D. Setiap orang Kristiani hendaknya menjalankan ajaran-Nya

45.Gereja itu bersifat universal, terbuka untuk umum, menghormati budaya dan agama apapun. Pernyataan tersebut menunjukan sifat gereja…
A. Katolik
B. Kudus
C. Apostolik
D. Satu

46.Diakonia merupakan salah satu bidang pelayanan, arti diakonia adalah….
A. kesaksian
B. melayani
C. menguduskan
D. mewartakan

47.Alasan sakramen disebut “tanda lahir” kehadiran dan cinta kasih Allah yang menyelamatkan karena.....
A. pelayanan kepada umat dan mengajak untuk terlibat dalam kegiatan Gereja
B.manusia untuk meyelamatakan keluarganya demi kebahagian bersama
C. karya penyelamatan Allah dilaksanakan oleh dan di dalam Gereja
D. melayani sesama untuk mendapat pujian dan ketegaran diri

48.Berikut ini urutan bagian Tata Pearayaan Ekaristi adalah....
A. Liturgi Ekaristi, Penutup, Pembuka, Liturgi Sabda
B. Pembuka,Liturgi Sabda, Liturgi Ekaristi, Penutup
C. Pembuka, Liturgi Sabda, Liturgi Ekaristi, Penutup
D. Pembuka, Liturgi Ekaristi, Penutup, Liturgi Sabda

49.Perayaan Ekaristi yang mengenangkan sekaligus menghadirkan kembali tindakan penyelamatan yang dilakukan oleh Yesus merupakan sumber dan puncak hidup Gereja. Makna Perayaan Ekaristi sebagai sumber dan puncak hidup Gereja adalah…
A. kenangan dan syukur atas karya penyelamatan dalam Perjanjian Lama
B. kenangan dan syukur atas perjamuan malam terakhir bersama para murid
C. kenangan syukur atas kebaikan Tuhan yang diterima oleh setiap manusia
D. ungkapan syukur atas karya penyelamatan Allah oleh Yesus Kristus

50.Sabda Yesus yang menjadi landasan Perayaan Ekaristi dirayakan hingga hari ini adalah…
A. Makanlah dan minumlah, inilah Tubuh dan DarahKu
B. Inilah TubuhKu yang diserahkan bagi kamu, perbuatlah ini menjadi kenangan akan Aku
C. Terimalah dan makanlah, karena inilah TubuhKu
D. Inilah Roti Kehidupan, terimalah dan makanlah

Soal Essey
Jawablah dengan tepat sesuai pertanyaan!
1. Sebutkan 3 tahap dan 4 masa dalam Inisiasi Kristen !
2. Sebutkan bagian Liturgi Sabda dalam Tata Perayaan Ekaristi !
3. Sebutkan 3 karunia dari sakramen baptis !
4. Jelaskan pengertian tentang konsekrasi !
5. Apa hubungan Perjamuan Malam Terakhir dengan Perayaan Ekaristi yang dilaksanakan Gereja hingga saat ini ?


Mereka yang telah berperan aktif


 



Maria Christa Ruby Budisantosa

Marcellus Dipta Dhaneswara 7F/23

Fabiola Anenina Karissa 7F/13

Marcellus Dipta Dhaneswara 7F/23

Marcellus Agastya Pradnya Widya 7F/22


Terima kasih atas cepat, tanggap, prioritas, ketekunan, dan kerajinan. Lanjutkan dan teruskanlah semangat juang, meski kita hidup di era pandemi 19. God Bless.