Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) 1. menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KOMPETENSI DASAR
1.1. Bersyukur kepada Allah yang menyelamatkan sebagai wujud kehidupan beriman kristiani dalam Gereja Katolik.
1.2.Bersyukur atas hak dan kewajiban sebagai umat ber-iman kristiani dan sebagai anggota masyarakat.
1.3. Bersyukur atas keluhuran martabat hidup manusia
1.4. Bersyukur pada Allah atas ajaranNya tentang kejujuran dan keadilan
1.5. Bersyukur atas keutuhan alam ciptaan
1.6. Bersyukur atas persaudaraan sejati dengan penganut agama dan kepercayaan lain
1.7.Bersyukur atas Sakramen Perkawinan dan Sakramen Imamat
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
2. menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinter-aksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KOMPETENSI DASAR
2.1. Bertanggung jawab dan peduli dalam praktik hidup beriman kristiani sebagai tanggapan atas karya Allah yang menyelamatkan.
2.2. Bertanggung jawab dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai umat beriman kristiani dan sebagai anggota masya-rakat
2.3. Santun dan peduli terhadap martabat luhur hidup manusia.
2.4. Jujur dan adil dalam bertindak
2.5. Peduli dan Bertanggung jawab untuk memelihara keutuhan alam ciptaan.
2.6. Toleransi terhadap penganut agama dan kepercayaan lain
2.7. Peduli pada Sakramen Perkawinan dan Sakramen Imamat sebagai panggilan hidup
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedu-ral) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KOMPETENSI DASAR
3.1. Memahami karya Allah yang menyelamatkan dan praktik hidup ber-iman kristiani dalam Gereja Katolik.
3.2. Memahami ajaran Gereja dan Kitab Suci tentang hak dan kewajiban umat beriman kristiani dan anggota masyarakat
3.3. Memahami sikap dan pandangan Gereja tentang keluhuran marta-bat hidup manusia
3.4. Memahami ajaran Gereja tentang kejujuran dan keadilan
3.5. Memahami sikap dan pandangan Gereja atas berbagai keprihatin-an tentang keutuhan alam ciptaan dan usaha yang dilakukan.
3.6. Memahami ajaran Gereja tentang persaudaraan sejati dengan pe-nganut agama dan kepercayaan lain
3.7. Memahami Sakramen Perkawinan dan Sakramen imamat sebagai panggilan hidup
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (meng-gunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, meng-gambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1. Melakukan aktivitas (misalnya mengucapkan doa syahadat / menuliskan refleksi/ menyusun doa/ mengikuti kegiatan di ling-kungan) yang berkaitan dengan praktik hidup beriman kristiani.
4.2. Melakukan aktivitas (misalnya membuat jurnal/ menuliskan refleksi/ merencanakan kegiatan) yang berkaitan dengan ke-giatan dalam hidup menggereja dan masyarakat
4.3. Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa/ menuliskan re-fleksi/ membuat slogan/ membuat aksi) yang berkaitan dengan martabat luhur hidup manusia.
4.4. Melakukan aktivitas (misalnya membuat motto/ menuliskan refleksi/menyusun doa/ membuat kliping) yang berkaitan dengan kejujuran dan keadilan
4.5. Melakukan aktivitas (misaalnya menanam pohon/ membuat biopori/ membuat motto/ menuliskan refleksi) yang berkaitan dengan keutuhan alam ciptaan.
4.6.Melakukan aktivitas( misalnya berkunjung ke rumah ibadah agama lain/ menuliskan refleksi/ melakukan wawancara pada tokoh agama) yang berkaitan dengan persaudaraan sejati dengan penganut agama dan kepercayaan lain
4.7. Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa untuk imam / menuliskan refleksi/ melakukan wawancara) yang berkaitan dengan sakramen perkawinan dan sakramen imamat