Pawitikra CATHOLIC Students: RUANG KELAS 8 KATOLIK - MERDEKA BELAJAR

WELCOME & GOD BLESS YOU ALWAYS

Selamat Datang di Blog ini bersama R. Slamet Widiantono ------**------ TUHAN MEMBERKATI -----* KASIH ITU MEMBERIKAN DIRI BAGI SESAMA -----* JANGAN LUPA BAHAGIA -----* TERUS BERPIKIR POSITIF -----* SALAM DOA -----* slammy

Rabu, 28 Juni 2023

RUANG KELAS 8 KATOLIK - MERDEKA BELAJAR

CAPAIAN PEMBELAJARAN 

Pada akhir Fase D, 

peserta didik menyadari dan mensyukuri diri sebagai citra Allah, sebagai laki-laki atau perempuan, yang memiliki kemampuan dan keterbatasan, untuk mengembangkan diri melalui peran keluarga, sekolah, teman, masyarakat dan Gereja dengan meneladani pribadi Yesus Kristus, sehingga terpanggil untuk mengungkapkan imannya dalam kehidupan menggereja (melalui kebiasaan doa, perayaan sakramen dan terlibat secara aktif di dalam kehidupan menggereja); serta mewujudkan imannya dalam hidup bermasyarakat (melaksanakan hak dan kewajiban, bersikap toleran, dan menghormati martabat manusia).

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Peserta didik mampu memahami pribadi dan karya Yesus sebagai pemenuhan janji Allah, yang mewartakan Kerajaan Allah melalui sabda, tindakan, dan mukjizat-Nya; yang memanggil dan mengutus para murid-Nya, mengalami sengsara, wafat dan kebangkitan serta naik ke surga, selanjutnya mengutus Roh Kudus yang memberi daya dan kekuatan bagi para murid sehingga melahiran Gereja sebagai komunitas yang hidup yang melakukan berbagai karya dan menjadi tanda dan sarana keselamatan serta mewujudkan sakramen keselamatan melalui sakramen Inisiasi dan Sakramen Penyembuhan.
  • Peserta didik dapat mewujudkan hidupnya sehari-hari sebagai murid-murid Yesus dan anggota Gereja.

ELEMEN

SUB ELEMEN

TUJUAN PEMBELAJARAN

YESUS KRISTUS

Pribadi Yesus Kristus yang mewartaan Allah Bapa dan Kerajaan Allah

Tujuan Pembelajaran 8.1 : 9 JP

Peserta didik mampu memahami ajaran Kitab Suci dan ajaran Gereja tentang makna Yesus Kristus sebagai Allah yang menjelma menjadi manusia, yang mewartakan Kerajaan Allah melalui Sabda dan tindakan sehingga semakin bersyukur atas nilai-nilai Kerajaan Allah yang diwartakan Yesus.

Tujuan Pembelajaran 8.2 : 6 JP

Peserta didik mampu menyimpulkan panggilan dan perutusan Yesus Kristus kepada murid-muridNya pada zaman sekarang demi mewujudkan Kerajaan Allah sehingga pada akhirnya dapat mewujudan panggilan dan perutusan Yesus Kristus untuk mewartakan Kerajaan Allah.

Pribadi Yesus dalam Perjanjian Baru

Tujuan Pembelajaran 8.3 : 12 JP

Peserta didik mampu memahami peristiwa sengsara, wafat, dan kebangkitan serta kenaikan Yesus Kristus sebagai puncak pewartaanNya sehingga pada akhirnya dapat menghayati makna sengsara, wafat, kebangkitan, dan kenaikan Yesus Kristus ke Surga.

ROH KUDUS

Tujuan Pembelajaran 8.4 : 6 JP

Peserta didik mampu menjelaskan peranan Roh Kudus pada gereja perdana dan gereja masa kini sehingga meyakini peranan Roh Kudus sebagai daya hidup Gereja

GEREJA

Mewujudkan kehidupan menggereja

Tujuan Pembelajaran 8.5 : 9 JP

Peserta didik mampu memahami bahwa gereja sebagai komunitas umat beriman yang hidup melalui berbagai karya pastoral gereja sehingga mereka mampu turut berperan serta dalam karya-karya Gereja.

Tujuan Pembelajaran 8.6 : 9 JP

Peserta didik mampu memahami ajaran gereja tentang mana dan konsekuensi Sakramen Inisiasi serta mampu bersyukur atas Sakramen Inisiasi dalam hidup menggereja.

Tujuan Pembelajaran 8.7 : 6 JP

Peserta didik mampu memahami ajaran gereja  tentang makna dan konsekuensi Sakramen Penyembuhan dalam hidup menggereja sehingga pada akhirnya dapat bersyukur atas sakramen tersebut


Tidak ada komentar:

Posting Komentar