Pawitikra CATHOLIC Students: Rabu Abu 22

WELCOME & GOD BLESS YOU ALWAYS

Selamat Datang di Blog ini bersama R. Slamet Widiantono ------**------ TUHAN MEMBERKATI -----* KASIH ITU MEMBERIKAN DIRI BAGI SESAMA -----* JANGAN LUPA BAHAGIA -----* TERUS BERPIKIR POSITIF -----* SALAM DOA -----* slammy

Minggu, 27 Februari 2022

Rabu Abu 22

 





BACAAN I
Yl 2:12"Tetapi sekarang juga," demikianlah firman TUHAN, "berbaliklah kepada-Ku dengan segenap hatimu, dengan berpuasa, dengan menangis dan dengan mengaduh."

Yl 2:13Koyakkanlah hatimu dan jangan pakaianmu, berbaliklah kepada TUHAN, Allahmu, sebab Ia pengasih dan penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih setia, dan Ia menyesal karena hukuman-Nya.

Yl 2:14Siapa tahu, mungkin Ia mau berbalik dan menyesal, dan ditinggalkan-Nya berkat, menjadi korban sajian dan korban curahan bagi TUHAN, Allahmu.

Yl 2:15Tiuplah sangkakala di Sion, adakanlah puasa yang kudus, maklumkanlah perkumpulan raya;

Yl 2:16kumpulkanlah bangsa ini, kuduskanlah jemaah, himpunkanlah orang-orang yang tua, kumpulkanlah anak-anak, bahkan anak-anak yang menyusu; baiklah penganten laki-laki keluar dari kamarnya, dan penganten perempuan dari kamar tidurnya;

Yl 2:17baiklah para imam, pelayan-pelayan TUHAN, menangis di antara balai depan dan mezbah, dan berkata: "Sayangilah, ya TUHAN, umat-Mu, dan janganlah biarkan milik-Mu sendiri menjadi cela, sehingga bangsa-bangsa menyindir kepada mereka. Mengapa orang berkata di antara bangsa: Di mana Allah mereka?"

Yl 2:18TUHAN menjadi cemburu karena tanah-Nya, dan Ia belas kasihan kepada umat-Nya.


BACAAN II
2Kor 5:20Jadi kami ini adalah utusan-utusan Kristus, seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah.

2Kor 5:21Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.


2Kor 6:1Sebagai teman-teman sekerja, kami menasihatkan kamu, supaya kamu jangan membuat menjadi sia-sia kasih karunia Allah, yang telah kamu terima.

2Kor 6:2Sebab Allah berfirman: "Pada waktu Aku berkenan, Aku akan mendengarkan engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau." Sesungguhnya, waktu ini adalah waktu perkenanan itu; sesungguhnya, hari ini adalah hari penyelamatan itu.


MAZMUR
Mzm 51:3(51-5) Sebab aku sendiri sadar akan pelanggaranku, aku senantiasa bergumul dengan dosaku.

Mzm 51:4(51-6) Terhadap Engkau, terhadap Engkau sajalah aku telah berdosa dan melakukan apa yang Kauanggap jahat, supaya ternyata Engkau adil dalam putusan-Mu, bersih dalam penghukuman-Mu.


Mzm 51:5(51-7) Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku.

Mzm 51:6(51-8) Sesungguhnya, Engkau berkenan akan kebenaran dalam batin, dan dengan diam-diam Engkau memberitahukan hikmat kepadaku.


Mzm 51:12(51-14) Bangkitkanlah kembali padaku kegirangan karena selamat yang dari pada-Mu, dan lengkapilah aku dengan roh yang rela!

Mzm 51:13(51-15) Maka aku akan mengajarkan jalan-Mu kepada orang-orang yang melakukan pelanggaran, supaya orang-orang berdosa berbalik kepada-Mu.


Mzm 51:14(51-16) Lepaskanlah aku dari hutang darah, ya Allah, Allah keselamatanku, maka lidahku akan bersorak-sorai memberitakan keadilan-Mu!


Mzm 51:17(51-19) Korban sembelihan kepada Allah ialah jiwa yang hancur; hati yang patah dan remuk tidak akan Kaupandang hina, ya Allah.

BACAAN INJIL
Mat 6:1"Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di sorga.

Mat 6:2Jadi apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

Mat 6:3Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu.

Mat 6:4Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu."

Mat 6:5"Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

Mat 6:6Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.


Mat 6:16"Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

Mat 6:17Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu,

Mat 6:18supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu."


REFLEKSIKAN dan tuliskanlah dalam kolom komentar di bawah ini!

SUDAHKAH ANDA MERAYAKAN RABU ABU TAHUN 2022 INI???
IKUT EKARISTI ONLINE or OFFLINE???
DIMANA ??? KAPAN ???


NIAT DAN HARAPAN UNTUK MASA PRA PASKAH TAHUN INI
    a. Pantang apa dan model puasa bagaimana yang akan aku buat?
     b. Kesan dan pesanku dalam mengikuti RABU ABU tahun 2022 ini?

7 komentar:

  1. Gabriela Widya P.D/7J/13
    1. Iya
    2. Online
    3. Strreaming, 3/2/2022

    Niat dan harapan
    a. saya akan puasa kenyang yaitu makan kenyang 1 hari sekali, lalu saya juga akan berpantang, sesuai jadwal yang ada.
    b. walau saya mengikuti rabu abu di 2022 ini secara online, tetapi saya tahu bahwa Tuhan tetap akan selalu menyertai kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEMOGA MASA PRA PASKAH TAHUN INI LEBIH BERMAKNA DAN BERNILAI!

      Hapus
  2. Maria Clara Naya Nareswari2 Maret 2022 pukul 05.52

    Maria Clara Naya Nareswari/7J/23

    1. Sudah
    2. Offline
    3. Gereja Santo Petrus dan Paulus Babadan, Rabu 2 Maret 2022

    Niat dan Harapan
    a. Saya akan mengikuti jadwal pantang dan puasa sesuai jadwal yang ada. Pantang dengan tidak melakukan hal yang kusuka dan puasa dengan makan kenyang 1 hari sekali.
    b. Rabu Abu menjadi tanda bagi umat Katolik memasuki awal masa Prapaskah. Mengikuti secara offline maupun online tidak menjadi masalah karena Tuhan akan selalu membimbing dan memberkati kita.

    BalasHapus
  3. 1.sudah mengikuti misa rabu abu
    2.offline
    3.Gereja Pugeran atau Hati Kudus Tuhan Yesus




    Niat dan harapan ku
    A.Saya mengikuti pantang dalam bentuk supaya tidak melakukan hal hal yang sering dilakukan pada hari biasanya,yaitu jajan makan makanan,dan makan 1×
    B.Saya mengikuti misa rabu abu secara offline, dan kesan dan pesan saya adalah tidak masalah apabila mengikuti secara online,karena dua nya tidak memiliki perbedaan.Tuhan akan selelu menyertai kita

    BalasHapus
  4. 1.sudah mengikuti misa rabu abu
    2.offline
    3.Gereja Pugeran atau Hati Kudus Tuhan Yesus
    Niat dan harapan ku
    A.Saya mengikuti pantang dalam bentuk supaya tidak melakukan hal hal yang sering dilakukan pada hari biasanya,yaitu jajan makan makanan,dan makan 1×
    B.Saya mengikuti misa rabu abu secara offline, dan kesan dan pesan saya adalah tidak masalah apabila mengikuti secara online,karena dua nya tidak memiliki perbedaan.Tuhan akan selelu menyertai kita.

    BalasHapus
  5. 1. Sudah mengikuti Rabu Abu 2022
    2. Offline
    3. Di gereja Pugeran

    Niat dan harapanku
    1. Saya akan melakukan puasa pada hari Rabu Abu dan Jumat Agung. Dengan makan sekali kenyang. Pantang selama 40 hari dengan tidak melakukan hal2 yg kita sukai. Seperti jajan dll
    2. Kesan dan pesan setelah mengikuti Rabu Abu, adalah sangat bersyukur karena bisa mengikuti misa Rabu Abu di gereja. Semoga abu yg kita terima saat Rabu Abu, selalu mengingatkan kita pada pertobatan

    BalasHapus
  6. 1. Sudah
    2. Offline
    3. Gereja Pugeran

    Niat dan harapanku
    a. Pantangku adalah tidak bermain game dan puasaku yaitu makan tidak kenyang dan hanya makan 1× sehari.
    b. Kesan dan pesan setelah aku mengikuti misa Rabu Abu yaitu bersyukur karena bisa mengikuti perayaan Rabu Abu 2022. Semoga dalam masa prapaskah ini kita lebih menjadi pribadi yang lebih baik, menyadari kesalahan kita dan semoga Tuhan selalu menyertai kita.

    BalasHapus