SOAL-SOAL PILIHAN GANDA |
. Salah satu ciri khusus manusia sebagai citra Allah adalah bahwa manusia memiliki ….
A.
akal budi
B. tanggung jawab
C. toleransi
D. sikap setia kawan
2. Bacalah kutipan teks Matius 25 : 14 – 30
berikut !
"Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti
seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan
mempercayakan hartanya kepada mereka. Yang seorang diberikannya lima talenta,
yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut
kesanggupannya, lalu ia berangkat. Segera pergilah hamba yang menerima lima
talenta itu. Ia menjalankan uang itu lalu beroleh laba lima talenta. Hamba
yang menerima dua talenta itupun berbuat demikian juga dan berlaba dua
talenta. Tetapi hamba yang menerima satu talenta itu pergi dan menggali
lobang di dalam tanah lalu menyembunyikan uang tuannya. Lama sesudah itu
pulanglah tuan hamba-hamba itu lalu mengadakan perhitungan dengan mereka. Hamba
yang menerima lima talenta itu datang dan ia membawa laba lima talenta,
katanya: Tuan, lima talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah
beroleh laba lima talenta. Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali
perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam
perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang
besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu. Lalu datanglah hamba
yang menerima dua talenta itu, katanya: Tuan, dua talenta tuan percayakan
kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba dua talenta. Maka kata tuannya itu
kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia,
engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan
memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan
turutlah dalam kebahagiaan tuanmu. Kini datanglah juga hamba yang menerima
satu talenta itu dan berkata: Tuan, aku tahu bahwa tuan adalah manusia yang
kejam yang menuai di tempat di mana tuan tidak menabur dan yang memungut dari
tempat di mana tuan tidak menanam. Karena itu aku takut dan pergi
menyembunyikan talenta tuan itu di dalam tanah: Ini, terimalah kepunyaan
tuan! Maka jawab tuannya itu: Hai kamu, hamba yang jahat dan malas, jadi kamu
sudah tahu, bahwa aku menuai di tempat di mana aku tidak menabur dan memungut
dari tempat di mana aku tidak menanam? Karena itu sudahlah seharusnya uangku
itu kauberikan kepada orang yang menjalankan uang, supaya sekembaliku aku
menerimanya serta dengan bunganya. Sebab itu ambillah talenta itu dari
padanya dan berikanlah kepada orang yang mempunyai sepuluh talenta itu. Karena
setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia
berkelimpahan. Tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada
padanya akan diambil dari padanya. Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna
itu ke dalam kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat ratap dan
kertak gigi." |
Dari kutipan teks di atas sikap yang dapat kita contoh dalam mengembangkan
talenta dan kemampuan adalah ....
A.
sikap dari hamba yang pertama dan ketiga
B. sikap dari hamba yang pertama dan kedua
C. sikap
dari hamba yang kedua dan ketiga
D. sikap
dari hamba yang ketiga
3. Mengembangkan talenta dan kemampuan
diperlukan disiplin yang tinggi dan rasa tanggung jawab yang besar. Supaya hasil
yang kita capai bisa maksimal, maka yang seharusnya
kita lakukan adalah ....
A.
berjuang menuju sempurna.
B.
cepat puas dan membanggakan diri kita.
C.
merasa bangga namun tetap rendah hati.
D. berusaha dengan sungguh-sungguh mewujudkan impian kita
4.
Dalam kedudukannya sebagai citra Allah
semestinya manusia melakukan sesuatu yang konkret, dalam lingkup tertentu di
mana manusia hidup. Di antara tindakan
berikut ini yang mampu menunjukkan contoh perwujudan syukur kita sebagai citra
Allah dalam kegiatan di sekolah adalah...
A. membantu pekerjaan orang tua
B. menghormati keberadaan orang tua
C. ikut dalam kerja bakti kegiatan
kampung
D. menjalankan dan mentaati tata tertib sekolah.
5.
Perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar ini menunjukkan
pembiasaan pengembangan diri sebagai laki – laki dan perempuan dalam hidup
sehari-hari di keluarga. Tindakan yang perlu
dikembangkan sebagai wujud kasih dalam keluarga berdasarkan gambar di atas adalah
….
A. saling membantu dalam pekerjaan rumah tangga
B. anak
laki – laki dipaksa membantu ibunya
C. mencuci baju pekerjaan rutin
perempuan
D. anak
dipaksa untuk membantu mencuci
6. Bacalah kutipan teks Katekismus Gereja Katolik Artikel 2342 berikut !
Katekismus
Gereja Katolik Artikel 2342 Memperoleh
pengendalian diri adalah satu tugas yang membutuhkan waktu. Kita tidak boleh
berpendapat bahwa kita telah memperolehnya untuk selama-lamanya. Kita harus selalu berusaha
terus-menerus dalam segala situasi kehidupan. Dalam bagian kehidupan tertentu,
ketika kepribadian dibentuk, ia menuntut satu usaha khusus, misalnya dalam
masa kanak-kanak dan dalam masa muda. |
Belajar dari dokumen
katekismus Gereja Katolik tersebut, maka
tindakan di bawah ini yang menunjukan pengembangan diri sebagai manusia laki –
laki dan perempuan adalah ....
A.
anak
laki – laki dalam keluarga harus mampu menjaga adik – adiknya
B.
pekerjaan rumah tangga sehari hari didominasi
Ibu dan anak perempuan dalam keluarga
C.
baik anak
laki – laki dan perempuan diberi tugas untuk membantu pekerjaan rumah tangga
sesuai kemampuan mereka
D.
tugas sebagai anak perempuan dalam rumah
tangga adalah membantu Ibu memasak di dapur
7.
Bacalah kutipan
teks berikut !
Raras memilih
menggunakan sepeda ke sekolah, meskipun orangtuanya bisa mengantarnya ke sekolah. Ia menyadari bahwa bersepeda
menjadi salah satu sarana untuk hidup sehat, bukan sekedar ikut-ikutan teman.
Sedangkan kakaknya Raras yaitu Budi,
tetap memilih diantar orang tuanya karena bisa bangun lebih siang dan tidak capek. Raras mampu mengembangkan diri sebagai pribadi yang berkualitas di
lingkungan hidupnya. |
Salah satu
unsur yang menghambat pengembangan diri untuk terwujudnya hidup
berkualitas adalah....
A.
menjaga kesehatan pribadi
B. menikmati
hidup dengan rasa syukur
C. memilih yang enak untuk diri sendiri tanpa
memikirkan keadaan orang lain
D. berjuang
untuk hidup yang lebih baik baik untuk diri maupun orang lain
8.
Bacalah kutipan
teks Dokumen Konsili Vatikan II tentang
Pendidikan Kristen (Gravissimum Educationis ) artikel 3 berikut !
Artikel
3 Karena orang tua telah menyalurkan kehidupan kepada anak-anak,
terikat kewajiban amat berat untuk mendidik anak mereka. Maka orang tualah
yang harus diakui sebagai pendidik mereka yang pertama dan utama. Begitu
pentinglah tugas mendidik itu, sehingga bila diabaikan, sangat sukar pula
dapat dilengkapi. Sebab merupakan kewajiban orang tua: menciptakan lingkungan
keluarga, yang diliputi semangat bakti kepada Allah dan kasih sayang terhadap
sesama sedemikian rupa, sehingga menunjang keutuhan pendidikan pribadi dan
sosial anak-anak mereka. Maka keluarga itulah lingkungan pendidikan pertama
keutamaan-keutamaan sosial, yang dibutuhkan oleh setiap masyarakat. Adapun
terutama dalam keluaraga kristen, yang diperkaya dengan rahmat serta
kewajiban Sakramen Perkawinan, anak-anak sudah sejak dini harus diajar
mengenal Allah serta berbakti kepada- Nya dan mengasihi sesama, seturut iman
yang telah mereka terima dalam Baptis. Disitulah anak-anak menemukan
pengalaman pertama masyarakat manusia yang sehat serta Gereja. Melalui keluargalah
akhirnya mereka lambat-laun diajak berintegrasi dalam masyarakat manusia dan
umat Allah. Maka hendaklah para orang tua menyadari, betapa pentinglah
keluarga yang sungguh kristen untuk kehidupan dan kemajuan umat Allah
sendiri. . |
Berdasarkan teks ini maka contoh kewajiban orang tua mendidik iman anak anaknya dalam kehidupan sehari – hari adalah....
A. Pak Rudi
selalu menyempatkan untuk mengantar kedua putrinya berangkat menuju sekolah
B. Bu Novi
membelikan sepeda baru untuk Dian putri kesayangannya ketika berhasil naik
kelas dengan prestasi yang gemilang
C.
Bu Veni
setiap malam sebelum mendongengkan cerita Kitab Suci kepada Jalu puteranya dan selalu
mengajaknya berdoa sebelum tidur.
D. Pak Herman
mengajari David puteranya bagaimana menata barang dagangan di tokonya agar semakin
menarik banyak pembeli.
9.
Bacalah cerita berikut !
Pada hari Minggu Andi bertugas sebagai putra-putri
altar bersama dengan teman – temannya. Mereka melaksanakan tugasnya dengan
baik dalam perayaan Ekaristi.. |
Manfaat yang bisa diperoleh dengan melaksanakan tugas pelayanan tersebut
adalah....
A.
mengembangkan iman
B. meningkatkan pelayanan mengereja
C. menjadi saksi iman
D. memahami ajaran gereja
10. Bacalah dokumen berikut !
Konstitusi
Pastoral tentang Gereja di Dunia Dewasa Ini (Gaudium et Spes) Artikel 25 Dari
sifat sosial manusia tampaklah, bahwa pertumbuhan pribadi manusia dan
perkembangan masyarakat sendiri saling tergantung. Sebab asas, subjek dan
tujuan semua lembaga sosial ialah dan memang seharusnyalah pribadi manusia;
berdasarkan kodratnya ia sungguh-sungguh memerlukan hidup kemasyarakatan.
Maka karena bagi manusia hidup kemasyrakatan itu bukanlah suatu tambahan
melulu, oleh karena itu melalui pergaulan dengan sesama, dengan saling
berjasa, melalui dialog dengan sesama saudara, manusia berkembang dalam
segala bakat-pembawaannya, dan mampu menanggapi panggilannya |
Berdasar dokumen di atas, di bawah ini yang menjadi contoh pengaruh
masyarakat bagi perkembangan diri. adalah....
A.
anak anak di Desa Sumbermulyo membiasakan
belajar di jam 19.00 – 21.00 sesuai anjuran Jam Belajar Masyarakat dari kepala
desa.
B.
Ibu Anjar menanam
tanaman obat di halaman rumahnya sebagai pemanfaatan lahan pekarangan yang
kosong
C.
Laksmi dan Embun
mengikuti latihan tari setiap Senin sore di balai desa.
D.
Pak Herman dan Pak
Joko memasang pengumuman jadwal ronda di gardu desa.
11.
Bacalah kuipan Kitab Sirakh.6 : 5 – 17 berikut !
Tenggorokan yang manis mendapat banyak sahabat, dan keramahan diperbanyak
oleh lidah yang manis lembut. Mudah – mudahan orang yang damai denganmu
banyak adanya, tetapi hanya satu dari seribu hendaknya menjadi penasehatmu.
Jika engkau mau mendapat banyak sahabat, kajilah dia terlebih dahulu,dan
jangan percaya padanya. Sebab ada orang yang bersahabat hanya menurut
ketikanya sendiri, tetapi pada hari kesukaranmu tidak bertahan. “ Ada juga
sahabat yang berubah, menjadi musuh, lalu menceritakan persengketaaanuntuk
menistakan dikau. Ada lagi sahabat yang ikut dalam perjamuan makan,tetapi
tidak bertahan pada hari kesukaranmu. Pada waktu engkau sejahtera ia adalah
seperti engkau sendiri, dan lancang berbicara denagn seisi rumahmu. Tetapi
bila engkau mundur maka ia berbalik melawan dikau serta menyembunyikan diri
dari para musuhmu, tetapi berhati – hatilah terhadap sahabatmu. Sahabat setiawan merupakan perlindungan
yang kokoh, barangsiapa menemukan orang serupa itu sungguh
mendapat harta. Sahabat setiawan tiada ternilai, dan harganya tidak
ada tertimbang. Sahabat setiawan adalah obat kehidupan, orang yang
takut akan Tuhan memperolehnya. Orang yang taku akan Tuhan
memelihara persahabatan dengan lurus hati, sebab seperti ia sendiri demikian
pun temannya. |
Makna persahabatan yang sesuai dengan kutipan teks Kitab
Suci di atas adalah....
A. menjadi
tempat bermain
B. ada saat
kita sedang bahagia
C. setia saat suka dan duka
D. ikut
dalam kelompok belajar
12.
Perhatikan
beberapa data perilaku orang berpacaran berikut ini!
1.
berlaku seenaknya sendiri
2.
pulang larut malam saat berpacaran
3.
kurang menghargai nasihat orang tua
- menaati
norma agama dan norma masyarakat
- tetap bersahabat dengan teman lain dan tidak hanya meluangkan waktu
berdua saja
Diantara perilaku tersebut di atas
yang merupakan perilaku pacaran yang
sehat
adalah
A.
4 dan 5
B.
2 dan 3
C.
1 dan 5
D.
2 ,dan 4
13.
Bacalah kuipan
Kitab Kejadian.2 : 18 berikut !
TUHAN Allah
berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan
menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia." |
Dalam Kitab Suci Kej 2: 18 disebutkan bahwa Tuhan menghendaki penolong bagi
manusia laki – laki maka Tuhan menciptakan penolong yang sepadan dengan dia. Arti sepadan menurut
teks tersebut adalah….
A.
setipe
B.
sepadan
C. sederajat.
D.
seimbang
14. Berikut ini yang menunjukan ciri kemanusiaan Yesus adalah ...
A. Yesus dapat mewartakan kerajaan Allah.
B.
Yesus memiliki silsilah keturunan dan
dilahirkan.
C. Yesus meolong orang yang menderita.
D. Yesus menyembuhkan orang yang sakit.
15. “Allah sekarang sudah meraja secara hukum, sedangkan pada akhir jaman Allah menyatakan
kekuasaan-Nya sebagai Raja semesta alam dengan menghakimi seluruh bangsa”.
Pernyataan tersebut merupakan paham Kerajaan Allah yang bersifat ... .
A. politis
B. kristologis
C. apokaliptis
D.
yuridis-relegius
16. Penyampaian pesan dengan menggunakan bahasa imajinatif, kiasan simbolis,
atau perbandingan adalah
salah satu cara yang digunakan Yesus dalam
mewartakan Kerajaan
Allah. Terkait dengan pernyataan
tersebut, Yesus
mewartakan Kerajaan Allah
melalui ... .
A. peribahasa
B.
perumpamaan
C. tindakan dan mukjijat
D. peribahasa dan perumpamaan
17. Perhatikan kutipan teks Markus 15:19 – 20b berikut ini:
“Mereka memukul kepala-Nya dengan buluh, dan meludahinya dan berlutut
menyembah-Nya. Sesudah mengolok-olokkan Dia, mereka menanggalkan jubah ungu
itu dari pada-Nya dan mengenakan pula pakaian-Nya kepada-Nya. Kemudian Yesus
dibawa ke luar untuk disalibkan”
|
Sikap Yesus dalam menghadapi
penderitaan-Nya adalah ... .
A.
tetap tabah dan berani menghadapi resiko
tugas-Nya
B. diam termenung tanpa melawan
C. berpasrah pada Bapa-Nya
D. menghindari penderitaan
18.
Perhatikan teks Kis 2: 1 - 13 berikut !
Ketika tiba hari
Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat. Tiba-tiba turunlah
dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh
rumah, di mana mereka duduk; dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti
nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. Maka
penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam
bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk
mengatakannya. Waktu itu di Yerusalem diam orang-orang Yahudi yang saleh dari
segala bangsa di bawah kolong langit. Ketika turun bunyi itu, berkerumunlah
orang banyak. Mereka bingung karena mereka masing-masing mendengar
rasul-rasul itu berkata-kata dalam bahasa mereka sendiri. |
Peranan Roh
Kudus bagi para murid Yesus berdasarkan
kutipan teks Kitab Suci di atas adalah ... .
A.
berani keluar dari persembunyian dan berani membuka pintu
B.
dapat merayakan hari raya Pentakosta dengan
gembira
C.
mempersatukan
semua orang dari berbagai bangsa
D.
dapat menyaksikan tanda keagungan dan kuasa Allah
19.
Salah satu karunia Roh Kudus adalah karunia untuk menilai dan mengatur segala sesuatu sesuai dengan norma Ilahi dan
dengan kewajaran yang memancar dari
persatuan kasihnya dengan Tuhan. Hal
tersebut merupakan karunia .... .
A. kebijaksanaan
B.
pengenalan
C.
pengertian
D.
nasihat
20. Perhatikan gambar
berikut ini:
Tindakan menolong
seperti gambar di atas juga dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari di
sekolah yakni ... .
A.
mengerjakan tugas untuk teman
B.
hormat terhadap seluruh warga sekolah
C.
lebih menghormati guru yang menjadi wali
kelas
D.
memberi
semangat kepada teman yang menghadapi masalah
21. Bacalah kutipan teks Kitab Suci Matius 18:21-22!
“Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada
Yesus: "Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia
berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?" Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan
sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.” |
Sikap pengampunan yang dapat dilakukan oleh remaja dalam kehidupan
sehari-hari berdasarkan kutipan teks Kitab Suci tersebut adalah … .
A. berani
mengakui kesalahan
B. berani meminta
maaf karena tidak menepati janji.
C. memaafkan kesalahan teman karena takut dijauhi
D. memaafkan kesalahan teman meskipun telah
beberapa kali disakiti.
22. Perhatikan kutipan Lukas 10:1 – 12 berikut:
“Kemudian daripada itu Tuhan menunjuk tujuh puluh
murid yang lain, lalu mengutus mereka berdua-dua mendahului-Nya ke setiap
kota dan tempat yang hendak dikunjungi-Nya. Katanya kepada mereka:”Tuaian
memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang
empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.
Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah
serigala. Janganlah membawa pundi-pundi atau bekal atau kasut, dan janganlah
memberi salam kepada siapapun selama dalam perjalanan. Kalau kamu memasuki
rumah, katakanlah lebih dahulu: Damai sejahtera bagi rumah ini. Dan jikalau
di situ ada orang yang layak menerima damai sejahtera maka salammu itu akan
tinggal atasnya. Tetapi jika tidak, salammu itu akan kembali kepadamu.
Tinggallah dalam rumah itu, makan dan minumlah apa yang diberikan orang
kepadamu, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Janganlah
berpindah-pindah. Dan jikalau kamu masuk ke sebuah kota dan kamu diterima di
situ, makanlah apa yang dihidangkan kepadamu. Dan sembuhkanlah orang-orang
sakit yang ada di situ dan katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah
dekat padamu. Tetapi jikalau kamu masuk ke dalam sebuah kota dan kamu tidak
diterima di situ, pergilah ke jalan-jalan raya kota itu dan serukanlah: Juga
debu kotamu yang melekat pada kaki kami, kami kebaskan di depanmu; tetapi
ketahuilah ini: Kerajaan Allah sudah dekat. Aku berkata kepadamu: pada hari
itu Sodom akan lebih ringan tanggungannya dari pada kota itu” |
Berdasarkan kutipan tersebut di atas tugas perutusan sebagai murid Yesus adalah…
A.
mewartakan kabar gembira tentang Kerajaan
Allah
B. mewartakan karya penyembuhan
C. pergi ke seluruh penjuru dunia
D. menyembuhkan orang sakit
23. Anggota Gereja yang bertugas di bidang pelayanan rohani dan
menguduskan
Gereja melalui
perayaan-perayaan sakramen adalah ... .
A. kaum Awam
B. kaum hidup bakti
C.
kaum klerus/Tahbisan
D. pengurus Dewan paroki
24. Gereja menjadi perwujudan kehendak Allah yang
Maha Kudus untuk bersatu dengan manusia dan mempersatukan manusia dalam
kekudusan-Nya. Pernyataan tersebut merupakan salah satu ciri Gereja. Salah satu
ciri tersebut adalah... .
A. satu
B.
kudus
C. Katolik
D. apostolik
25. Perhatikan gambar di bawah ini:
Gambar di atas menunjukkan
keterlibatan para prodiakon dalam membantu
para Imam khususnya dalam bidang ... .
A.
liturgia
B. diakonia
C. kerygma
D. koinonia
26. Perhatikan kutipan Lumen Gentium Artikel 1 berikut:
“Terang
para bangsalah Kristus itu, maka Konsili suci ini, yang terhimpun dalam Roh
Kudus, ingin sekali menerangi semua orang dengan cahaya Kristus, yang
bersinar pada wajah Gereja, dengan mewartakan Injil kepada semua makhluk (
lih Mrk 16:15). Namun, Gereja itu dalam Kristus bagaikan sakramen, yakni
tanda dan sarana persatuan mesra dengan Allah dan kesatuan seluruh umat
manusia. Maka dari itu, menganut ajaran konsili-konsili sebelum ini, Gereja
bermaksud menyatakan dengan lebih cermat kepada umatnya yang beriman dan
kepada seluruh dunia, manakah hakikat dan perutusannya bagi semua orang.
Keadaan jaman sekarang lebih mendesak Gereja untuk menunaikan tugas itu,
yakni supaya semua orang, yang dewasa ini tergabungkan secara lebih erat
berkat berbagai hubungan sosial, teknis dan budaya, memperoleh kesatuan
sepenuhnya dalam Kristus”. |
Berdasarkan kutipan di atas, kita dapat menunjukkan pemahaman kita dan
mewujudkannya dalam tindakan sebagai berikut...
A. membantu teman yang memberi imbalan
B. menghindari teman yang suka mengganggu orang lain
C.
berteman dengan semua teman tanpa
membeda-bedakan
D. membentuk kelompok eksklusif yang disegani banyak orang
27. Perhatikan gambar di bawah ini!
Makna dari simbol
keselamatan dalam Sakramen Baptis terdapat pada gambar di atas adalah … .
A.
membersihkan dosa-dosa
B. memberi kesegaran
C. memuaskan dahaga
D. memberi kehidupan
28. Dalam mengikuti perayaan Ekaristi, ada beberapa
sikap tubuh/badan saat berdoa. Sikap tubuh ini antara lain adalah duduk,
berdiri, dan berlutut. Setiap sikap badan mempunyai makna-makna tertentu yang kita hayati. Pada saat Injil dibacakan, maka
sikap tubuh yang tepat adalah….
A. duduk
B.
berdiri
C. berlutut
D. menunduk
29. Baca cerita berikut dengan seksama!
Sadar akan Kesalahan Seorang pria muda secara rahasia mengorupsi
beberapa ratus dolar dari tempat kerjanya. Ketika hal itu diketahui,
atasannya memanggilnya. Pria muda itu segera tahu bahwa ia pasti dipecat dan
dikirim ke penjara. Atasannya bertanya kepada pria muda itu, apakah ia merasa
bersalah. Ia menjawab ya. Hati nuraninya mengatakan juga bahwa ia salah.
Kemudian pimpinan mengejutkan dia dengan berkata: “Jika engkau tetap saya
pertahankan pada kedudukanmu, bisakah saya mempercayaimu di masa depan?” “Tentu, pak! Saya sudah mendapat pelajaran dari
semua ini” jawab pria muda yang kaget itu. Atasan tersebut pasti sudah melihat kejujuran pria
muda yang bertobat itu. “Saya tidak akan mendakwa kamu dan kamu bisa terus
bekerja seperti biasa”, katanya. Kemudian dia menambahkan, “Meski demikian,
kamu harus tahu bahwa kamu adalah orang kedua dalam perusahaan ini yang jatuh
dalam cobaan untuk berkorupsi, tetapi diberi pengampunan. Sayalah orang yang
pertama. Hal yang baru kamu lakukan itu dahulu telah saya lakukan juga.
Pengampunan yang kamu terima sekarang ini dahulu juga saya terima. Hanya
rahmat Allahlah yang melindungi kita berdua” |
Makna pertobatan menurut cerita di atas adalah….
A. mengalami pemulihan hubungan antara manusia dengan Allah
B. mengakui segala kesalahan di hadapan Imam dan mau memperbaiki kembali
hidup yang telah rusak
C. terbebas dari kuasa kegelapan dan godaan yang disebabkan pengaruh
lingkungan yang tidak sehat
D.
meninggalkan cara hidup lama yang penuh
dengan dosa menjadi manusia baru yang penuh dengan rahmat Allah
30. Kesadaran manusia akan karya Allah yang menyelamatkan telah mendorong
manusia untuk menanggapi kasih Allah tersebut. Salah satunya adalah dengan
beragama. Adapun alasan manusia beragama adalah meneguhkan tata nilai, artinya…
A. beragama mengantarkan manusia pada pemahaman akan surga bagi orang baik
dan neraka bagi orang jahat
B.
segala nilai yang baik dan benar dihayati
sebagai kehendak Allah, yang jahat dan salah dianggap berlawanan dengan
kehendak Allah
C. beragama menjadikan manusia memperoleh perlindungan dari kekuatan lain
yang jauh lebih hebat dibanding kekuatan manusia
D. dengan beragama manusia menemukan jawaban atas persoalan-persoalan hidup
yang sulit dipecahkan
31. Pernyataan berikut yang merupakan pengertian aspek penyerahan iman dalam
beriman Kristiani adalah…
A. pengalaman yang dihayati sebagai kebaikan Allah pada manusia
B.
tanggapan atas wahyu Allah yang telah
berkarya
C. perwujudan iman sesuai dengan teladan Yesus Kristus
D. mengimani Yesus sebagai penyelamat manusia
32. Konsekuensi dari orang yang sudah dibaptis adalah ikut ambil bagian dalam
tugas Kristus sebagai Raja, Nabi, dan Imam. Contoh perwujudan tugas Kristus
sebagai imam adalah…
A.
rajin mengikuti perayaan Ekaristi
B. memimpin perayaan Ekaristi
C. menjadi lektor di gereja
D. memimpin doa Rosario
33. Baca kutipan teks Kitab Suci berikut!
Matius 22:15-22 Kemudian pergilah orang-orang Farisi; mereka
berunding bagaimana mereka dapat menjerat Yesus dengan suatu pertanyaan.
Mereka menyuruh murid-murid mereka bersama-sama orang-orang Herodian bertanya
kepada-Nya: “Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur dan dengan
jujur mengajar jalan Allah dan Engkau tidak takut kepada siapapun juga, sebab
Engkau tidak mencari muka. Katakanlah kepada kami pendapat-Mu: Apakah
diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak?” Tetapi Yesus
mengetahui kejahatan hati mereka itu lalu berkata: “Mengapakah kamu mencobai
Aku, hai orang-orang munafik?” Tunjukkkanlah kepada-Ku mata uang untuk pajak
itu”. Mereka membawa suatu dinar kepada-Nya. Maka Ia bertanya kepada mereka:
“Gambar dan tulisan siapakah ini?” Jawab mereka: “Gambar dan tulisan Kaisar”.
Lalu kata Yesus kepada mereka: “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu
berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada
Allah”. Mendengar itu heranlah mereka dan meninggalkan Yesus lalu pergi. |
Kutipan di atas mengajak agar setiap warga negara membayar pajak kepada
kaisar sebagai wujud tanggung jawabnya sebagai warga negara. Sebagai pelajar
yang juga anggota masyarakat pun memiliki kewajiban yang perlu dilakukan,
yaitu….
A. mensejahterakan warga masyarakat yang kurang beruntung
B.
ikut menciptakan situasi yang aman dan damai
dalam masyarakat
C. mengunjungi dan memberi bantuan kepada panti asuhan yang dikelola yayasan
Katolik
D. mentaati setiap aturan yang ada supaya mendapat tempat nyaman dalam
mayarakat
34. Contoh usaha yang dapat dilakukan untuk memperjuangkan kejujuran di
lingkungan sekolah adalah....
A. Bersikap jujur dalam segala situasi.
B. Mengembalikan barang teman yang tertinggal di kelas
C. Membayar barang belanjaan sesuai harga
D.
Mengerjakan soal
ujian dengan kemampuan sendiri.
35. Contoh tindakan menghargai teman yang sedang berpuasa di sekolah adalah…
A. membersihkan mushola sekolah
B.
makan dan minum di tempat yang sudah
disediakan
C. mengerjakan tugas-tugas sekolah
D. menunjukkan sikap hormat dan peduli
36.
Baca Nostra Aetate Art. 2 berikut!
“Gereja
Katolik tidak menolak apapun, yang dalam agama-agama itu serba benar dan
suci. Dengan sikap hormat yang tulus Gereja merenungkan cara-cara bertindak
dan hidup, kaidah-kaidah serta ajaran-ajaran, yang memang dalam banyak hal
berbeda dari apa yang diyakini dan diajarkannya sendiri, tetapi tidak jarang
toh memantulkan sinar kebenaran, yang menerangi semua orang. Namun, Gereja
tiada hentinya mewartakan dan wajib mewartakan Kristus, yakni “Jalan,
kebenaran, dan hidup” (Lih. Yoh 14:6); dalam Dia manusia menemukan kepenuhan
hidup keagamaan, dalam Dia pula Allah mendamaikan segala sesuatu dengan
diri-Nya. Maka
Gereja mendorong para putranya, supaya dengan bijaksana dan penuh kasih,
melalui dialog dan kerja sama dengan para penganut agama-agama lain, saling
memberi kesaksian tentang iman serta hidup kristiani, mengakui, memelihara
dan mengembangkan kekayaan rohanindan moral serta nilai-nilai sosio budaya,
yang terdapat pada mereka. |
Berdasarkan
dokumen di atas, sikap Gereja Katolik terhadap agama dan kepercayaan lain
adalah...
A.
Gereja Katolik memberi kesempatan
seluas-luasnya kepada agama lain untuk berkembang di Indonesia
B.
Gereja Katolik mengajak semua agama yang ada
untuk bersatu padu membangun kerukunan dan kebersamaan
C. Gereja Katolik tidak menolak apapun yang
benar dan suci dalam agama-agama lain
D.
Gereja Katolik menghormati atribut-atribut
yang dipakai dan dipergunakan dalam ibadat agama lain
37.
Perhatikan gambar berikut!
Gambar
di atas merupakan satu contoh perusakan alam dengan membuang sampah di
sembarang tempat. Akibat yang ditimbulkan dari tindakan seperti dalam gambar
adalah…
A.
polusi udara yang dapat merusak
pernafasan
B. banjir yang dapat merusak
pemukiman warga
C.
pemandangan menjadi tidak indah
lagi
D.
tanah mengalami kekeringan
38.
Perhatikan data berikut!
1 |
Bakat yang
menunjang |
2 |
Dukungan finansial |
3 |
Fasilitas yang
serba mutakhir |
4 |
Ketabahan dalam
menjalani hambatan |
5 |
Status sosial yang
dimiliki orang tua |
Dari data
di atas, yang merupakan faktor pendukung tercapainya cita-cita adalah…
A.
no 1,2,3
B.
no 2,3,4
C. no 1,2,4
D.
no 3,4,5
39.
Dalam Gereja Katolik, perkawinan disebut sebagai
sakramen karena melambangkan hubungan antara Kristus dan Gereja-Nya. Dengan
hidup sebagai persekutuan yang didasarkan kasih, perkawinan memperlihatkan dan
melambangkan kasih Allah kepada manusia dan kasih Yesus kepada Gereja-Nya.
Salah satu tujuan perkawinan Katolik adalah pendidikan anak. Dampak positif
dari tujuan perkawinan tersebut adalah…
A. anak-anak yang dilahirkan dalam keluarga
Kristiani akan mendapatkan pendidikan iman secara kristiani
B.
dalam keluarga Katolik tidak akan terjadi
kekerasan dalam rumah tangga
C.
anak-anak yang dididik dalam keluarga Katolik
pasti menjadi anak-anak yang hebat
D.
pendidikan dalam keluarga Katolik
memungkinkan orang tua memiliki masa depan yang baik
40.
Cara hidup berkeluarga bukanlah satu-satunya
pilihan hidup. Selain hidup berkeluarga, masih ada panggilan hidup lainnya,
yaitu menjadi biarawan-biarawati. Kekhasan mereka adalah mengucapkan 3 kaul
yaitu kemurnian, ketaatan dan kemiskinan. Makna dari kaul kemiskinan adalah….
A. biarawan-biarawati memiliki sikap hidup
seperti orang miskin
B.
kehidupan kaum biarawan-biarawati harus jauh
dari glamor/mewah
C.
biarawan-biarawati perlu berani melepaskan
ketergantungan dari harta duniawi
D.
pada umumnya yang masuk menjadi
biarawan-biarawati adalah mereka yang berasal dari keluarga-keluarga miskin
SOAL URAIAN:
Jawab
pertanyaan-pertanyaan berikut pada lembar jawab yang tersedia!
41. Bacalah kutipan Kitab Kejadian 1 : 26
Berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia menurut
gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan
burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala
binatang melata yang merayap di bumi.” |
Belajar dari kutipan Kitab Suci di atas jelaskan pengertian tugas manusia
sebagai Citra Allah!
42.
Bacalah kutipan Injil Lukas 17 : 11 - 17
Kesepuluh
Orang Kusta Dalam
perjalanan-Nya ke Yerusalem Yesus menyusur perbatasan Samaria dan Galilea.
Ketika Ia memasuki suatu desa datanglah sepuluh orang kusta menemui Dia.
Mereka tinggal berdiri agak jauh dan berteriak:
“Yesus, Guru, kasihanilah kami!” Lalu Ia memandang mereka dan berkata:
“Pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam-imam.” Sementara mereka di
tengah jalan mereka menjadi tahir. Seorang dari mereka, ketika melihat bahwa
ia telah sembuh, kembali sambil memuliakan Allah dengan suara nyaring, lalu tersungkur di depan kaki
Yesus dan mengucap syukur kepada-Nya. Orang itu adalah seorang Samaria. Lalu
Yesus berkata: “Bukankah kesepuluh orang tadi semuanya telah menjadi tahir?
Di manakah yang sembilan orang itu Tidak adakah di antara mereka yang kembali
untuk memuliakan Allah selain dari pada orang asing ini?” Lalu
Ia berkata kepada orang itu: “Berdirilah dan pergilah, imanmu telah
menyelamatkan engkau.” |
Belajar dari kutipan Kitab Suci di atas berilah contoh tindakan yang
merupakan perwujudan ungkapan syukur atas anugerah yang diberikan Allah sesuai
dengan teks tersebut!
43. Baca
teks Kitab Suci berikut!
Ibrani 1:1-4 Setelah
pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara
kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi, maka pada zamaan akhir
ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia
tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah
menjadikan alam semesta. Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud
Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan.
Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan
Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi, jauh lebih tinggi dari pada
malaikat-malaikat, sama seperti nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih
indah dari pada nama mereka. |
Berdasar
teks Kitab Suci di atas, jelaskan maksud Yesus Kristus sebagai pemenuhan janji
Allah!
44. Tuliskan 4 tindakan yang bisa dilakukan oleh remaja
sebagai perwujudan sikap peduli terhadap penderitaan sesama di lingkungan
keluarga!
45. Dalam
Gereja Katolik kita mengenal ada 5 tugas pelayanan Gereja. Sebut dan jelaskan
URAIAN
41.
Jawaban benar / Jawaban
lain yang relevan |
Skor |
1.
Menolong teman
yang sedang mengalami kesulitan |
1 |
2.
Menjaga kesehatan
tubuh |
1 |
3.
Menjahui tindakan
yang bisa melukai diri sendiri dan orang lain : tawuran, perkelahian |
1 |
4.
Terlibat dalam
gerakan pemeliharaan lingkungan di rumah, sekolah maupun masyarakat |
1 |
Skor maksimal |
4 |
42.
Jawaban benar / Jawaban
lain yang relevan |
Skor |
1. Menolong teman yang sedang mengalami kesulitan |
1 |
2.
Menjaga kesehatan
tubuh |
1 |
3.
Menjahui tindakan
yang bisa melukai diri sendiri dan orang lain : tawuran, perkelahian |
1 |
4.
Terlibat dalam
gerakan pemeliharaan lingkungan di rumah, sekolah maupun masyarakat |
1 |
Skor maksimal |
4 |
43.
Jawaban benar |
Skor |
Janji Allah yang diungkapkan
melalai para Nabi untuk menyelamatkan manusia digenapi dalam Pribadi
Putra-Nya, Yesus Kristus, yang berkarya, wafat dan bangkit demi menebus
manusia |
3 |
Skor maksimal |
3 |
44.
Jawaban benar / Jawaban lain yang relevan |
skor |
1. Membersihkan rumah |
1 |
2. Membantu pekerjaan orangtua |
1 |
3. Membereskan pekerjaan rumah |
1 |
4. Merapikan dan membersihkan sampah |
1 |
Skor maksimal |
4 |
45.
No |
Jawaban
benar |
Skor |
1 |
Diakonia:
Karya Gereja yang berkaitan dengan segala bentuk pelayanan yang ditujukan untuk
semua orang yang membutuhkan |
1 |
2 |
Koinonia:
Karya Gereja yang berkaitan dengan segala bentuk peran serta dalam
persekutuan sebagai anak-anak Bapa dengan perantaraan Kristus dalam kuasa Roh
Kudus |
1 |
3 |
Liturgia:
Katya Gereja yang berkaitan dengan segala bentuk kegiatan ibadat kepada Tuhan
yang dilakukan oeh umat, baik pribadi maupun bersama, baik yang sakramen maupun bukan sakramen |
1 |
4 |
Kerygma:
Karya Gereja yang berkaitan dengan segala bentuk pewartaan, pengajaran iman,
dan komunikasi iman untuk saling meneguhkan, berbagi pengalaman iman dan
saling meluruskan pandangan iman |
1 |
5 |
Martyria:
Karya Gereja yang berkaitan dengan segala bentuk peran serta dalam menjadi
saksi Kristus bagi dunia |
1 |
|
Skor maksimal |
5 |