Sebuah Acuan dalam berpijak untuk melangkah ke arah yang diharapkan sesuai Standar yang telah ditentukan sebagaimana menjadi sebuah tujuan dalam proses pembelajaran. **♰**
KOMPETENSI RELIGIUS | KOMPETENSI SOSIAL |
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya | 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
1.1. Bersyukur karena dirinya diciptakan sebagai citra Allah. 1.2. Bersyukur kepada Allah atas kemampuan dan keterbatasan yang dimilikinya 1.3. Bersyukur atas dirinya telah diciptakan sebagai laki-laki atau perempuan yang sederajat 1.4. Bersyukur atas anugerah seksualitas demi kehidupan bersama yang lebih baik. 1.5. Bersyukur atas peran keluarga, sekolah, Gereja dan masyarakat terhadap pengembangan dirinya 1.6. Bersyukur atas peran teman terhadap perkembangan dirinya 1.7. Beriman akan Yesus yang telah mengajarkan sifat dan sikap yang baik. 1.8. Beriman akan Yesus yang memperjuangkan nilai-nilai Kerajaan Allah. | 2.1. Percaya diri terhadap keunikan diri sebagai citra Allah. 2.2. Bertanggung jawab mengembangkan kemampuan dan mengatasi keterbatasan dirinya. 2.3. Santun terhadap perempuan dan laki-laki sebagai ciptaan Tuhan yang sederajat. 2.4. Bertanggung jawab dalam mengembangkan seksualitas secara benar sebagai anugerah Allah. 2.5. Bertanggung jawab pada keluarga, sekolah, Gereja dan masyarakat atas peran mereka terhadap pengembangan dirinya 2.6. Peduli pada peran teman terhadap perkembangan dirinya 2.7. Jujur dalam meneladani berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus 2.8. Percaya diri dalam mewujudkan nilai-nilai Kerajaan Allah yang diperjuangan Yesus Kristus |
KOMPETENSI PENGETAHUAN | KOMPETENSI KETRAMPILAN |
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
3.1. Memahami keunikan diri sebagai citra Allah. 3.2. Memahami berbagai kemampuan dan keterbatasan dirinya. 3.3. Memahami sikap dan pandangan masyarakat tentang kesederajatan perempuan dan laki-laki 3.4. Memahami berbagai cara untuk mengembangkan seksualitas sebagai anugerah Allah demi kehidupan bersama 3.5. Memahami peran keluarga, sekolah, Gereja dan masyarakat dalam mengembangkan dirinya 3.6. Memahami peran teman terhadap perkembangan dirinya. 3.7. Memahami berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus yang patut diteladani. 3.8. Memahami nilai-nilai Kerajaan Allah untuk mengembangkan hidup bersama. | 4.1. Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa/ membuat refleksi/ membuat puisi) yang mengungkapkan rasa syukur atas dirinya sebagai citra Allah. 4.2. Menyusun rencana dan melaksanakan kegiatan untuk mengembangkan kemampuan dan mengatasi keterbatasan. 4.3. Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa/ puisi/ refleksi/ kliping) tentang kesederajatan perempuan dan laki-laki dalam hidup sehari-hari. 4.4. Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa/ puisi/ refleksi/ slogan) tentang mengembangkan seksualitas sebagai anugerah Allah demi kehidupan bersama yang lebih baik 4.5. Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa/ puisi/ refleksi/ merencanakan suatu kegiatan) yang mengungkapkan rasa syukur atas peran keluarga, sekolah,Gereja dan masyarakat terhadap pengembangan dirinya 4.6. Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa/ puisi/ refleksi) yang mengungkapkan rasa syukur atas peran teman terhadap perkembangan dirinya 4.7. Merencanakan aktivitas/ kegiatan sebagai perwujudan meneladan berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus dalam kehidupan sehari-hari. 4.8. Melakukan aktivitas (misalnya Menemukan dan menuliskan ayat-ayat Kitab Suci/ menghias ayat Kitab Suci/ membuat motto) yang berhubungan dengan nilai-nilai Kerajaan Allah demi hidup bersama yang lebih baik |
1. Keunikan diri sebagai citra Allah
2. Talenta, kemampuan dan keterbatasan
3. Kederajatan pria dan wanita
4. Rahmat Allah khusus seksualitas demi hidup bersama
5. Keluarga, Sekolah, Masyarakat, Gereja
6. Teman, Sahabat, Pacar
7. Karakter Yesus
8. Nilai Kerajaan Allah
Sebutkan pengalaman yang membahagiakan dalam masing-masing tempat yakni: Keluarga, Sekolah, Masyarakat, Gereja!
BalasHapusSebutkan pengalaman yang membahagiakan saat berteman, bersahabat, atau pacaran kalau sudah punya!
BalasHapusPengalaman membahagiakan dalam :
BalasHapus- Gereja : ketika natalan tahun lalu, walau situasi Corona akhirnya lingkungan termasuk aku bisa merasakan perayaan natal seperti dulu selebun Corona ada yang bertempat di rumahku sendiri
- masyarakat : pengalaman membahagiakan dalam masyarakat yang sering ku alami pada saat 17 Agustus
-sekolah : salah satunya pada saat SMP ke gunung Sempu untuk pertama kalinya aku ke sana
- keluarga : pada masa Adven kemarin aku dan keluarga besar mengadakan doa bersama di rumah masing masing secara online
TERIMA KASIH!
HapusPengalama saat berteman adalah saat SD yaitu pada saat retret, pesta siaga dan merayakan ulang tahun teman
BalasHapusSaat bersahabat itu aku dan sahabatku pergi bersama ke gereja, ke tempat tempat wisata dan saat merayakan ulang tahun salah satu dari kami
Kalau pacaran mungkin saat ad yang ulang tahun pasti datang ke rumah, atau pergi bersama, kadang juga pulang barengan
TERIMA KASIH
Hapuskeluarga: di saat aku diajak jalan-jalan sama eyang aku ke pantai Samas, menurutku itu membahagiakan sekali karena kedatangan eyang aku ke jogja membuat suasana keluarga lebih harmonis
BalasHapusSekolah: pada saat membuat majalah bahasa inggris sekelas, bekerja dalam kelompok mapel pelajaran karena kita saling mengerti dalam kelompok dan suasananya menyenangkan serta setiap anggota kelompok kompak dalam kerjanya.
masyarakat: pengalaman yg menyenangkan pada saat perayaan hut RI tahun tahun lalu sebelum pandemi karena suasananya meriah sekali dan ada lomba yg dapat diikuti serta pada malam setelah lomba tersebut ada seperti acara malam yg meriah ada banyak pertunjukkan.
gereja: pada saat natal tahun sebelum pandemi, misa natal yg terasa menyenangkan dan juga ada pertunjukkan di gereja tersebut
TERIMA KASIH!
Hapuspengalaman saat berteman: itu saya ketika berteman itu, saya mengetahui bahwa teman-teman saya itu mengerti kondisi kita masing-masing misalnya pada waktu kerja kelompok ada satu temen yang tidak bisa, kita biasa tunda waktu pengerjaan karena kita mengerti mengapa dia tidak bisa
BalasHapusbersahabat: ketika sd, saya dengan sahabat saya itu sering bermain bersama juga saling membantu, juga kita saling mengerti juga bahwa jika kita dalam masalah kita mencoba membantu jika bisa atau tidak memberi saran.
pacaran: belum ada