Pawitikra CATHOLIC Students: Kompetensi 8

WELCOME & GOD BLESS YOU ALWAYS

Selamat Datang di Blog ini bersama R. Slamet Widiantono ------**------ TUHAN MEMBERKATI -----* KASIH ITU MEMBERIKAN DIRI BAGI SESAMA -----* JANGAN LUPA BAHAGIA -----* TERUS BERPIKIR POSITIF -----* SALAM DOA -----* slammy

Minggu, 14 Maret 2021

Kompetensi 8

 


Sebuah Acuan dalam berpijak untuk melangkah ke arah yang diharapkan sesuai Standar yang telah ditentukan sebagaimana menjadi sebuah tujuan dalam proses pembelajaran. **♰**

KOMPETENSI RELIGIUS
KOMPETENSI SOSIAL
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
1.1     Beriman akan  Yesus Kristus sebagai Allah yang menjelma menjadi manusia
1.2     Bersyukur  atas  nilai-nilai Kerajaan Allah yang diwartakan Yesus Kristus melalui sabda dan tindakan
1.3     Bersyukur atas panggilan dan perutusan Yesus Kristus untuk mewartakan Kerajaan Allah
1.4     Bersyukur pada Allah sebagai wujud penghayatan akanmakna sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus.
1.5     Percaya akan Roh Kudus sebagai daya hidup Gereja
1.6     Bersyukur atas kehadiran  Gereja sebagai Paguyuban umat beriman.
1.7     Bersyukur atasaneka pelayanan Gereja.
1.8     Bersyukur atas kehadiran  Gereja  sebagai tanda dan sarana keselamatan bagi semua orang.
1.9     Bersyukur atas  sakramen inisiasi dalam hidup menggereja.
1.10  Bersyukur atas sakramen tobat sebagai tanda dan sarana rekonsiliasi antara manusia dengan Allah dan sesama
1.11  Bersyukur atas sakramen pengurapan orang sakit sebagai wujud pendampingan Gereja terhadap orang yang menderita sakit.

2.1     Peduli pada sesama agar kehadirannya dapat dirasakan sebagai wujud Allah yang menjelma menjadi manusia.
2.2     Bertanggung jawab   mewujudkan nilai-nilai Kerajaan Allah melalui kata-kata dan perbuatan
2.3     Bertanggung jawab dalam menanggapi panggilan dan perutusan Yesus Kristus untuk mewartakan Kerajaan Allah.
2.4     Peduli pada sesama  untuk mewujudkan makna sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus sebagai puncak pewartaanNya.
2.5     Santun dalam kehidupan menggereja sebagai wujud karya Roh Kudus.
2.6     Peduli terhadap kegiatan Gereja sebagai paguyuban umat beriman.
2.7     Bertanggung jawab untuk terlibat  dalam aneka pelayanan Gereja
2.8     Peduli mewujudkan Gereja  sebagai tanda dan sarana keselamatan bagi semua orang.
2.9     Bertanggung jawab atas panggilan dan perutusan anggota Gereja  sebagai konsekuensi menerima sakramen inisiasi.
2.10  Disiplin merayakan sakramen tobat sebagai tanda dan sarana rekonsiliasi antara manusia dengan Allah dan sesama.
2.11  Peduli pada orang yang sakit.


KOMPETENSI PENGETAHUAN
KOMPETENSI KETRAMPILAN
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1.     Memahami ajaran Kitab Suci dan ajaran Gereja tentang makna Yesus Kristus sebagai Allah yang menjelma menjadi manusia
3.2.     Memahami tugas Yesus Kristus mewartakan Kerajaan Allah melalui sabda dan tindakan.
3.3.     Memahami  panggilan dan perutusan Yesus Kristus kepada murid-murid-Nya pada zaman sekarang demi mewujudkan Kerajaan Allah.
3.4.     Memahami maknaperistiwa sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus sebagai puncak pewartaan-Nya.
3.5.     Memahami peran Roh Kudus pada Gereja Perdana dan Gereja masa kini.
3.6.     Memahami makna Gereja sebagai paguyuban umat beriman
3.7.     Memahami aneka pelayanan Gereja.
3.8.     Memahami bahwa Gereja  adalah tanda dan sarana keselamatan bagi semua orang.
3.9.     Memahami ajaran Gereja tentang makna dan konsekuensi sakramen inisisasi dalam hidup menggereja.
3.10.  Memahami makna sakramen tobat sebagai tanda dan sarana d antara dirinya  dengan Allah dan sesama.
3.11.  Memahami  makna sakramen pengurapan orang sakit sebagai sarana gereja untuk mendampingi orang yang sakit.

4.1.   Melakukan aktivitas (misalnya menceritakan kembali/ menyusun doa/ puisi) yang berkaitan dengan peristiwa Allah yang menjelma menjadi manusia.
4.2.   Melakukan aktivitas (misalnya menceritakan pengalaman/ refleksi/ laporan pengalaman) yang berkaitan dengan keterlibatan dalam mewartakan Kerajaan Allah melalui kata-kata dan perbuatan
4.3.   Melakukan aktivitas (misalnya membuat refleksi/ membuat laporan) yang berkaitan dengan pengalaman meksanakan panggilan dan perutusan Yesus Kristus demi mewujudkan Kerajaan Allah.
4.4.   Melakukan aktivitas (misalnya membuat refleksi/ menyusun doa/ puisi/ ibadat) yang berkaitan dengan  maknaperistiwa sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus sebagai puncak pewartaanNya.
4.5.   Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa/ puisi/ membuat refleksi/ ibadat) yang berkaitan dengan peran Roh Kudus pada Gereja Perdana dan Gereja masa kini.
4.6.   Melakukan aktivitas (misalnya membuat refleksi/ menyusun doa/ puisi/ melakukan wawancara) berkaitan dengan makna Gereja sebagai paguyuban umat beriman.
4.7.   Melakukan aktivitas (misalnya aksi sosial/mengikuti kegiatan lingkungan/  menyumbang dana/menyusun doa/ wawancara) yang berkaitan dengan aneka pelayanan Gereja.
4.8.   Melakukan aktivitas (misalnya aksi sosial/mengikuti kegiatan lingkungan/  menyumbang dana/menyusun doa) untuk mewujudkan Gereja  sebagai  tanda dan sarana keselamatan bagi semua orang.
4.9.     Melakukan aktivitas (misalnya mempraktikkan/ mendramatisasikan/ membuat produk) yang berkaitan dengan tata cara penerimaan sakramen inisiasi.
4.10.  Melakukan aktivitas (misalnya mempraktikkan/ mendramatisasikan) yang berkaitan dengan tata cara pengakuan dosa.
4.11. Melakukan aktivitas (misalnya mengunjungi/ mendoakan/ menyusun doa) untuk orang yang sakit.

  1. YESUS SUNGGUH ALLAH SUNGGUH MANUSIA
  2. KERAJAAN ALLAH LEWAT SABDA DAN TINDAKAN
  3. PANGGILAN DAN PERUTUSAN
  4. SENGASARA WAFAT DAN BANGKIT
  5. ROH KUDUS
  6. Gereja sebagai Paguyuban
  7. Pelayanan Gereja
  8. Gereja dan Keselamatan yuk dilihat lebih dalam lagi
  9. Sakramen inisiasi
  10. Sakramen tobat  Bisa dicermati disini
  11. Sakramen pengurapan orang sakit


43 komentar:

  1. Saya ikut komunitas gereja paguyuban PIR.
    Angelina putri/8A/6

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pernah mengikuti pelayanan Putri Sakristi di gereja dalam rangka Natal

      Hapus
    2. sakramen yang sudah saya terima adalah Sakramen Baptis, Sakramen Tobat, Sakramen Komuni Pertama, dan Sakramen Krisma.

      Hapus
  2. Saya ikut komunitas gereja paguyupan :

    -Putra Altar
    -PIR

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya melakukan pelayanan misa harian Pagi misa hari minggu dan misa-misa besar sebagai PA

      Hapus
  3. Saya ikut komunitas gereja paguyuban PA
    Desira Tabitha/8A/14

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pernah mengikuti pelayanan misdinar di gereja dalam rangka Natal

      Hapus
    2. sakramen yang sudah saya terima adalah Sakramen Baptis, Sakramen Tobat, Sakramen Komuni Pertama

      Hapus
  4. saya mengikuti putri sakristi
    ditaa jelek/8A/17

    BalasHapus
  5. Diacita 8A No.15
    Saya sekarang tidak terlibat dalam komunitas paguyuban gereja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah ikut pelayanan gereja, dramatisasi natal dan koor

      Hapus
    2. Sakramen yang saya terima
      -Sakramen Babtis
      -Sakramen tobat
      -Sakramen komuni pertama

      Hapus
  6. Andhika Putra Bagaskara / 8A / 4

    Saya ikut komunitas gereja paguyupan :

    -Putra Altar
    -PIR

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Andhika Putra Bagaskara / 8A / 5

      Saya melakukan pelayanan misa harian Pagi misa hari minggu dan misa-misa besar sebagai PA

      Hapus
    3. Andhika Putra Bagaskara / 8A / 5

      Sakramen yang sudah saya alami yaitu sakramen komuni pertama.

      Hapus
  7. saya ikut komunitas gereja paguyuban PA
    Adinda kristianti/8A/01

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mengikuti pelayanan digereja misdinar dalam rangka natal pagi

      Hapus
    2. sakramen yang saya terima
      sakramen baptis,sakramen komuni 1, sakramen tobat

      Hapus
  8. Ayla/8A/9
    Komunitas Gereja Paguyuban yang saya ikuti adalah Putra-Putri Altar/Misdinar.

    Pelayanan yang saya ikuti adalah Koor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelayanan yang pernah aku ikuti adalah Putra-Putri Altar/Misdinar, Koor, tari sebelum persembahan.

      Hapus
  9. Saya Pernah terlibat komunitas gereja Paguyuban Putra Altar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah mengikuti pelayanan gereja koor

      Hapus
    2. Saya Pernah Menerima Sakramen
      -Sakramen Baptis
      -Sakramen Tobat
      -Sakramen Komuni

      Hapus
  10. Dymphna Asyera 8A/16

    saya terlibat dalam kegiatan gereja :
    -PIR

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mengikuti pelayanan gereja :
      - mengikuti arak - arakan saat Natal
      - membaca doa umat
      - mazmur
      - mengiringi koor
      - tugas koor

      Hapus
    2. sakramen yang saya alami
      - sakramen baptis
      - sakramen tobat
      - sakramen komuni pertama

      Hapus
  11. Nica/31/8G
    Saya mengikuti gereja paguyuban
    -Misdinar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kegiatan pelayanan gereja yang pernah saya lakukan :
      -misdinar
      -koor
      -lektor

      Hapus
  12. Ardy/8G/22
    Saya tidak terlibat komunitas gereja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mengikuti pelayanan gereja
      -membaca doa umat
      -mazmur

      Hapus
    2. Sakramen yang pernah saya alami
      -sakramen baptis (9 Agustus 2008)
      -Sakramen Komuni Pertama
      -Sakramen Tobat

      Hapus
  13. Damar/8G/20
    Saya mengikuti paguyuban Gereja sebagai Putra Altar

    BalasHapus
  14. Zefanya/34/8G
    Paguyuban gereja yang saya ikuti adalah
    -Misdinar, RKK , Putri sakristi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelayanan yang saya lakukan di gereja adalah
      -Sebagai petugas Tatalaksana saat misa mingguan dan misa besar di kotabaru.
      -Sebagai petugas misdinar saat misa harian, mingguan, dan misa besar.
      -pernah menjadi tugas putri sakristi saat misa mingguan dan misa besar.
      -menjadi petugas koor saat misa pelajar di kotabaru.

      Hapus
    2. -Sakramen baptis (16 juni 2016) dengan nama baptis Emilia. Gereja Antonius Padua Kota Baru
      -Sakramen Tobat (29 mei 2018) gereja pugeran
      -penerimaan komuni pertama (3 juni 2018) gereja pugeran

      Hapus
  15. Damar/8G/20
    Sakramen yang pernah aku alami
    -Skramen Baptis
    -Skramen Komuni

    BalasHapus
  16. Kita telah masuk sebagai anggota Gereja secara sah, pasti dan bahkan sudah melewati semua inisiasi yakni baptis, ekaristi dan penguatan (bagi yg sudah).
    Coba ceritakan dari masing-masing sakramen yang telah diterima ini, maknanya bagi kamu apa?
    Dari masing-masing Sakramen, peristiwa yang menarik atau pengalaman menarik dari masing-masing sakramen yang telah diterima itu bagaimana?
    Cara menghayati dan menghidupi sakramen yang telah diterima seperti apa yang telah dilakukan?

    BalasHapus
  17. Saya terlibat dalam komunitas paguyuban gereja yaitu Misdinar

    BalasHapus
  18. Kegiatan yang selama ini aku ikuti
    - midsinar di GBM

    BalasHapus
  19. Saya terlibat kedalam OMK Wilayah Ngadisuryan

    BalasHapus
  20. Pernah terlibat mengikuti Putri sangkristi dan OMK

    BalasHapus