Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang anda anggap paling benar di lembar jawaban yang tersedia.
1. Dalam pembaptisan Yesus (Luk 3:21-22) Roh Kudus turun atasNya berupa.....
A. Suara gemuruh
B. Burung merpati
C. Lidah-lidah api
D. Tiupan angin
2. Peristiwa turunya Roh Kudus dalam Kitab Suci dikisahkan pada.....
A. Kitab Injil
B. Kisah para Rasul
C. Perjanjian Baru
D. Surat-surat Paulus
3. Setelah menerima Roh Kudus Para Rasul mengalami perubahan.......
A. Menjadi tidak ada rasa takut lagi
B. Hidup dalam persekutuan yang semakin erat
C. Memberikan kesaksian tentang Yesus Kristus
D. Mewartakan Injil kepada segala bangsa
4. Kehadiran Roh Kudus dalam peristiwa pentakosta mengingatkan iman kita bahwa........
A. Yesus Kristus sungguh Allah
B. Roh Kudus adalah Roh Allah
C. Allah sungguh mencintai manusia
D. Allah senantiasa hadir dan menyertai kita
5. Unsur-unsur yang dapat menjadi perekat dalam persatuan antara lain.......
A. Permasalahan hidup
B. Kebebasan individu
C. Perasaan senasib
D. Kemauan yang kuat
6. Sakramen yang memberikan rahmat bagi orang untuk dipersatukan dalam Gereja tubuh Kristus yaitu.........
A. Sakramen baptis
B. Sakramen ekaristi
C. Sakramen imamat
D. Sakramen krisma
7. Penghayatan orang beriman Kristiani akan kehadiran Roh Kudus bila menjadi ketua kelompok hendaknya diungkapkan dengan sikap.............
A. Selalu mengikuti apa yang menjadi aspirasi anggota
B. Secara bijak berani mengambil keputusan demi kesejahteraan anggota
C. Selalu takut apabila dinilai ketua yang otoriter
D. Bersikap keras kepada anggota agar disegani
8. Agnes dan Yulia terpilih menjadi peserta TONTI disekolah, untuk menjadi TONTI yang terlatih dan disiplin maka sering diadakan latihan dimana menuntut kesiapan dari masing-masing peserta. Bagaimanakah sebaiknya perilaku Agnes dan Yulia sebagai peserta TONTI?
A. Tidak perlu mendengarkan pengarahan dari pembimbing karena sudah mersa bisa
B. Berbangga diri karena Agnes dan Yulia ternyata lebih berpotensi dibanding teman-teman yang lain
C. Bekerjasama dan bertanggungjawab dengan tugas yang diembannya
D. Tidak begitu memperhatikan kesalahan peserta lain yang penting tidak terjadi kesalahan pada Agnes dan Yulia
9. Model perekutuan diantaranya bisa kita loihat dalam kehidupan murid-murid Yesus ( Kis. 2:41-47 ) dan sekaligus menjadi teladan dalam penghayatan hidup menggereja sekarang yang menuntut sikap sebagai berikut kecuali..........
A. Saling menghargai
B. Saling memperhatikan kebutuhan dan kesulitan orang lain
C. Rajin berdoa dan mengucap syukur
D. Membaca Kitab Suci agar mengundang perhatian orang lain
10. Dibawah ini merupakan arti Persekutuan adalah...............
A. Paguyuban yang saling mengenal dan menjalankan cara hidup sesuai dengan ajaran Kristus
B. Berkumpulnya beberapa orang dan dibacakan Kitab Suci disitu
C. Berkumpulnya beberapa orang Katolik disebuah tempat
D. Kelompok yang menyanyikan lagu-lagu Gereja
11. Kelompok Koor juga merupakan persekutuan yang seharusnya bercermin pada persekutuan murid-murid Yesus (Kis. 2:41-47) yang seharusnya ditunjukkan dengan perilaku seperti...........
A. Pasrah kepada anggota yang lain karena sadar bahwa dirinya tidak mampu
B. Saling menerima kelebihan dan kekurangan sesama anggota
C. Mengikuti latihan koor apabila lagunya adalah lagu yang disenangi
D. Berani mengkritik anggota lain yang melakukan kesalahan
12. Apabila kita hidup dalam persekutuan dilingkungan , maka jelas kita harus mengupayakan agar cara-cara hidup Gereja perdana (Kis. 2 :41-47) juga menjadi cara hidup persekutuan kita dilingkungan antara lain dengan menunjukkan sikap ................
A. Mengikuti Misa lingkungan yang diadakan rutin tiap bulan sekali
B. Rajin membicarakan anggota lingkungan yang tidak aktif
C. Percaya sepenuhnya kepada ketua lingkungan untuk maju mundurnya lingkungan
D. Mendaftarkan kepada ketua lingkungan agar dicatat menjadi anggota lingkungan sudah cukup
13. Definisi mengenai Gereja yang lengkap hampir tidak mungkin kita rumuskan, sebab Gereja bukanlah benda mati melainkan dinamis. Dibawah ini adalah makna gambaran Gereja menurut Kitab suci dan ajaran Gereja yakni “Gereja sebagai Umat Allah” adalah. ...
A. Gereja adalah kumpulan umat Allah yang mempunyai relasi dekat dengan Allah
B. Gereja terdiri dari banyak anggota tetapi satu tubuh dihidupi oleh Roh yang sama
C. Gereja sebagai tempat Allah dengan manusia bertemu secara pribadi
D. Gereja mencari dan menemukan Allah walaupun Allah sendiri sudah menyatakan Diri
14. Konsili Vatikan ke II mengemukakan gambaran Gereja Dimana didalamnya terdapat keanekaragaman anggotanya dan banyak hal, dan keanekaragaman tersebut justru mempersatukan para anggotanya untuk saling berbagi,saling melayani. Roh kudus tinggal dihati umat beriman. Pernyataan diatas merupakan Gambaran Gereja.......
A. Gereja sebagai persekutuan para kudus
B. Gereja sebagai misteri dan sakramen
C. Gereja sebagai communio
D. Gereja sebagai tubuh Kristus
15. Dalam rumusan Syahadat (Doa Aku Percaya) terkandung kurang lebih empat pengakuan terhadap empat sifat Gereja sebagai paguyuban dan tidak bisa dipisahka satu dengan yang lain. Gereja sebagai Bhineka tunggal Ika, yakni kesatuan Iman, dalam keragaman cara ungkap dan perwujudanya. Pengertian tersebut merupakan pengertian ciri .....
A. Gereja yang kudus
B. Gereja yang Katolik
C. Gereja yang apostolik
D. Gereja yang Satu
16. Gereja menjadi perwujudan kehendak Allah yang maha Kudus yang bersatu dan mempersatukan manusia dalam kekudusanNya. Pernyataan tersebut merupakan pengertian Ciri .......
A. Gereja Yang Apostolik
B. Gereja yang Kudus
C. Gereja yang Katolik
D. Gereja yang satu
17. Beberapa ciri Gereja sebagai paguyuban diantaranya adalah “GEREJA YANG KATOLIK”. Dibawah ini makna ciri Gereja yang Katolik adalah....
A. kesatuan Iman, dalam keragaman cara ungkap dan perwujudanya. Pengertian tersebut merupakan
B. perwujudan kehendak Allah yang maha Kudus yang bersatu dan mempersatukan manusia dalam kekudusanNya
C. Bersifat terbuka bagi dunia tidak terbatas pada tempat tertentu ,bangsa, golongan masyarakat tertentu.
D. keanekaragaman anggotanya dan banyak hal, dan keanekaragaman tersebut justru mempersatukan para anggotanya untuk saling berbagi,saling melayani
18. Selain Ciri Gereja sebagai paguyuban yang satu, kudus, katolik masih ada satu ciri lagi yakni “GEREJA YANG APOSTOLIK” yang berarti...........
A. Memiliki jiwa dan semangat seperti Gereja perdana, yakni Gereja para Rasul
B. perwujudan kehendak Allah yang maha Kudus yang bersatu dan mempersatukan manusia dalam kekudusanNya
C. keanekaragaman anggotanya dan banyak hal, dan keanekaragaman tersebut justru mempersatukan para anggotanya untuk saling berbagi,saling melayani
D. Bersifat terbuka bagi dunia tidak terbatas pada tempat tertentu ,bangsa, golongan masyarakat tertentu.
19. Yesus mendirikan Gereja dengan memilih dan mengutus para rasul. Para pengganti mereka yakni para Uskup untuk menjadi gembala dalam GerejaNya (Kis 20:28). Yang selanjutnya terbentuklah tata susunan kepemimpinan dalam gereja disebut....
A. Katolik
B. Apostolik
C. Hierarki
D. Unsur Gereja
20. Ia adalah pengganti Rasul Petrus sebagai ketua/kepala para Rasul menjadi ketua para Uskup. Uraian jabatan kepemimpinan dan tugas diatas menjadi tugas dan jabatan....
A. UskupB. ImamC. DiakonD. Paus
21. Bukanlah tingkatan atau fungsi khusus dalam hierarki, mereka adalah uskup yang diangkat oleh Paus dan mendapatkan tugas wewenang untuk memilih Paus baru. Uraian tugas diatas dimiliki oleh....
A. BruderB. KardinalC. DiakonD. Imam
22. Mereka ambil bagian dalam kepemimpinan Uskup dalam melayani umat, melaksanakan tugas kepemimpinannya tergantung pada Uskup. Uraian Tugas dan jabatan diatas dimiliki oleh....
A. UskupB. PausC. ImamD. Diakon dan Kardinal
23. Biarawan dan biarawati mengikrarkan tiga kaul sesuai dengan nasihat Injil , Dengan mengikrarkan ketiga kaul tersebut mereka hendak mengatasi ketiga pokok godaan yakni godaan daging, keinginan mata, keangkuhan hidup (1 Yoh 2:16). Dibawah ini tidak termasuk tiga kaul yang diikrarka oleh biarawan dan biarawati adalah...
A. Kaul baktiB. Kaul kemiskinanC. Kaul KeperawananD. Kaul Ketaatan
24. Dalam Gereja kita dapat mnjumpai dan mengenal seorang Imam atau Pastur. Dibawah ini sikap yang benar seorang Imam atau Pastur adalah............
A. Menguasai seluruh tugas yang adaB. Menggembalakan, melayani secara bertanggungjawabC. Menampilkan perilaku yang terpuji pada hari MingguD. Bersikap keras agar disegani oleh umat
25. Puncak kesetiaan Maria pada puteranya Yesus Kristus terbukti dalam.................
A. Mengasuh dan membesarkan YesusB. Selalu mengikuti kemanapun Yesus pergiC. Menyertai kesengsaraan jalan salib Yesus sampai wafatNyaD. Melakukan kehendak Yesus tanpa mengeluh
26. Selain Imam kita juga mengenal kaum awam dalam Gereja. Sikap dan perilaku yang baik sebagai kaum awam dapat kita tunjukkan dengan............
A. Cukup dengan mengikuti perayaan Ekaristi pada hari MingguB Ikut bertanggungjawab pada perkembangan GerejaC. Memberikan kolekte pada hari MingguD. Mengaku dosa sekurang-kurangnya setahun sekali
27. Yesus mengutus murid-muridNya dengan tujuan............................
A. Sebanyak mingkin orang terlibat dalam karyaNyaB. Beban dan tanggungjawab Yesus menjadi ringanC. Kabar gembira yang dibawaNya diketahui semua orangD. Orang percaya bahwa pewartaan itu membawa keselamatan
28. Biarawan-Biarawati yaitu mereka yang hidupnya dibaktikan sepenuhnya bagi pewartaan kabar gembira dengan cara seperti dibawah ini kecuali...................
A. Pelayanan lewat pendidikanB. Pelayanan lewat bidang MedisC. Pelayanan pada rumah-rumah retretD. Pelayanan lewat bidang politik
29. Sikap yang benar sebagai anggota Gereja berdasarkan Teks Rom.12:4-5 “Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.” adalah.............
A. Bertugas menjadi Putra AltarB' Menjalankan tugas masing-masing sesuai dengan kepentingannyaC' Menjalankan fungsi sesuai dengan kemampuan yang dimilikiD' Membicarakan umat lain yang tidak aktif mengikuti kegiatan menggereja
30. Dalam mengkomunikasikan isi hatinya kepada orang lain baik secara pribadi maupun kelompok manusia selain menggunakan kata-kata juga menggunakan tanda, sarana, lambang atau simbol agar maksud yang hendak disampaikan semakin jelas. Hal demikian membuktikan bahwa manusia adalah makhluk......
A. SosialB. EkspresifC. PeduliD. Unggul
31. Makna Sakramen atau Sacramentum adalah........
A. Tanda sekaligus sarana yang mengungkapkan karya penyelamatan allah bagi manusiaB. Tanda dan sarana persatuan mesra dengan Allah dan kesatuan seluruh umat manusiaC. Peristiwa yang terjadi di Gereja dan mengungkapkan karya penyelamatan AllahD. Gereja adalah cara Allah mengkomunikasikan rencana dan kehendakNya kepada manusia
32. Cara manusia mengkomunikasikan dirinya kepada orang lain rupanya menjadi cara Allah mengkomunikasikan rencana dan kehendakNya kepada manusia. Melalui sabda dan tindakan Yesus menunjukkan Yesus adalah tanda dan sarana kehadiran Allah yang menyelamatkan. Dengan demikian Yesus disebut.......
A. Sakramen AgungB. Sakramen DasarC. Sakramen Umat manusiaD. Sakramen Yesus Kristus
33. Gereja sebagai tanda dan sarana penyelamatan manusia, juga sering disebut sakramen keselamatan. Berdasarkan uraian diatas yang dimaksud Gereja sebagai Sakramen keselamatan adalah.........
A. Tanda dan sarana persatuan mesra dengan Allah dan kesatuan seluruh umat manusiaB. Melalui sabda dan tindakan Yesus menunjukan Yesus adalah tanda dan sarana kehadiran AllahC. Peristiwa yang terjadi di Gereja dan mengungkapkan karya penyelamatan AllahD. Gereja adalah cara Allah mengkomunikasikan rencana dan kehendakNya kepada manusia
34. Dalam inisiasi Kristen dikenal beberapa tahap dan masa, diantaranya akan dilalui masa pengajaran dan pembinaan serta latihan hidup dalam jemaat dan diakhiri dengan upacara tahap pengukuhan. Masa dengan tujuan yang sudah diuraikan diatas disebut masa....
A. Masa MistagogiB. Masa Persiapan TerakhirC. Masa Pra katekumenatD. Masa Katekumenat
35. Berdasarkan Kitab Suci asal mula pembaptisan juga memperlihatkan praktek terutama baptis bayi, maka kemudian Gereja mempraktekkan pembaptisan atas bayi-bayi walaupun terjadi perubahan cara pembaptisan yaitu dengan menuangkan air. Teks Luk 18:16, salah satu teks yang menjadi dasar atas pembaptisan bayi yang berbunyi....
A. Pada jam itu juga kepala penjara itu membawa keluarganya untuk dibaptisB. Biarkanlah anak-anak datang kepadaku jagan kamu halang-halangi sebab mereka empunya Kerajaan AllahC. Sesudah dibaptis bersama-sama dengan seisi rumahnya ia mengajakD. Kepadaku telah diberi kuasa disurga dan dibumi, karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKU
36. Dibawah ini yang bukan merupakan makna dari sakramen baptis yang sudah kita terima adalah.....
A. Mendapatkan pengampunan dosa baik dosa asal maupun siksa-siksa dosaB. Tergabung secara tidak sah menjadi anggota Gereja dan belum terbuka peluang untuk mendapatkan tugas pentingC. Menjadi ciptaan baru dan dilantik menjadi anak Allah dan mengambil bagian dalam kodrat IlahiD. Dimateraikan secara kekal dengan materai rohani yang tidak dapat terhapuskan, ia termasuk bilangan Kristus
37. Dalam menyalurkan berkat keselamatan kepada semua orang, maka Gereja melaksanakan tugas tersebut melalui tujuh sakaramen (Sakramen dalam Gereja Katolik). Setiap Sakramen memiliki Forma dan Materia masing masing. Salah satu forma dari ketujuh sakramen tersebut adalah sebagai berikut : “ ....engkau dalam nama Bapa Putra dan Roh Kudus. Amin”. Rumusan yang tepat untuk melengkapi Forma diatas adalah...
A. “ Aku menumpangkan tangan...”B. “ Aku mencurahkan Roh Kudus...”C. “ Aku membaptis ...”D. “ Aku menerimakan sakramen Krisma kepada...”
38. Dalam Praktek pembaptisan yang dilakukan Gereja Katolik kita mengenal beberapa bentuk pembaptisan. Diantara beberapa bentuk pembaptisan ada seseorang yang rindu menerima pembaptisan, tetapi meninggal dunia sebelum menerimanya. Pembaptisan tersebut dikenal dengan bentuk pembaptisan....
A. Baptis dengan percikan airB. Baptisan dengan penenggelamanC. Baptis dengan darah (martir)D. Baptis dengan kerinduan
39. Dalam inisiasi Kristen dikenal beberapa tahap dan masa, diantaranya akan dilalui masa dimana motivasi calon dimurnikan dan diakhiri dengan upacara tahap pengukuhan. Masa dengan tujuan yang sudah diuraikan diatas disebut masa....
A. Masa MistagogiB. Masa Persiapan terakhirC. Masa PrakatekumenatD. Masa Katekumenat
40. Dalam inisiasi Kristen dikenal beberapa tahap dan masa, diantaranya akan dilalui masa pembinaan lanjutan setelah seseorang menerima sakramen inisiasi (dalam arti Khusus) dan pembinaan lanjutan bagi setiap orang yang sudah menerima sakramen inisiasi (dalam arti umum). Masa dengan tujuan yang sudah diuraikan diatas disebut masa....
A. Masa MistagogiB. Masa Persiapan terakhirC. Masa PrakatekumenatD. Masa Katekumenat
41. Gereja adalah persekutuan orang-orang yang beriman kepada Tuhan Yesus Kristus. Yang menjadi dasar lahirnya Gereja adalah ….
A. peristiwa NatalB. peristiwa PaskahC. peristiwa PentakostaD. peristiwa Pondok Daun
42. Menurut santo Paulus dalam suratnya yang 1 kepada jemaat di Korintus (1 Kor 12:12-14) mengatakan “Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. Sebab dalam satu roh kita semua baik orang yahudi, maupun orang yunani, baik budak, majpun orang merdeka, telah diaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minumm dari satu roh. Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota tetapi atas banyak anggota.
Hubungan saya dengan orang lain dan dengan Yesus Kristus digambarkan seperti ….
A. anggota dalam satu tubuh, dimana Yesus sebagai jiwanyaB. anggota dalam satu tubuh, dimana Yesus sebagai nyawanyaC. anggota dalam satu tubuh, dimana Yesus sebagai kepalanyaD. anggota dalam satu tubuh, dimana Yesus sebagai pengaturnya
43. Yang tidak termasuk kegiatan yang dilakukan para rasul dalam kehidupan Gereja perdana dalam teks Kis 2:41-47 adalah ….
A. berkumpul memecah roti dan berdoaB. bertekun dalam pengajaran para rasulC. berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait AllahD. melakukan ziarah dan devosi kepada Maria
44. Sakramen memiliki tiga aspek, yaitu ….
A. Ilahi, sosial dan teologiB. Ilahi, sosial dan jemaatC. Ilahi, sosial dan personalD. Ilahi, personal dan manusiawi
45. Dibawah ini adalah contoh tindakan seorang pelajar katolik yang sudah dibaptis, yaitu ….
A. sering kolekteB. menjadi orang suciC. rajin mengikuti ekaristiD. belajar tekun dan tanggung jawab
46. Orang yang sudah dibaptis mendapat tugas perutusan. Tugas perutusan itu adalah ….
A. menjadi misionarisB. menjadi guru agamaC. terlibat aktif dalam kepengurusanD. mewartakan kabar gembira dimana saja
47. Aku sebagai anggota putra altar atau misdinar bentuk ungkapan dan tanggung jawab sebagai murid Yesus Kristus adalah ….
A. menyisihkan dana untuk organisasiB. mengajak anggota berdoa bersamaC. menawarkan diri sebagai pengurus misdinarD. menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab
48. Alasan sakramen disebut tanda lahir dari kehadiran cinta kasih Allah yang menyelamatkan karena ….
A. bisa didoakan dengan kataB. bisa dinalar dengan pikiranC. bisa direfleksikan dengan hatiD. bisa dilihat melalui simbol-simbol
49. Kis 2: 41-47 memberi gambaran kehidupan jemaat perdana, yang disebut jemaat perdana ialah ….
A. orang kristen di Yerusalem pada jaman para rasulB. persekutuan murid-murid Yesus jaman dahuluC. orang kristen yang pertama menerima baptisD. 12 orang rasul Yesus
50. Gereja Perdana sebagai persekutuan memiliki cara hidup yang khas. Pernyataan berikut yang tidak menunjukkan ciri-ciri Gereja sebagai persekutuan berdasarkan Kis 2:41-47 adalah ….
A. doa dan ibadat bersamaB. kegembiraan dan ketulusanC. tekun dalam pengajaran para rasulD. anggotanya adalah orang terpandang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar