Dalam pembaptisan Yesus (Luk 3:21-22) Roh Kudus turun atasNya berupa.....
A. Suara
gemuruh
B.
Burung merpati
C. Lidah-lidah
api
D. Tiupan
angin
Peristiwa
turunya Roh Kudus dalam Kitab Suci dikisahkan pada.....
A. Kitab
Injil
B.
Kisah para Rasul
C. Perjanjian
Baru
D. Surat-surat
Paulus
Setelah
menerima Roh Kudus Para Rasul mengalami perubahan.......
A.
Menjadi tidak ada rasa takut lagi
B. Hidup
dalam persekutuan yang semakin erat
C. Memberikan
kesaksian tentang Yesus Kristus
D. Mewartakan
Injil kepada segala bangsa
Kehadiran
Roh Kudus dalam peristiwa pentakosta mengingatkan iman kita bahwa........
A. Yesus
Kristus sungguh Allah
B. Roh
Kudus adalah Roh Allah
C. Allah
sungguh mencintai manusia
D.
Allah senantiasa hadir dan menyertai kita
Unsur-unsur
yang dapat menjadi perekat dalam persatuan antara lain.......
A. Permasalahan
hidup
B. Kebebasan
individu
C.
Perasaan senasib
D. Kemauan yang kuat
Sakramen
yang memberikan rahmat bagi orang untuk dipersatukan dalam Gereja tubuh Kristus
yaitu.........
A.
Sakramen baptis
B. Sakramen
ekaristi
C. Sakramen
imamat
D. Sakramen krisma
Penghayatan orang beriman Kristiani akan kehadiran Roh
Kudus bila menjadi ketua kelompok hendaknya diungkapkan dengan
sikap.............
- Selalu
mengikuti apa yang menjadi aspirasi anggota
- Secara bijak berani mengambil keputusan demi
kesejahteraan anggota
- Selalu
takut apabila dinilai ketua yang otoriter
- Bersikap
keras kepada anggota agar disegani
Agnes dan Yulia terpilih menjadi peserta TONTI disekolah,
untuk menjadi TONTI yang terlatih dan disiplin maka sering diadakan latihan
dimana menuntut kesiapan dari masing-masing peserta. Bagaimanakah sebaiknya
perilaku Agnes dan Yulia sebagai peserta TONTI?
- Tidak perlu
mendengarkan pengarahan dari pembimbing karena sudah mersa bisa
- Berbangga
diri karena Agnes dan Yulia ternyata lebih berpotensi dibanding
teman-teman yang lain
- Bekerjasama dan bertanggungjawab dengan tugas yang
diembannya
- Tidak
begitu memperhatikan kesalahan peserta lain yang penting tidak terjadi
kesalahan pada Agnes dan Yulia
Model perekutuan diantaranya bisa kita loihat dalam
kehidupan murid-murid Yesus ( Kis.
2:41-47 ) dan sekaligus menjadi teladan dalam penghayatan hidup menggereja sekarang
yang menuntut sikap sebagai berikut kecuali..........
- Saling
menghargai
- Saling
memperhatikan kebutuhan dan kesulitan orang lain
- Rajin
berdoa dan mengucap syukur
- Membaca
Kitab Suci agar mengundang perhatian orang lain
Dibawah ini merupakan arti Persekutuan
adalah...............
- Paguyuban yang saling mengenal dan menjalankan cara
hidup sesuai dengan ajaran Kristus
- Berkumpulnya
beberapa orang dan dibacakan Kitab Suci disitu
- Berkumpulnya
beberapa orang Katolik disebuah tempat
- Kelompok
yang menyanyikan lagu-lagu Gereja
Kelompok Koor juga merupakan persekutuan yang seharusnya
bercermin pada persekutuan murid-murid Yesus (Kis. 2:41-47) yang seharusnya
ditunjukkan dengan perilaku seperti...........
- Pasrah
kepada anggota yang lain karena sadar bahwa dirinya tidak mampu
- Saling menerima kelebihan dan kekurangan sesama anggota
- Mengikuti
latihan koor apabila lagunya adalah lagu yang disenangi
- Berani
mengkritik anggota lain yang melakukan kesalahan
Apabila kita hidup dalam persekutuan dilingkungan , maka
jelas kita harus mengupayakan agar cara-cara hidup Gereja perdana (Kis. 2 :41-47) juga menjadi cara hidup
persekutuan kita dilingkungan antara lain dengan menunjukkan sikap
................
- Mengikuti Misa lingkungan yang diadakan rutin tiap
bulan sekali
- Rajin
membicarakan anggota lingkungan yang tidak aktif
- Percaya
sepenuhnya kepada ketua lingkungan untuk maju mundurnya lingkungan
- Mendaftarkan kepada ketua lingkungan agar dicatat menjadi anggota lingkungan sudah cukup
Definisi mengenai Gereja yang lengkap
hampir tidak mungkin kita rumuskan, sebab Gereja bukanlah benda mati melainkan
dinamis. Dibawah ini adalah makna gambaran Gereja menurut Kitab suci dan ajaran
Gereja yakni “Gereja sebagai Umat Allah”
adalah. ...
A. Gereja adalah kumpulan umat Allah yang mempunyai relasi dekat dengan
Allah
B.
Gereja
terdiri dari banyak anggota tetapi satu tubuh dihidupi oleh Roh yang sama
C.
Gereja
sebagai tempat Allah dengan manusia bertemu secara pribadi
D.
Gereja
mencari dan menemukan Allah walaupun Allah sendiri sudah menyatakan Diri
Konsili Vatikan ke II mengemukakan
gambaran Gereja Dimana didalamnya terdapat keanekaragaman anggotanya dan banyak
hal, dan keanekaragaman tersebut justru mempersatukan para anggotanya untuk
saling berbagi,saling melayani. Roh kudus tinggal dihati umat beriman.
Pernyataan diatas merupakan Gambaran Gereja.......
A.
Gereja
sebagai persekutuan para kudus
B.
Gereja
sebagai misteri dan sakramen
C.
Gereja sebagai
communio
D.
Gereja
sebagai tubuh Kristus
Dalam rumusan Syahadat (Doa Aku
Percaya) terkandung kurang lebih empat pengakuan terhadap empat sifat Gereja
sebagai paguyuban dan tidak bisa dipisahka satu dengan yang lain. Gereja
sebagai Bhineka tunggal Ika, yakni kesatuan Iman, dalam keragaman cara ungkap
dan perwujudanya. Pengertian tersebut merupakan pengertian ciri .....
A.
Gereja
yang kudus
B.
Gereja
yang Katolik
C.
Gereja
yang apostolik
D. Gereja yang Satu
Gereja menjadi perwujudan kehendak
Allah yang maha Kudus yang bersatu dan mempersatukan manusia dalam
kekudusanNya. Pernyataan tersebut merupakan pengertian Ciri .......
A.
Gereja
Yang Apostolik
B. Gereja yang Kudus
C.
Gereja
yang Katolik
D.
Gereja
yang satu
Beberapa ciri Gereja sebagai
paguyuban diantaranya adalah “GEREJA
YANG KATOLIK”. Dibawah ini makna ciri Gereja yang Katolik adalah....
A.
kesatuan
Iman, dalam keragaman cara ungkap dan perwujudanya. Pengertian tersebut
merupakan
B.
perwujudan
kehendak Allah yang maha Kudus yang bersatu dan mempersatukan manusia dalam
kekudusanNya
C. Bersifat terbuka bagi dunia tidak terbatas pada tempat tertentu
,bangsa, golongan masyarakat tertentu.
D.
keanekaragaman
anggotanya dan banyak hal, dan keanekaragaman tersebut justru mempersatukan
para anggotanya untuk saling berbagi,saling melayani
Selain Ciri Gereja sebagai paguyuban
yang satu, kudus, katolik masih ada satu ciri lagi yakni “GEREJA YANG
APOSTOLIK” yang berarti...........
A. Memiliki jiwa dan semangat seperti Gereja perdana, yakni Gereja para
Rasul
B.
perwujudan
kehendak Allah yang maha Kudus yang bersatu dan mempersatukan manusia dalam
kekudusanNya
C.
keanekaragaman
anggotanya dan banyak hal, dan keanekaragaman tersebut justru mempersatukan
para anggotanya untuk saling berbagi,saling melayani
D.
Bersifat
terbuka bagi dunia tidak terbatas pada tempat tertentu ,bangsa, golongan
masyarakat tertentu.
Yesus mendirikan Gereja dengan
memilih dan mengutus para rasul. Para pengganti
mereka yakni para Uskup untuk menjadi gembala dalam GerejaNya (Kis
20:28). Yang selanjutnya terbentuklah tata susunan kepemimpinan dalam gereja
disebut....
A.
Katolik
B.
Apostolik
C.
Hierarki
D.
Unsur
Gereja
Ia adalah pengganti Rasul Petrus
sebagai ketua/kepala para Rasul menjadi ketua para Uskup. Uraian jabatan
kepemimpinan dan tugas diatas menjadi tugas dan jabatan....
A.
Uskup
B.
Imam
C.
Diakon
D. Paus
Bukanlah
tingkatan atau fungsi khusus dalam hierarki, mereka adalah uskup yang diangkat
oleh Paus dan mendapatkan tugas wewenang untuk memilih Paus baru. Uraian tugas
diatas dimiliki oleh....
A.
Bruder
B. Kardinal
C.
Diakon
D.
Imam
Mereka ambil bagian dalam
kepemimpinan Uskup dalam melayani umat, melaksanakan tugas kepemimpinannya
tergantung pada Uskup. Uraian Tugas dan jabatan diatas dimiliki oleh....
A.
Uskup
B.
Paus
C. Imam
D.
Diakon
dan Kardinal
Biarawan dan biarawati mengikrarkan
tiga kaul sesuai dengan nasihat Injil , Dengan mengikrarkan ketiga kaul
tersebut mereka hendak mengatasi ketiga pokok godaan yakni godaan daging,
keinginan mata, keangkuhan hidup (1 Yoh 2:16). Dibawah ini tidak termasuk tiga
kaul yang diikrarka oleh biarawan dan biarawati adalah...
A. Kaul bakti
B.
Kaul
kemiskinan
C.
Kaul
Keperawanan
D.
Kaul
Ketaatan
Dalam Gereja kita dapat
mnjumpai dan mengenal seorang Imam atau Pastur. Dibawah ini sikap yang benar seorang Imam atau
Pastur adalah............
- Menguasai
seluruh tugas yang ada
- Menggembalakan, melayani secara
bertanggungjawab
- Menampilkan
perilaku yang terpuji pada hari Minggu
- Bersikap
keras agar disegani oleh umat
Puncak kesetiaan Maria pada puteranya Yesus Kristus
terbukti dalam.................
- Mengasuh
dan membesarkan Yesus
- Selalu
mengikuti kemanapun Yesus pergi
- Menyertai kesengsaraan jalan salib Yesus sampai
wafatNya
- Melakukan
kehendak Yesus tanpa mengeluh
Selain Imam kita juga mengenal kaum awam dalam Gereja.
Sikap dan perilaku yang baik sebagai kaum awam dapat kita tunjukkan
dengan............
- Cukup
dengan mengikuti perayaan Ekaristi pada hari Minggu
- Ikut bertanggungjawab pada perkembangan Gereja
- Memberikan
kolekte pada hari Minggu
- Mengaku
dosa sekurang-kurangnya setahun sekali
Yesus mengutus murid-muridNya dengan
tujuan............................
- Sebanyak
mingkin orang terlibat dalam karyaNya
- Beban dan
tanggungjawab Yesus menjadi ringan
- Kabar gembira yang dibawaNya diketahui semua orang
- Orang
percaya bahwa pewartaan itu membawa keselamatan
Biarawan-Biarawati yaitu mereka yang hidupnya dibaktikan
sepenuhnya bagi pewartaan kabar gembira dengan cara seperti dibawah ini
kecuali...................
- Pelayanan
lewat pendidikan
- Pelayanan
lewat bidang Medis
- Pelayanan
pada rumah-rumah retret
- Pelayanan lewat bidang politik
Sikap
yang benar sebagai anggota Gereja berdasarkan Teks Rom.12:4-5 “Sebab sama
seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua
anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak,
adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota
yang seorang terhadap yang lain.”
adalah.............
- Bertugas
menjadi Putra Altar
- Menjalankan
tugas masing-masing sesuai dengan kepentingannya
- Menjalankan fungsi sesuai dengan kemampuan yang
dimiliki
- Membicarakan
umat lain yang tidak aktif mengikuti kegiatan menggereja
Dalam mengkomunikasikan isi hatinya
kepada orang lain baik secara pribadi maupun kelompok manusia selain
menggunakan kata-kata juga menggunakan tanda, sarana, lambang atau simbol agar
maksud yang hendak disampaikan semakin jelas. Hal demikian membuktikan bahwa
manusia adalah makhluk......
A.
Sosial
B.
Ekspresif
C.
Peduli
D.
Unggul
Makna Sakramen atau Sacramentum
adalah........
A.
Tanda sekaligus sarana yang
mengungkapkan karya penyelamatan allah bagi manusia
B.
Tanda
dan sarana persatuan mesra dengan Allah dan kesatuan seluruh umat manusia
C.
Peristiwa
yang terjadi di Gereja dan mengungkapkan karya penyelamatan Allah
D.
Gereja
adalah cara Allah mengkomunikasikan rencana dan kehendakNya kepada manusia
. Cara manusia mengkomunikasikan
dirinya kepada orang lain rupanya menjadi cara Allah mengkomunikasikan rencana
dan kehendakNya kepada manusia. Melalui
sabda dan tindakan Yesus menunjukkan Yesus adalah tanda dan sarana kehadiran
Allah yang menyelamatkan. Dengan demikian Yesus disebut.......
A.
Sakramen
Agung
B. Sakramen Dasar
C.
Sakramen
Umat manusia
D.
Sakramen
Yesus Kristus
. Gereja sebagai tanda dan sarana
penyelamatan manusia, juga sering disebut sakramen keselamatan. Berdasarkan
uraian diatas yang dimaksud Gereja sebagai Sakramen keselamatan adalah.........
A.
Tanda
dan sarana persatuan mesra dengan Allah dan kesatuan seluruh umat manusia
B.
Melalui sabda dan tindakan Yesus menunjukan
Yesus adalah tanda dan sarana kehadiran Allah
C. Peristiwa yang terjadi di Gereja dan mengungkapkan karya
penyelamatan Allah
D.
Gereja
adalah cara Allah mengkomunikasikan rencana dan kehendakNya kepada manusia
. Dalam inisiasi Kristen dikenal
beberapa tahap dan masa, diantaranya akan dilalui masa pengajaran dan pembinaan
serta latihan hidup dalam jemaat dan diakhiri dengan upacara tahap pengukuhan.
Masa dengan tujuan yang sudah diuraikan diatas disebut masa....
A. Masa Mistagogi
B. Masa Persiapan Terakhir
C. Masa Pra katekumenat
D.
Masa Katekumenat
Berdasarkan Kitab Suci asal mula
pembaptisan juga memperlihatkan praktek terutama baptis bayi, maka kemudian
Gereja mempraktekkan pembaptisan atas bayi-bayi
walaupun terjadi perubahan cara pembaptisan yaitu dengan menuangkan air.
Teks Luk 18:16, salah satu teks yang menjadi dasar atas pembaptisan bayi yang
berbunyi....
A. Pada jam itu juga kepala penjara itu
membawa keluarganya untuk dibaptis
B. Biarkanlah anak-anak datang kepadaku jagan kamu halang-halangi sebab
mereka empunya Kerajaan Allah
C. Sesudah dibaptis bersama-sama dengan
seisi rumahnya ia mengajak
D. Kepadaku telah diberi kuasa disurga
dan dibumi, karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKU
Dibawah ini yang bukan merupakan
makna dari sakramen baptis yang sudah kita terima adalah.....
A. Mendapatkan pengampunan dosa baik
dosa asal maupun siksa-siksa dosa
B.
Tergabung secara tidak sah
menjadi anggota Gereja dan belum terbuka peluang untuk mendapatkan tugas
penting
C. Menjadi ciptaan baru dan dilantik
menjadi anak Allah dan mengambil bagian dalam kodrat Ilahi
D. Dimateraikan secara kekal dengan
materai rohani yang tidak dapat terhapuskan, ia termasuk bilangan Kristus
Dalam menyalurkan berkat keselamatan
kepada semua orang, maka Gereja melaksanakan tugas tersebut melalui tujuh sakaramen (Sakramen dalam Gereja Katolik). Setiap
Sakramen memiliki Forma dan Materia masing masing. Salah satu forma dari
ketujuh sakramen tersebut adalah sebagai berikut : “ ....engkau dalam nama Bapa
Putra dan Roh Kudus. Amin”. Rumusan yang tepat
untuk melengkapi Forma diatas adalah...
A. “ Aku menumpangkan tangan...”
B. “ Aku mencurahkan Roh Kudus...”
C.
“ Aku membaptis ...”
D. “ Aku menerimakan sakramen Krisma
kepada...”
Dalam Praktek pembaptisan yang
dilakukan Gereja Katolik kita
mengenal beberapa bentuk pembaptisan. Diantara beberapa bentuk
pembaptisan ada seseorang yang rindu menerima pembaptisan, tetapi meninggal
dunia sebelum menerimanya. Pembaptisan tersebut dikenal dengan bentuk
pembaptisan....
A. Baptis dengan percikan air
B. Baptisan dengan penenggelaman
C. Baptis dengan darah (martir)
D.
Baptis dengan
kerinduan
Dalam inisiasi Kristen dikenal
beberapa tahap dan masa, diantaranya akan dilalui masa dimana motivasi calon
dimurnikan dan diakhiri dengan upacara tahap pengukuhan. Masa dengan tujuan
yang sudah diuraikan diatas disebut masa....
A. Masa Mistagogi
B. Masa Persiapan terakhir
C. Masa Prakatekumenat
D.
Masa Katekumenat
Dalam inisiasi Kristen dikenal
beberapa tahap dan masa, diantaranya akan dilalui masa pembinaan lanjutan
setelah seseorang menerima sakramen inisiasi (dalam arti Khusus) dan pembinaan
lanjutan bagi setiap orang yang sudah menerima sakramen inisiasi (dalam arti
umum). Masa dengan tujuan yang sudah diuraikan diatas disebut masa....
A. Masa Mistagogi
B. Masa Persiapan terakhir
C. Masa Prakatekumenat
D. Masa Katekumenat
Gereja adalah persekutuan orang-orang
yang beriman kepada Tuhan Yesus Kristus. Yang menjadi dasar lahirnya Gereja
adalah ….
A. peristiwa Natal
B. peristiwa Paskah
C. peristiwa Pentakosta
D. peristiwa Pondok Daun
Menurut santo Paulus dalam suratnya
yang 1 kepada jemaat di Korintus (1 Kor 12:12-14) mengatakan “Karena sama seperti tubuh itu satu dan
anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan
satu tubuh, demikian pula Kristus. Sebab dalam satu roh kita semua baik orang
yahudi, maupun orang yunani, baik budak, majpun orang merdeka, telah diaptis
menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minumm dari satu roh. Karena tubuh
juga tidak terdiri dari satu anggota tetapi atas banyak anggota.
Hubungan
saya dengan orang lain dan dengan Yesus Kristus digambarkan seperti ….
A. anggota dalam satu tubuh, dimana Yesus sebagai jiwanya
B. anggota dalam satu tubuh, dimana Yesus sebagai nyawanya
C. anggota dalam satu tubuh, dimana Yesus sebagai kepalanya
D. anggota dalam satu tubuh, dimana Yesus sebagai pengaturnya
Yang tidak termasuk kegiatan yang
dilakukan para rasul dalam kehidupan Gereja perdana dalam teks Kis 2:41-47
adalah ….
A. berkumpul memecah roti dan berdoa
B. bertekun dalam pengajaran para rasul
C. berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah
D. melakukan ziarah dan devosi kepada Maria
Sakramen memiliki tiga aspek, yaitu
….
A. Ilahi, sosial dan teologi
B. Ilahi, sosial dan jemaat
C. Ilahi, sosial dan personal
D. Ilahi, personal dan manusiawi
Dibawah ini adalah contoh tindakan
seorang pelajar katolik yang sudah dibaptis, yaitu ….
A. sering kolekte
B. menjadi orang suci
C. rajin mengikuti ekaristi
D. belajar tekun dan tanggung jawab
Orang yang sudah dibaptis mendapat
tugas perutusan. Tugas perutusan itu adalah ….
A.
menjadi
misionaris
B.
menjadi
guru agama
C.
terlibat
aktif dalam kepengurusan
D. mewartakan
kabar gembira dimana saja
Aku sebagai anggota putra altar atau
misdinar bentuk ungkapan dan tanggung jawab sebagai murid Yesus Kristus adalah
….
A. menyisihkan dana untuk organisasi
B. mengajak anggota berdoa bersama
C. menawarkan diri sebagai pengurus misdinar
D. menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab
. Alasan sakramen disebut tanda lahir
dari kehadiran cinta kasih Allah yang menyelamatkan karena
….
A. bisa didoakan dengan kata
B. bisa dinalar dengan pikiran
C. bisa direfleksikan dengan hati
D. bisa dilihat melalui simbol-simbol
Kis 2: 41-47 memberi gambaran
kehidupan jemaat perdana, yang disebut jemaat perdana ialah ….
A. orang kristen di Yerusalem pada jaman para rasul
B. persekutuan murid-murid Yesus jaman dahulu
C. orang kristen yang pertama menerima baptis
D. 12 orang rasul Yesus
Gereja Perdana sebagai persekutuan
memiliki cara hidup yang khas. Pernyataan berikut yang tidak menunjukkan
ciri-ciri Gereja sebagai persekutuan berdasarkan Kis 2:41-47 adalah
….
A. doa dan ibadat bersama
B. kegembiraan dan ketulusan
C. tekun dalam pengajaran para rasul
D. anggotanya adalah orang terpandang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar