Pawitikra CATHOLIC Students: Minggu Biasa Pekan VII

WELCOME & GOD BLESS YOU ALWAYS

Selamat Datang di Blog ini bersama R. Slamet Widiantono ------**------ TUHAN MEMBERKATI -----* KASIH ITU MEMBERIKAN DIRI BAGI SESAMA -----* JANGAN LUPA BAHAGIA -----* TERUS BERPIKIR POSITIF -----* SALAM DOA -----* slammy

Sabtu, 19 Februari 2022

Minggu Biasa Pekan VII

BACAAN I 
1Sam 26:2
Lalu berkemaslah Saul dan turun ke padang gurun Zif dengan tiga ribu orang yang terpilih dari orang Israel untuk mencari Daud di padang gurun Zif.

1Sam 26:7
Datanglah Daud dengan Abisai kepada rakyat itu pada waktu malam, dan tampaklah di sana Saul berbaring tidur di tengah-tengah perkemahan, dengan tombaknya terpancung di tanah pada sebelah kepalanya, sedang Abner dan rakyat itu berbaring sekelilingnya.

1Sam 26:8
Lalu berkatalah Abisai kepada Daud: "Pada hari ini Allah telah menyerahkan musuhmu ke dalam tanganmu, oleh sebab itu izinkanlah kiranya aku menancapkan dia ke tanah dengan tombak ini, dengan satu tikaman saja, tidak usah dia kutancapkan dua kali."

1Sam 26:9
Tetapi kata Daud kepada Abisai: "Jangan musnahkan dia, sebab siapakah yang dapat menjamah orang yang diurapi TUHAN, dan bebas dari hukuman?"

1Sam 26:12
Kemudian Daud mengambil tombak dan kendi itu dari sebelah kepala Saul, lalu mereka pergi. Tidak ada yang melihatnya, tidak ada yang mengetahuinya, tidak ada yang terbangun, sebab sekaliannya tidur, karena TUHAN membuat mereka tidur nyenyak.
1Sam 26:13
Setelah Daud sampai ke seberang, berdirilah ia jauh-jauh di puncak gunung, sehingga ada jarak yang besar antara mereka.
1Sam 26:22 
Tetapi Daud menjawab: "Inilah tombak itu, ya tuanku raja! Baiklah salah seorang dari orang-orangmu menyeberang untuk mengambilnya.

1Sam 26:23
TUHAN akan membalas kebenaran dan kesetiaan setiap orang, sebab TUHAN menyerahkan engkau pada hari ini ke dalam tanganku, tetapi aku tidak mau menjamah orang yang diurapi TUHAN.


BACAAN II

1Kor 15:45Seperti ada tertulis: "Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup", tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan.

1Kor 15:46Tetapi yang mula-mula datang bukanlah yang rohaniah, tetapi yang alamiah; kemudian barulah datang yang rohaniah.

1Kor 15:47Manusia pertama berasal dari debu tanah dan bersifat jasmani, manusia kedua berasal dari sorga.

1Kor 15:48Makhluk-makhluk alamiah sama dengan dia yang berasal dari debu tanah dan makhluk-makhluk sorgawi sama dengan Dia yang berasal dari sorga.

1Kor 15:49Sama seperti kita telah memakai rupa dari yang alamiah, demikian pula kita akan memakai rupa dari yang sorgawi.


MAZMUR

Mzm 103:1Dari Daud. Pujilah TUHAN, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku!

Mzm 103:2Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!


Mzm 103:3Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu,

Mzm 103:4Dia yang menebus hidupmu dari lobang kubur, yang memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat,


Mzm 103:8TUHAN adalah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih setia.


Mzm 103:10Tidak dilakukan-Nya kepada kita setimpal dengan dosa kita, dan tidak dibalas-Nya kepada kita setimpal dengan kesalahan kita,


Mzm 103:12sejauh timur dari barat, demikian dijauhkan-Nya dari pada kita pelanggaran kita.

Mzm 103:13Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian TUHAN sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia.


BACAAN INJIL

Luk 6:27"Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu;

Luk 6:28mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu.

Luk 6:29Barangsiapa menampar pipimu yang satu, berikanlah juga kepadanya pipimu yang lain, dan barangsiapa yang mengambil jubahmu, biarkan juga ia mengambil bajumu.

Luk 6:30Berilah kepada setiap orang yang meminta kepadamu; dan janganlah meminta kembali kepada orang yang mengambil kepunyaanmu.

Luk 6:31Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka.

Luk 6:32Dan jikalau kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah jasamu? Karena orang-orang berdosapun mengasihi juga orang-orang yang mengasihi mereka.

Luk 6:33Sebab jikalau kamu berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepada kamu, apakah jasamu? Orang-orang berdosapun berbuat demikian.

Luk 6:34Dan jikalau kamu meminjamkan sesuatu kepada orang, karena kamu berharap akan menerima sesuatu dari padanya, apakah jasamu? Orang-orang berdosapun meminjamkan kepada orang-orang berdosa, supaya mereka menerima kembali sama banyak.

Luk 6:35Tetapi kamu, kasihilah musuhmu dan berbuatlah baik kepada mereka dan pinjamkan dengan tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan menjadi anak-anak Allah Yang Mahatinggi, sebab Ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat.

Luk 6:36Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati."

Luk 6:37"Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni.

Luk 6:38Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu."

 Refleksi diri untuk kita

  1. Apakah kita memiliki musuh? Pernahkah kita mendoakannya? atau malahan sampai saat ini kita mempunyai dendam?
  2. Adakah yang membenci kita? Pernah berdoa untuk orang membenci kita?
  3. Pernahkah kita mengalami memberikan yang kita miliki tanpa mengharapkan upah? atau mengambil dari kepunyaan kita tanpa mengharapkan kembali?

Semoga kita menjadi orang-orang MURAH HATI!

GOD BLESS 

 

13 komentar:

  1. Fabiola Anenina Karissa 8F/14

    Refleksi untuk diri kita:
    1. Tidak, saya belum pernah mempunyai musuh.
    2. Ada. Pernah, tetapi belum sering.
    3. Pernah, tetapi tidak sering.

    GBU

    BalasHapus
  2. 1. Pernah, tapi saya malah mendoakannya supaya ke depannya ia menjadi lebih baik, dan doa itu dikabulkan

    2. Pernah, sama seperti musuh, saya mendoakan dia

    3. Sering, saya memberikan sesuatu tanpa ada rasa mengharapkan upah

    BalasHapus
  3. Refleksi untuk diri kita sendiri

    1. Apakah kita memiliki musuh? Ya aku mempunyai musuh. Dahulu aku sering sekali dendam dengan dua karena dari dulu SD kelas 2 sampai kelas 5 aku dan dia memang terkenal bermusuhan walau nama kamu mirip aku Alvino dia Elvido. Namun, setelah kelas 6 sampai sekarang aku malahan sudah memaafkan semua kesalahannya dan aku juga meminta maaf atas kesalahan yang aku buat, kami juga saling mendoakan supaya selalu sehat dan tetap terjaga hubungan pertemanan.

    2. Untuk masalah membenci ada dari dulu sampai aku sekarang SMP ini. Namun di SMP ini hanya satu dua orang yang membenci aku, tapi bukan teman sekelas. Aku hanya berdoa saja supaya dia tidak lagi membenci aku.

    3. Pernah saja karena pada saat itu yang aku beri adalah saudara sendiri. Pada saat itu keluarganya bisa dibilang kekurangan. Jadi karena saudara ku itu tidak mempunyai baju yang cukup, aku mengumpulkan baju lamaku yang masih layak dipakai dan aku beri kepadanya

    BalasHapus
  4. 1. Tidak, saya tidak pernah punya musuh
    2. Pernah, dan saya mendoakannya supaya menjadi orang yang lebih baik lagi
    3. Pernah, agak sering..

    Kivan_7G

    BalasHapus
  5. 1.Aku tidak pernah memiliki musuh, tetapi aku pernah membenci seseorang karena ada hal hal tertentu,walau begitu aku sempat mendoakan nya supaya aku dan dia dekat selalu.Sampai saat ini aku tidak memiliki dendam dengan orang
    2.pasti ada orang yang membenci aku tetapi aku tidak tau orang nya,walau begitu aku berharap orang yang membenci aku segera memaafkan aku,aku juga ingin berdoa supaya dia baik dengan ku
    3. Pernah saja, saat teman ku sangat membutuhkan air minum aku memberi nya dengan iklas padahal dia ingin membayar dengan uang,tetapi aku lebih memilih untuk tidak menerima uang tersebut

    BalasHapus
  6. Maria Clara Naya Nareswari20 Februari 2022 pukul 23.18

    Maria Clara Naya Nareswari 7J/23

    Refleksi untuk diri kita:
    1. Pernah, tapi saya mendoakan dia agar kedepannya menjadi lebih baik
    2. Ada. Pernah, saya mendoakannya
    3. Pernah, saya membantu tanpa mengharapkan imbalan

    BalasHapus
  7. Mikhael Risang Timur Wicaksana 7I/16

    Refleksi untuk hari ini:
    1. Pernah, dan saya mendoakanya.
    2. Ada, saya pernah mendoakanya.
    3. Pernah, saya membantu orang lain tanpa mengharapkan imbalan.

    BalasHapus
  8. Kirani Larasati 7I/14

    Refleksi untuk diri kita :
    1. Saya tidak pernah memiliki musuh. Tapi saya pernah membenci seseorang karena sesuatu hal.
    2. tidak ada yang membenci saya
    3. Pernah

    BalasHapus
  9. Faustina Edita Apriliana 71/09

    Refleksi untuk diri kita :
    1. Tidak, saya belum mempunyai musuh.
    2. Ada, saya pernah mendoakan.
    3. Pernah.

    BalasHapus
  10. F.X. Bimo Adi W. 7I/10

    Refleksi untuk hari ini:
    1. Pernah, dan aku mendoakannya
    2. Pernah, iya
    3. Pernah

    BalasHapus
  11. Gabriela Widya Pratistha Danarta

    Refleksi
    1. Tidak, saya tidak memilikinya
    2. Ada, iya saya mendoakannya
    3. Pernah

    BalasHapus
  12. Maria Christa Ruby Budisantosa/8E/19

    Refleksi:
    1. Tidak, saya belum pernah menganggap seseorang adalah musuh bagi saya.
    2. Ada, orang itu sering saya doakan agar dia selalu bahagia dan bisa berbaikan dengan saya.
    3. Pernah

    Tuhan Memberkati🙏

    BalasHapus
  13. Refleksi

    1.Tidak,dan jika memiliki saya kan mendoakannya.
    2.Ada, saya mendoakannya agar Ia dapat merubah sikapnya
    3.Pernah


    Marvel/8E

    GOD BLESS

    BalasHapus