Pawitikra CATHOLIC Students: Berteman

WELCOME & GOD BLESS YOU ALWAYS

Selamat Datang di Blog ini bersama R. Slamet Widiantono ------**------ TUHAN MEMBERKATI -----* KASIH ITU MEMBERIKAN DIRI BAGI SESAMA -----* JANGAN LUPA BAHAGIA -----* TERUS BERPIKIR POSITIF -----* SALAM DOA -----* slammy

Rabu, 02 November 2022

Berteman

 

  • “Tak kenal maka tak sayang”. Artinya, seseorang yang hidup hendaknya berteman, berelasi pada sesamanya agar dapat saling mengerti dan memahami sehingga memungkinkan timbulnya rasa kasih sayang yang mendalam dan murni.
  • Berteman dapat diartikan sebagai hubungan atau relasi, dimana terjadi antara dua orang atau lebih, baik itu seorang anak laki-laki dengan lawan jenisnya maupun dengan sejenisnya yang mempunyai tujuan untuk bersosialisasi ataupun untuk mencapai sesuatu yang mau dicapai bersama.
  • Di dalam berteman kita dapat menemukan ciri-ciri nya yaitu: ada relasi/hubungan timbal balik di antara kita semua yang menjalin pertemanan. Hubungan pertemanan dapat sebatas pada teman sepermainan, berusaha tidak saling mengecewakan, teman belajar.
  • Dalam proses berteman itu, tidak semuanya dapat berjalan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan. Beberapa hal yang dapat menjadi hambatan dalam berteman antara lain: Egois, acuh tak acuh, munafik, kurang peka akan kebutuhan orang lain, pergaulan yang kurang luas, kurang mendapatkan perhatian sehingga tidak dapat memberi perhatian.
  • Ternyata untuk mengusahakan pertemanan yang indah, menggembirakan dan saling mengembangkan bukanlah hal yang mudah. Perlu ada usaha-usaha nyata untuk dapat menggapainya.
  • Santo Paulus, dalam suratnya kepada jemaat di Filipi (Fil 2:1-8) secara gamblang menjelaskan kepada kita tentang bagaimana hendaknya kita mengambil sikap dalam relasi/pertemanan dengan orang lain. “…hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan, dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia.” (Fil 2: 2). Demikian pula dalam ayat berikutnya, Santo Paulus tetap dan senantiasa menasihatkan agar dalam membangun relasi dengan sesama (berteman) hendaknya menempatkan orang lain yang utama dari pada kepentingan diri sendiri.
  • Berdasarkan nasihat Santo Paulus, sikap yang perlu diusahakan untuk dikembangkan agar pertemanan kita menjadi indah dan menggembirakan antara lain: sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan, dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia, dan juga dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri.

14 komentar:

  1. saya menganggap teman teman saya sebagai keluarga. teman yang baik menurut saya adalah teman yang bisa saling melengkapi 1 sama lain. saya merasa sudah menjadi teman yang baik bagi orang lain. cika 7a/8

    BalasHapus
  2. 1.Teman adalah tempat cerita ku sehari-hari
    2.Teman yang baik menurutku yang mau menerima kita apa adanya dan walaupun kita sedang susah teman kita tetap menemani.
    3.Sudah

    BalasHapus
  3. 1. Teman bagiku adalah teman main.
    2. Teman yang baik bagiku adalah orang yang selalu aku ajak untuk bermain/bercanda.
    3. Ya, saya membantu teman saat susah.
    4. Riel, Nicho, Reyhan.
    5. Saat bermain bersama.

    BalasHapus
  4. Saya menganggap teman saya seperti saudara saya sendiri. Teman yang baik menurut saya ada selalu setia di masa apapun dan selalu bersama sama .sudah ,selalu setia menemani nya. Ela, Sandra,Syifa,Kimora dll , selalu bermain bersama - sama.Helena /7A

    BalasHapus
  5. teman yang baik selama saya kenal adalah anin dan corin. pengalaman yang mengesankan saat bermain bersama. cika 7a/8

    BalasHapus
  6. 4. Teman baik ku adalah Anin, Cika, ela, devina, syifa, helen, dan masih banyak lagi
    5. Saat bermain di kelas

    BalasHapus
  7. 1. pengalaman berteman selama ini:
    -saya menganggap teman sebagai teman saat saya sendiri. teman bercanda, teman belajar
    2. teman yang baik menurut saya:
    -selalu mengingkatkan satu sama lain
    -menjaga perasaan orang lain saat berbicara
    3.sudahkah saya menjadi teman yang baik?
    -sudah, contohnya saya selalu memdengarkan saat teman berbicara, saling berbagi cerita.
    4. teman yang baik bagi saya:
    -stella,kimora,dll
    5. pengalaman yang paling menarik saat berteman:
    - saat berbagi cerita satu sama lain

    mita 7A/26

    BalasHapus
  8. Saya menganggap teman sebagai teman main dan bisa menjadi tempat bercerita
    Teman yang baik adalah teman yang bisa menghibur saat sedih, teman yang bisa diajak main mengobrol dan bisa saling melengkapi.
    Saya sudah menjadi teman yang baik contoh nya: membelikan makanan teman.
    Teman yang baik selama ini corin,devina,syifa,cika
    Pengalaman yg menarik saat berteman adalah saat main. Anin/7

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 Teman itu seseorang yang bisa menemani saat apapun yang terjadi
      Suka dan duka pun selalu ada
      2 teman yang baik itu suka berbagi, menemani, baik, dan ramah pada sesama
      3 aku bisa menjadi teman baik dan ramah
      4 aku teman yang baik dan ramah
      5 teman terbaik ku adalah
      A.indra(7G)
      B.bima(teman SD)
      C.zeth(teman SD)
      6.pengalaman teman terbaik saat saya ditempat makan Popeye yang sekarang berubah nama jadi Aladin, saya banyak menemukan teman disana sampai sampai saya lupa namanya

      Hapus
  9. Saya menganggap teman sebagai teman main,curhan
    2.Tidak munafik
    3.belum,wujudnya belum bisa mendukung
    4.Tidak

    BalasHapus
  10. 1.-Gracia
    -Ester
    -Lintang
    -Visia
    2.Teman yg jujur

    BalasHapus
  11. 1.Saya menganggap teman saya adalah teman yang seumuran dan sebagai tempat untuk bercerita untuk menemani pada saat aku sendiri. Yg selalu mendengarkan ceritaku. Teman saya yg baik selama ini adalah Evan, Fitri, Syifa
    2. Menurutku teman yg baik itu adalah tidak munafik, saling terbuka, tolong menolong 1 sama lain, memiliki kesabaran dan mempunyai sifat yg positif, jika ada waktu kita melakukan kegiatan bersama sama
    3. Sudah, aku sudah banyak mendengar cerita mereka, kita selalu bersama setiap Sabtu kita kumpul, kita selalu bersama² melakukan suatu kegiatan
    4. Tidak ada
    5. Teman yg baik selama ini bagiku adalah:
    - Syifa
    - Fitri
    - Evan
    6. - bersepada bersama teman
    - bermain ke tempat wisata bersama
    - mengerjakan tugas bersama

    BalasHapus
  12. 1. Teman adalah orang yang melakukan interaksi sosial dengan saya, dan selalu bersama dengan saya
    2. Teman yang baik adalah teman yang selalu ada, tidak munafik, dan menerima saya apa adanya
    3. Menurut saya, saya sudah bisa menjadi "teman" yang baik, karena saya selalu menemani teman saya, dan memberi perhatian padanya
    4. Hal yang menghambat diriku dalam berteman adalah saya susah bersosialisasi sendiri, dan kurang percaya diri untuk memulai obrolan dengan orang baru
    5. Teman baik : Ayun, Ester, Grace, Carissa, Stella
    6 saat saya bisa tidur seharian

    BalasHapus