Pawitikra CATHOLIC Students

WELCOME & GOD BLESS YOU ALWAYS

Selamat Datang di Blog ini bersama R. Slamet Widiantono ------**------ TUHAN MEMBERKATI -----* KASIH ITU MEMBERIKAN DIRI BAGI SESAMA -----* JANGAN LUPA BAHAGIA -----* TERUS BERPIKIR POSITIF -----* SALAM DOA -----* slammy

Minggu, 14 Maret 2021

Kompetensi 8

 


Sebuah Acuan dalam berpijak untuk melangkah ke arah yang diharapkan sesuai Standar yang telah ditentukan sebagaimana menjadi sebuah tujuan dalam proses pembelajaran. **♰**

KOMPETENSI RELIGIUS
KOMPETENSI SOSIAL
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
1.1     Beriman akan  Yesus Kristus sebagai Allah yang menjelma menjadi manusia
1.2     Bersyukur  atas  nilai-nilai Kerajaan Allah yang diwartakan Yesus Kristus melalui sabda dan tindakan
1.3     Bersyukur atas panggilan dan perutusan Yesus Kristus untuk mewartakan Kerajaan Allah
1.4     Bersyukur pada Allah sebagai wujud penghayatan akanmakna sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus.
1.5     Percaya akan Roh Kudus sebagai daya hidup Gereja
1.6     Bersyukur atas kehadiran  Gereja sebagai Paguyuban umat beriman.
1.7     Bersyukur atasaneka pelayanan Gereja.
1.8     Bersyukur atas kehadiran  Gereja  sebagai tanda dan sarana keselamatan bagi semua orang.
1.9     Bersyukur atas  sakramen inisiasi dalam hidup menggereja.
1.10  Bersyukur atas sakramen tobat sebagai tanda dan sarana rekonsiliasi antara manusia dengan Allah dan sesama
1.11  Bersyukur atas sakramen pengurapan orang sakit sebagai wujud pendampingan Gereja terhadap orang yang menderita sakit.

2.1     Peduli pada sesama agar kehadirannya dapat dirasakan sebagai wujud Allah yang menjelma menjadi manusia.
2.2     Bertanggung jawab   mewujudkan nilai-nilai Kerajaan Allah melalui kata-kata dan perbuatan
2.3     Bertanggung jawab dalam menanggapi panggilan dan perutusan Yesus Kristus untuk mewartakan Kerajaan Allah.
2.4     Peduli pada sesama  untuk mewujudkan makna sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus sebagai puncak pewartaanNya.
2.5     Santun dalam kehidupan menggereja sebagai wujud karya Roh Kudus.
2.6     Peduli terhadap kegiatan Gereja sebagai paguyuban umat beriman.
2.7     Bertanggung jawab untuk terlibat  dalam aneka pelayanan Gereja
2.8     Peduli mewujudkan Gereja  sebagai tanda dan sarana keselamatan bagi semua orang.
2.9     Bertanggung jawab atas panggilan dan perutusan anggota Gereja  sebagai konsekuensi menerima sakramen inisiasi.
2.10  Disiplin merayakan sakramen tobat sebagai tanda dan sarana rekonsiliasi antara manusia dengan Allah dan sesama.
2.11  Peduli pada orang yang sakit.


KOMPETENSI PENGETAHUAN
KOMPETENSI KETRAMPILAN
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1.     Memahami ajaran Kitab Suci dan ajaran Gereja tentang makna Yesus Kristus sebagai Allah yang menjelma menjadi manusia
3.2.     Memahami tugas Yesus Kristus mewartakan Kerajaan Allah melalui sabda dan tindakan.
3.3.     Memahami  panggilan dan perutusan Yesus Kristus kepada murid-murid-Nya pada zaman sekarang demi mewujudkan Kerajaan Allah.
3.4.     Memahami maknaperistiwa sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus sebagai puncak pewartaan-Nya.
3.5.     Memahami peran Roh Kudus pada Gereja Perdana dan Gereja masa kini.
3.6.     Memahami makna Gereja sebagai paguyuban umat beriman
3.7.     Memahami aneka pelayanan Gereja.
3.8.     Memahami bahwa Gereja  adalah tanda dan sarana keselamatan bagi semua orang.
3.9.     Memahami ajaran Gereja tentang makna dan konsekuensi sakramen inisisasi dalam hidup menggereja.
3.10.  Memahami makna sakramen tobat sebagai tanda dan sarana d antara dirinya  dengan Allah dan sesama.
3.11.  Memahami  makna sakramen pengurapan orang sakit sebagai sarana gereja untuk mendampingi orang yang sakit.

4.1.   Melakukan aktivitas (misalnya menceritakan kembali/ menyusun doa/ puisi) yang berkaitan dengan peristiwa Allah yang menjelma menjadi manusia.
4.2.   Melakukan aktivitas (misalnya menceritakan pengalaman/ refleksi/ laporan pengalaman) yang berkaitan dengan keterlibatan dalam mewartakan Kerajaan Allah melalui kata-kata dan perbuatan
4.3.   Melakukan aktivitas (misalnya membuat refleksi/ membuat laporan) yang berkaitan dengan pengalaman meksanakan panggilan dan perutusan Yesus Kristus demi mewujudkan Kerajaan Allah.
4.4.   Melakukan aktivitas (misalnya membuat refleksi/ menyusun doa/ puisi/ ibadat) yang berkaitan dengan  maknaperistiwa sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus sebagai puncak pewartaanNya.
4.5.   Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa/ puisi/ membuat refleksi/ ibadat) yang berkaitan dengan peran Roh Kudus pada Gereja Perdana dan Gereja masa kini.
4.6.   Melakukan aktivitas (misalnya membuat refleksi/ menyusun doa/ puisi/ melakukan wawancara) berkaitan dengan makna Gereja sebagai paguyuban umat beriman.
4.7.   Melakukan aktivitas (misalnya aksi sosial/mengikuti kegiatan lingkungan/  menyumbang dana/menyusun doa/ wawancara) yang berkaitan dengan aneka pelayanan Gereja.
4.8.   Melakukan aktivitas (misalnya aksi sosial/mengikuti kegiatan lingkungan/  menyumbang dana/menyusun doa) untuk mewujudkan Gereja  sebagai  tanda dan sarana keselamatan bagi semua orang.
4.9.     Melakukan aktivitas (misalnya mempraktikkan/ mendramatisasikan/ membuat produk) yang berkaitan dengan tata cara penerimaan sakramen inisiasi.
4.10.  Melakukan aktivitas (misalnya mempraktikkan/ mendramatisasikan) yang berkaitan dengan tata cara pengakuan dosa.
4.11. Melakukan aktivitas (misalnya mengunjungi/ mendoakan/ menyusun doa) untuk orang yang sakit.

  1. YESUS SUNGGUH ALLAH SUNGGUH MANUSIA
  2. KERAJAAN ALLAH LEWAT SABDA DAN TINDAKAN
  3. PANGGILAN DAN PERUTUSAN
  4. SENGASARA WAFAT DAN BANGKIT
  5. ROH KUDUS
  6. Gereja sebagai Paguyuban
  7. Pelayanan Gereja
  8. Gereja dan Keselamatan yuk dilihat lebih dalam lagi
  9. Sakramen inisiasi
  10. Sakramen tobat  Bisa dicermati disini
  11. Sakramen pengurapan orang sakit


Kompetensi 7

  


Sebuah Acuan dalam berpijak untuk melangkah ke arah yang diharapkan sesuai Standar yang telah ditentukan sebagaimana menjadi sebuah tujuan dalam proses pembelajaran. **♰**

KOMPETENSI  RELIGIUS
KOMPETENSI SOSIAL
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
1.1.   Bersyukur karena dirinya diciptakan  sebagai citra Allah.
1.2.   Bersyukur kepada Allah atas kemampuan dan keterbatasan yang dimilikinya
1.3.   Bersyukur atas dirinya telah diciptakan sebagai laki-laki atau perempuan yang sederajat
1.4.   Bersyukur atas anugerah  seksualitas demi kehidupan bersama yang lebih baik.
1.5.   Bersyukur atas  peran keluarga, sekolah, Gereja dan masyarakat terhadap pengembangan dirinya
1.6.   Bersyukur atas  peran teman terhadap perkembangan dirinya
1.7.   Beriman akan Yesus yang telah mengajarkan sifat dan sikap  yang baik.
1.8.   Beriman akan Yesus yang memperjuangkan nilai-nilai Kerajaan Allah.
2.1. Percaya diri terhadap keunikan diri sebagai citra Allah.
2.2. Bertanggung jawab  mengembangkan  kemampuan dan mengatasi keterbatasan  dirinya.
2.3. Santun terhadap perempuan dan laki-laki sebagai ciptaan Tuhan yang sederajat.
2.4. Bertanggung jawab dalam mengembangkan  seksualitas  secara benar sebagai anugerah Allah.
2.5. Bertanggung jawab pada keluarga, sekolah, Gereja dan masyarakat  atas peran mereka terhadap pengembangan dirinya
2.6. Peduli pada peran teman terhadap perkembangan dirinya
2.7. Jujur  dalam meneladani berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus
2.8. Percaya diri dalam mewujudkan nilai-nilai Kerajaan Allah yang diperjuangan Yesus Kristus

KOMPETENSI PENGETAHUAN
KOMPETENSI KETRAMPILAN
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1.   Memahami keunikan diri sebagai citra Allah.
3.2.   Memahami  berbagai kemampuan dan keterbatasan dirinya.
3.3.   Memahami  sikap dan pandangan masyarakat tentang kesederajatan perempuan dan laki-laki
3.4.   Memahami  berbagai cara untuk mengembangkan seksualitas sebagai anugerah Allah demi kehidupan bersama
3.5.   Memahami peran keluarga, sekolah, Gereja dan masyarakat dalam mengembangkan dirinya
3.6.   Memahami peran teman terhadap perkembangan dirinya.
3.7.   Memahami  berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus yang patut diteladani.
3.8.   Memahami nilai-nilai Kerajaan Allah untuk mengembangkan hidup bersama.
4.1.   Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa/ membuat refleksi/ membuat puisi) yang mengungkapkan rasa  syukur atas  dirinya sebagai citra Allah.
4.2.   Menyusun rencana dan melaksanakan kegiatan untuk mengembangkan kemampuan dan mengatasi keterbatasan.
4.3.   Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa/ puisi/ refleksi/ kliping) tentang kesederajatan perempuan dan laki-laki dalam hidup sehari-hari.
4.4.   Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa/ puisi/ refleksi/ slogan) tentang mengembangkan seksualitas sebagai anugerah Allah demi kehidupan bersama yang lebih baik
4.5.   Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa/ puisi/ refleksi/ merencanakan suatu kegiatan) yang mengungkapkan rasa syukur atas peran keluarga, sekolah,Gereja dan masyarakat terhadap pengembangan dirinya
4.6.   Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa/ puisi/ refleksi) yang mengungkapkan rasa syukur atas peran teman terhadap perkembangan dirinya
4.7.   Merencanakan aktivitas/ kegiatan sebagai perwujudan meneladan berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus dalam kehidupan sehari-hari.
4.8.   Melakukan aktivitas (misalnya Menemukan dan menuliskan ayat-ayat Kitab Suci/ menghias ayat Kitab Suci/ membuat motto)  yang berhubungan dengan nilai-nilai Kerajaan Allah demi hidup bersama yang lebih baik


1. Keunikan diri sebagai citra Allah
2. Talenta, kemampuan dan keterbatasan
3. Kederajatan pria dan wanita
4. Rahmat Allah khusus seksualitas demi hidup bersama
5. Keluarga, Sekolah, Masyarakat, Gereja
6. Teman, Sahabat, Pacar
7. Karakter Yesus
8. Nilai Kerajaan Allah

Jadwal PTS SMPN N 5 YK

 


Selamat mengikuti dan berjuang melalui penilaian tengah semester ini 

Tuhan senantiasa memberkatimu.

Sertakan dan Sadarilah bahwa DIA selalu dan senantiasa menyertaimu di dalam segala proses perjalanan hidup untuk meraih masa depanmu

7 Lat Soal Katolik S 2.2

BELAJAR MENYELESAIKAN MASALAH


1. Yesus adalah pribadi pendoa, Dalam setiap doaNya Yesus mempersembahkan hidup dan karyaNya dalam rangka....
A. Mencari kenikmatan diri
B. Menemukan kepuasan rohani
C. Mentaati kehendak Allah Bapa
D. Menemukan popularitas diri

2. Yesus menasehati agar kita tidak berdoa seperti orang munafik. Hal yang tidak baik dari doa orang munafik yang tidak boleh ditiru adalah....
A. Rumusan doanya bagus
B. Waktunya tertib
C. Motivasinya untuk dipuji
D. Bajunya sopan dan menarik

3. Salah satu ajaran Yesus dalam berdoa adalah agar kita masuk ke dalam kamar dan menutup pintu, hal ini dimaksudkan bahwa dalam doa kita perlu....
A. Memiliki kamar doa sendiri
B. Menjauhkan diri dari banyak orang
C. Berdoa selalu di kamar khusus
D. Hening, memusatkan hati, pikiran kepada Tuhan

4. Pada saat menjelang penderitaanNya ,Yesus berdoa di taman Getsemane. Dia mengatakan:”Kalau mungkin biarlah cawan ini berlalu dari padaKu, bukan kehendakKu melainkan kehendakMu”. Istilah“Cawan” dalam hal ini dimaksudkan sebagai....
A. Penderitaan ,sengsara yang akan ditanggungNya
B. Kemuliaan sorgawi yang akan diterimaNya
C. Gereja yang akan didirikanNya
D. Tempat anggur sebagai lambang darahNya

5. Doa yang diajarkan oleh Yesus terkenal dengan doa....
A. Bapa Kami
B. Aku Percaya
C. Litani Yesus Kristus
D. Litani Orang Kudus

6. “Allah yang maha Rahim aku menyesal atas dosa-dosaku
……………………………………………
Dan berjanji dengan pertolongan rahmatMu
Hendak memperbaiki hidupku dan tidak berbuat dosa agi...”
Kutipan doa diatas merupakan bagian dari rumusan doa....
A. Kemuliaan
B. Syukur
C. Tobat
D. Cinta

7. Perhatikan kutipan berikut:
“ ...Kami memuji Dikau, kami meluhurkan Dikau, kami memuliakan Dikau...”
Kutipan di atas merupakan bagian dari doa....
A. Syukur
B. Tobat
C. Kemuliaan
D. Aku percaya

8. Doa yang tidak terdapat dalam doa Rosario adalah . . . .
A. Salam Maria
B. Tobat
C. Kemuliaan
D. Aku Percaya

9. Doa yang dilakukan 9 kali berturut-turut dengan waktu yg sama setiap kali berdoa disebut doa ....
A. Litani
B. Tobat
C. Novena
D. Rosario

10. Doa yang dilakukan setiap jam 6 pagi, jam 12 siang, jam 18 sore adalah . . . .
A. doa Malaikat Tuhan
B. doa Syahadat Para Rasul
C. doa Rosario
D. doa Novena atau Litani

11. Kekhasan Yesus dalam pengajaran tentang kasih adalah.... .
A. Kasih pada Allah tanpa sesama
B. Kasih pada sesama melampaui segalanya
C. Kasih pada Allah melalui peribadatan
D. Kasih pada Allah dinyatakan dalam kasih pada sesama

12. Yang menjadi tolok ukur kasih yang diajarkan Yesus adalah.... .
A. Kepentingan Allah
B. Kepentingan Gereja
C. Kepentingan diri sendiri
D. Kepentingan sesama/orang lain

13. Kasih Allah menjadi sangat nyata kepada manusia dalam.... .
A. Ibadat
B. Kitab suci
C. Hati nurani
D. Pribadi Yesus Kristus

14. Dalam masyarakat sekarang ini masih ditemukan “hukum balas dendam”, namun Yesus memberikan ajaran kasih. Hal itu terungkap dalam Sabda:
A. “Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi”
B. “Berikanlah setiap orang yang meminta kepadamu; dan janganlah meminta kembali”
C. “Jikalau kamu meminjamkan sesuatu kepada orang, janganlah berharap akan menerimanya kembali”
D. “Kasihilah musuhmu,dan berdoalah bagi mereka yg menganiaya kamu”

15. Salah satu contoh yang paling tepat dari pelaksanaan ajaran kasih adalah....
A. Totok mengantarkan pulang temannya yang sakit karena disuruh oleh wali kelas
B. Titik membelikan makanan kecil temannya karena ia pernah pula dibelikan
C. Toni selalu memaafkan teman-temannya yang selalu mengejek dirinya
D. Tutik membalas ejekan teman-temannya setiap kali ia mendapat ejekan

16. Dalam kisah Perempuan yang berzina (Yoh 8:2-11) mengungkapkan pribadi Yesus yang....
A. Mengampuni
B. Peduli pada sesama
C. Memperjuangkan kesetaraan gender
D. Mewartakan kerajaan Allah

17. Dalam Kisah Perempuan yang berzina, Yesus memberikan kesadaran baru pada mereka yang akan menghukum perempuan itu, Sabda Yesus....
A. “Barang siapa diantara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu”
B. “Akupun tidak menghukum engkau”
C. “Akulah terang dunia”
D. “Percayalah kepada-Ku”

18. Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus:”Tuhan sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku, jika ia berbuat dosa kepadaku? Sampai tujuh kali?”( Mat 18:21). Dan Yesus menjawab....
A. “Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali”
B. “Bukan sampai tujuh kali, melainkan tujuh kali tujuh kali”
C. “Bukan sampai tujuh kali, melainkan tujuh puluh kali”
D. “Bukan tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh puluh kali”

19. Dalam doa Bapa kami , syarat agar dosa kita diampuni oleh Allah adalah....
A. Kita berbagi rejeki pada sesama
B. Kita mau mengampuni orang lain
C. Kita mau memuliakan Allah
D. Kita mengakui dosa

20. Dalam kisah zakheus ( Luk 19:1-10), orang-orang menyebut ia berdosa, tetapi oleh yesus diberikan sebutan yang baru yakni...
A. Manusia baru
B. Anak Allah
C. Anak Abraham
D. Yang diberkati Alah

21. Dalam kisah perumpamaan anak yang hilang ( Luk 15:11-32 ) Sikap dari anak bungsu yang patut diteladani adalah...
A. Ia berani meminta warisan pada bapanya yang menjadi haknya
B. Ia berani mencari pengalaman di luar dengan menggunakan uang dan warisannya
C. Ia berani pulang setelah menghabiskan kekayaannya
D. Ia mengakui kesalahannya dan bertobat pada bapanya

22.Di bawah ini yang merupakan pernyataan tentang isi doa yang baik adalah ....
A. Isi, syukur, permohonan, penutup
B. Pujian, syukur, permohonan, penutup
C. Syukur, pujian, penutup
D. Pujian, permohonan, penutup

23.Sikap-sikap yang diajarkan Yesus saat berdoa adalah ....
A. Berdoa di tempat umum
B. Berdoa dengan nada yang keras-keras agar doanya dikabulkan oleh Tuhan
C. Berdoa sendirian saja
D. Berdoa masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi

24.Sebagai murid Kristus kita diharapkan dapat meneladan doa yang diajarkan Yesus berdasarkan Kitab Suci (Mat 6:5-18) yakni ....
A. Doa novena
B. Doa kemuliaan
C. Doa kerahiman Ilahi
D. Doa Bapa Kami

25.Doa Bapa kami yang diajarkan oleh Yesus sendiri mengandung tujuh permohonan yang terbagi menjadi dua bagian yaitu ....
A. Untuk meminta ampun dan rejeki dari Tuhan
B. Untuk memuji Tuhan dan menjauhkan kita dari musuh-musuh
C. Untuk memuliakan Tuhan dan untuk kebutuhan kita yang berdoa
D. Untuk kebutuhan kita dan untuk pujian kepada Tuhan

26.Sikap yang seharusnya kita teladani dari Yesus sebagai orang kristiani terhadap orang yang berbuat jahat kepada kita berdasarkan Kitab Suci (Luk 6:27-37) adalah ....
A. Mata ganti mata, gigi ganti gigi
B. Berdoa bagi mereka yang mencaci kamu
C. Membalas bila ditampar pipi kanan balas pipi kiri
D. Mencaci mereka yang menganiaya kita

27.Tindakan Yesus membangkitkan seorang pemuda di Nain (Luk 7:11-17) mau menunjukkan...
A. keahlian Yesus di depan para murid
B. keselamatan dari Allah
C. karya manusia
D. kekuasaan Yesus

28.Sebelum Yesus datang semangat “mata ganti mata dan gigi ganti gigi ” diganti dengan semangat bela rasa, yang dimaksud dengan semangat bela rasa adalah ....
A. Cinta buta
B. Bela negara
C. Cinta diri
D. Belas Kasih

29.Contoh tindakan belas kasih adalah....
A. Memarahi teman.
B. Menghibur teman yang sedang sedih.
C. Bermain di rumah teman sampai larut malam.
D. Membantu teman mengerjakan soal saat ujian.

30.Berikut ini yang merupakan faktor yang menghambat orang sulit memaafkan dan meminta maaf adalah ....
A. Karena belas kasih dan cinta kepada Tuhan.
B. Keegoisan, harga diri, gengsi, cinta kasih dan pengorbanan.
C. Karena keinginan untuk mempertahankan “harga diri” atau wibawa.
D. Karena gengsi, dan karena sikap ramah dan mau menang sendiri.

31.Berikut yang termasuk dalam empat tahap dalam pemberian maaf pada seseorang adalah ....
A. Membenci, sakit hati, menyembuhkan dan berdamai
B. Tahap marahan, berdamai, mau berteman dan kembali rukun
C. Membenci, mencaci maki, berdamai dan berteman
D. Tahap sakit hati, membenci, menyembuhkan dan berjalan bersama

32.Bagaimana sikap mengampuni seturut teladan Yesus berdasarkan Kitab Suci (Mat 18:21-35) adalah ....
A. Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu
B. Memberikan pipi kanan
C. Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuh mu
D. Kasihilah sesamamu dan berdoa buruk bagi musuhmu

33. Berikut cara mengembangkan sikap mengampuni seturut teladan Yesus dalam hidup sehari-hari adalah ....
A. Mengampuni sebanyak tujuh puluh tujuh kali tujuh kali
B. Mengampuni dengan mengingat-ingat kesalahan
C. Mengampuni tak terbatas
D. Mengampuni sebisa saya

34. Berikut ini pernyataan yang benar tentang kesetaraan gender adalah ....
A. Kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan dalam hal alat kelamin.
B. Kesamaan Kondisi bagi laki-laki dan perempuan dalam haknya sebagai manusia. C
C. Kesetaraan antara perempuan tomboy dan laki-laki dipandang punya kemampuan yang sama.
D. Laki-laki dipandang sebagai mahluk yang paling kuat sedang perempuan lema

35. Sikap dan pandangan Yesus terhadap kesetaraan berdasarkan Yoh 8:2-11 adalah ....
A.Yesus memberikan mukjizat kepada perempuan menggubah air menjadi anggur
B.Yesus mengutuk orang farisi dan ahli Taurat yang menghukum perempuan berdosa
C.Yesus meminta air kepada wanita Samaria yang berdosa
D.Yesus mengampuni wanita yang kedapatan berbuat zinah dan memberi kesempatan untuk Bertobat

36. Di bawah ini yang masuk dalam kriteria hal-hal yang dapat menjadi penghambat terjadinya kesetaraan gender adalah ....
A. Menerima orang sebagai pribadi bukan berdasarkan jenis kelaminya.
B. Memberikan gaji sesuai dengan kemampuannya.
C. Menilai orang berdasarkan sikapnya.
D. Menilai orang berdasarkan martabatnya sebagai laki-laki atau perempuan.

37. Di bawah ini yang masuk dalam usaha yang dapat kita lakukan untuk mengusahakan kesetaraan gender ....
A. Wanita tidak boleh bekerja karena tugasnya menjaga anak di rumah
B. Memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada perempuan untuk berkarier atau beraktivitas dalam berbagai bidang kehidupan
C. Laki-laki lebih layak jadi pemimpin dari pada perempuan
D. Perempuan lemah jadi jangan banyak tugas agar tidak sakit

38. Berikut ini yang termasuk ciri-ciri dari orang bersikap peduli ketika melihat pengemis tua adalah
A. Memberikan makanan secukupnya
B. Memberikan perhatian
C. Membiarkan saja
D. Jalan saja dan mengucapkan kata permisi

39. Berikut ini alasan pentingnya sikap peduli terhadap penderitaan orang lain dalam hidup bersama adalah ....
A. Karena manusia tidak dapat hidup sendiri
B. Karena manusia tidak saling membutuhkan
C. Manusia menjadi curiga satu dengan yang lain
D. Manusia menjadi masalah bagi sesamanya

40. Yang merupakan contoh kepedulian Yesus terhadap penderitaan manusia dalam Luk 6: 6-11 adalah ....
A. Yesus menyembuhkan orang pada hari sabat.
B. Yesus menyembuhkan orang muda di Nain.
C. Yesus mengajar dan menyembuhkan orang banyak.
D. Yesus menyembuhkan orang kusta.

41. Salah satu contoh sikap peduli yang dapat kita lakukan terhadap penderitaan sesama dalam hidup sehari-hari adalah ....
A. Memberikan tumpangan kepada teman yang baik saja kepada kita.
B. Meminjamkan alat tulis kepada teman yang tidak pernah membawa alat tulis.
C. Menasihati orangtua yang lalai.
D. Memberikan bangku kita untuk ibu hamil yang berdiri di dalam bus.

42.Berikut ini yang termasuk manfaat doa bagi manusia adalah....
A. Mendekatkan diri kepada Tuhan
B. Menjelekkan kekurangan orang lain dalam doa
C. Menjadikan hati gelisah
D. Dapat berfantasi dalam Kitab Suci

43.Di bawah ini yang merupakan pernyataan tentang doa yang baik adalah ....
A. Doa diungkapkan dengan hati dan dengan penuh iman
B. Doa yang diucapkan berkali-kali agar dikabulkan Tuhan
C. Isi doa yang panjang dan bertele-tele
D. Isi doa singkat sesuka hati saja

44.Di balik orang yang melakukan sikap sombong, tujuan yang sebenarnya adalah....
A.Menutupi kelemahan pribadinya
B.melakukan tindakan rendah hati
C.melakukan tindakan kriminal
D.menyesuaikan karakter yang dimiliki

45. Kapan kita menjadi anak-anak Allah yang memiliki kebebasan ?
A. pada waktu kita lahir
B. pada waktu kita di Baptis
C. pada waktu kita telah dewasa
D. pada waktu kita telah menerima sakramen Krisma

46.Alasan kita beriman katolik untuk mencintai sesama manusia adalah....
A. Kita akan dicintai Tuhan
B .kita akan selalu diberi hidup oleh Tuhan
C .rejeki kta akan selalu berlimpah
D. sebagai ungkapan syukur, sebab kita lebih dahulu dicintai Allah

47.Berikut kebiasaan yang tidak baik dalam mencintai sesamanya,kecuali .... .
A. Mencintai orang lain sebagai balas jasa
B. mencintai orang lain dengan harapan dapat terjalin persaudaraan yang akrab
C. mencintai orang lain kalau menguntungkan secara pribadi
D. mencintai dengan tujuan melaksanakan ajaran agama

49. Melalui berdoa kita diajak oleh Yesus untuk memanggil Allah sebagai Bapa. Dalam doa apa ajakan itu ?
A. Kemuliaan
B. Salam Maria
C. Bapa Kami
D. Aku Percaya

50.Di bawah ini merupakan usaha memperjuangkan kesetaraan gender dalam kehidupan sehari-hari . . .
A. Bapak-ibu pergi belanja ke pasar
B. Pemuda-pemudi makan bakso bersama-sama
C. Pergi rekreasi ke pantai
D. Siswa-siswi boleh mencalonkan sebagai ketua OSIS.