Pawitikra CATHOLIC Students: Minggu Biasa Pekan VI

WELCOME & GOD BLESS YOU ALWAYS

Selamat Datang di Blog ini bersama R. Slamet Widiantono ------**------ TUHAN MEMBERKATI -----* KASIH ITU MEMBERIKAN DIRI BAGI SESAMA -----* JANGAN LUPA BAHAGIA -----* TERUS BERPIKIR POSITIF -----* SALAM DOA -----* slammy

Minggu, 13 Februari 2022

Minggu Biasa Pekan VI


BACAAN I
Yer 17:5Beginilah firman TUHAN: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!

Yer 17:6Ia akan seperti semak bulus di padang belantara, ia tidak akan mengalami datangnya keadaan baik; ia akan tinggal di tanah angus di padang gurun, di negeri padang asin yang tidak berpenduduk.

Yer 17:7Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!

Yer 17:8Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.



BACAAN II
1Kor 15:12Jadi, bilamana kami beritakan, bahwa Kristus dibangkitkan dari antara orang mati, bagaimana mungkin ada di antara kamu yang mengatakan, bahwa tidak ada kebangkitan orang mati?


1Kor 15:16Sebab jika benar orang mati tidak dibangkitkan, maka Kristus juga tidak dibangkitkan.

1Kor 15:17Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dalam dosamu.

1Kor 15:18Demikianlah binasa juga orang-orang yang mati dalam Kristus.

1Kor 15:19Jikalau kita hanya dalam hidup ini saja menaruh pengharapan pada Kristus, maka kita adalah orang-orang yang paling malang dari segala manusia.

1Kor 15:20Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal.

BACAAN INJIL 

Luk 6:17Lalu Ia turun dengan mereka dan berhenti pada suatu tempat yang datar: di situ berkumpul sejumlah besar dari murid-murid-Nya dan banyak orang lain yang datang dari seluruh Yudea dan dari Yerusalem dan dari daerah pantai Tirus dan Sidon.


Luk 6:20Lalu Yesus memandang murid-murid-Nya dan berkata: "Berbahagialah, hai kamu yang miskin, karena kamulah yang empunya Kerajaan Allah.

Luk 6:21Berbahagialah, hai kamu yang sekarang ini lapar, karena kamu akan dipuaskan. Berbahagialah, hai kamu yang sekarang ini menangis, karena kamu akan tertawa.

Luk 6:22Berbahagialah kamu, jika karena Anak Manusia orang membenci kamu, dan jika mereka mengucilkan kamu, dan mencela kamu serta menolak namamu sebagai sesuatu yang jahat.

Luk 6:23Bersukacitalah pada waktu itu dan bergembiralah, sebab sesungguhnya, upahmu besar di sorga; karena secara demikian juga nenek moyang mereka telah memperlakukan para nabi.

Luk 6:24Tetapi celakalah kamu, hai kamu yang kaya, karena dalam kekayaanmu kamu telah memperoleh penghiburanmu.

Luk 6:25Celakalah kamu, yang sekarang ini kenyang, karena kamu akan lapar. Celakalah kamu, yang sekarang ini tertawa, karena kamu akan berdukacita dan menangis.

Luk 6:26Celakalah kamu, jika semua orang memuji kamu; karena secara demikian juga nenek moyang mereka telah memperlakukan nabi-nabi palsu."


Pertanyaan Refleksi!
a. APAKAH ARTI BAHAGIA BAGI KAMU?
b. KAPAN KAMU MERASAKAN BAHAGIA?
c. Silakan share dan ceritakan pengalaman bahagia itu di kolom komentar dibawah ini!

9 komentar:

  1. Arti bahagia bagiku adalah ketika kita berada di lingkungan keluarga yg penuh rasa nyaman dan saling membantu satu sama lain

    Aku merasakan bahagia ketika kita sekelas mengerjakan majalah b.inggris karena disitu aku merasa ada rasa kekeluargaan antar kita dan kita pun saling membantu

    BalasHapus
  2. A. Arti bahagia menurut aku, ketika kita sudah nyaman dalam sebuah situasi, atau jika kita bahagia dengan seseorang kita sudah merasakan nyaman dengan seseorang atau sudah ada rasa dekat dengan dia

    B. Kapan aku merasa bahagia terkadang jika aku bisa pergi bersama teman sekelas, mungkin pergi ke gereja dengan teman, kerja kelompok sebenarnya juga termasuk karena terkadang ketika selesai kami bermain ke tempat lain seperti mall atau jika sekelompok dengan yang katolik kadang bermain ke Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus atau Gereja Ganjuran

    C. Pengalaman bahagia kebanyakan di SD karena masih masa sebelum Corona. Pengalaman pertama yang membuatku bahagia pada saat kelas 3, kelas 3 aku dan teman SD study tour ke pabrik sosis dan juga pembuatan batik Danar Hadi, juga ke seminar tinggi Kentungan. Kelas 4 pada saat aku mengikuti pesta siaga dan juga mengikuti retret. Kelas 5 aku dan teman teman pergi ke Wihara Watu Gong di Semarang, dan juga ke Hortimart serta pabrik Cimory di Ungaran, Jawa tengah dan juga ke gereja Bintaran.

    BalasHapus
  3. ARTI BAHAGIA BAGI SAYA adalah saat berkumpul bersama keluarga besar di suatu rumah dengan penuh sukacita

    SAYA MERASAKAN BAHAGIA saat ada kegiatan lomba bersama teman teman disekolah dengan berbagai macam perlombaan itu yang membuat saya merasa senang.

    BalasHapus
  4. A Kebahagiaan atau kegembiraan adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan yang intens. Berbagai pendekatan filsafat, agama, psikologi, dan biologi telah dilakukan untuk mendefinisikan kebahagiaan dan menentukan sumbernya.
    B.saya merasakan bahagia ketika bermain bersama teman waktu SD

    BalasHapus
  5. a. ARTI BAHAGIA BAGIKU perasaan nyaman saat berada di dekat lingkungan atau seseorang yang menggembirakan hati. Atau juga bahagia adalah segala sesuatu yang membuat hati kita merasa puas, senang, bangga.

    b. AKU MERASA BAHAGIA SAAT aku mendapatkan nilai ujian ASPD SD yang bagus.

    c. Sebelum ASPD berlangsung, hatiku saat itu takut, pasrah, merasa belum siap karena itu adalah ujian terakhir di SD. Aku merasa kurang mampu terutama pada mapel matematika. Tiap malam aku berdoa agar Tuhan memberikan kemudahan dan kelancaran saat aku mengerjakan ujian. Ketika ujian ASPD selesai, aku merasa tenang, tetapi masih kurang yakin akan nilaiku yang memuaskan. Hasil ASPD dan ijazah pun dibagikan. Aku tidak menyangka, Tuhan memberikan lebih dari yang kuminta. Aku dipilih untuk mengikuti acara serah terima SD yang disitu adalah 12 peringkat terbaik di sekolahku. Aku merasa bahagia dan sangat bersyukur atas kebaikan Tuhan.

    BalasHapus
  6. David_7g_02
    A.Arti bahagia menurut ku adalah:
    Perasaan senang yg saya alami dan membuat hati terasa lega,bebas, bahagia juga salah satu faktor yg membuat kita selalu tersenyum dan tertawa adapun arti bahagia yaitu perasaan nyaman saat berada di sebuah tempat atau perkumpulan² dan membuat hati kita menjadi puas
    B.Aku akan sangat merasa bahagia pada saat ke akraban ku dalam bergaul semakin bertambah,sehingga timbul rasa peduli dan rasa saling menjaga dan saling mengerti satu sama lain,but,bergaul adalah salah satu tempat ku untuk bahagia atau healing
    C.Saat itu....Saat dimana hati ku terpukul karena kehilangan sahabat ku yg menemani ku selalu saat kecil,aku merasa sangat sangat sangat sedih,bahkan aku sampai menangis,karena dia pergi dari tempat dimana aku tinggal,tapi aku memiliki banyak teman satu pergaulan yg menemaniku saat sedih,dia baik,ramah,murah hati.Dia mengajak aku mengobrol² dan dia sangat mengerti perasaan ku.Disitu aku merasa sangat senang sekali karena mempunyai teman sebaik dia,aku sangat senang disaat aku sedih kehilangan seorang sahabat,dia menjadi teman yg bisa membuat aku tersenyum kembali.Yaaaa...mungkin pengalaman ku tersebut bisa di bilang simple,tetapi aku merasa jika itu adalah pengalaman yg bermakna

    :)

    BalasHapus
  7. Affa/7G/25

    A. Arti bahagia bagiku adalah suatu emosi yang dirasakan seseorang saat mereka merasa senang mendapatkan sesuatu yang membahagiakan.

    B. Saya merasa bahagia saat mendapatkan nilai yang bagus setelah mengerjakan ulangan dengan baik dan jujur.

    C. Pengalaman yang membuatku bahagia adalah saat mengikuti lomba bersama dengan teman-teman, kami bekerjasama dengan sangat baik dan akhirnya kami mendapatkan juara 1 yang membuat semua peserta apalagi diriku bahagia, kerjasamanya kami membuahkan hasil yang baik.

    BalasHapus
  8. Ayla/8A/9

    Bahagia menurutku adalah suatu suasana damai, tenang, nyaman.
    Bahagiaku setiap kumpul keluarga, melihat hiburan idol kpop NCT, dan bersama teman-teman.

    BalasHapus
  9. Michelle,/8G/15
    Bahagia menurutku ketika hati kita senang dengan wajah penuh senyum
    Merasa bahagia saat dihargai, Ketika membeli makanan yang disukai

    BalasHapus