Pawitikra CATHOLIC Students

WELCOME & GOD BLESS YOU ALWAYS

Selamat Datang di Blog ini bersama R. Slamet Widiantono ------**------ TUHAN MEMBERKATI -----* KASIH ITU MEMBERIKAN DIRI BAGI SESAMA -----* JANGAN LUPA BAHAGIA -----* TERUS BERPIKIR POSITIF -----* SALAM DOA -----* slammy

Rabu, 28 Juni 2023

Siswa Siswi Katolik Baru Th 23/24

 Agatha Vareyna ✝️✝️✝️

dr SD Yohanes Bosco 


Anastasia Priscilia ✝️✝️✝️

Dari SD Mutiara Persada

Athanasia Maria Meinada Surya Suci ✝️✝️✝️

dr SD Sang Timur


Divana Fortuna Dedjanto, ✝️✝️✝️

dari SDN Ungaran 1 Yogyakarta


Eveline Shintia Harry ✝️✝️✝️

Dari SD Percobaan 3


Gisela Kenna Pradana ✝️✝️✝️

Dari SD Joanes Bosco Yogyakarta


Jeanne Vira Hanindito ✝️✝️✝️

Asal SD : Marsudirini


Kacayajna Wistara (Tara) ✝️✝️✝️

dari SDN Ngupasan


Vincentia Cindy Larasati ✝️✝️✝️
dr SD Kanisius Kumendaman

Winola Rumondang Sinambela. ✝️✝️✝️


Anga Dasa Paramita ✝️✝️✝️

dari SDN Ungaran 1


Damian Yosa Arjunawijaya




Gavrila Moreno Christiano. ✝️✝️✝️

SDN Gedong Kuning


Domenico Punyasambhara Bhumi ✝️✝️✝️

dr SD Yohanes Bosco 


Marcellino Revellevander Noheaspryasta ✝️✝️✝️


SD Tarakanita Bumijo 1


Nathan Aradhana Cahyadi. ✝️✝️✝️

SD Tarakanita Bumijo 1











RUANG KELAS 9 KATOLIK - KURTILAS

Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) 
1. menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KOMPETENSI DASAR
1.1. Bersyukur kepada Allah yang menyelamatkan sebagai wujud kehidupan beriman kristiani dalam Gereja Katolik.
1.2.Bersyukur atas hak dan kewajiban sebagai umat ber-iman kristiani dan sebagai anggota masyarakat.
1.3. Bersyukur atas keluhuran martabat hidup manusia
1.4. Bersyukur pada Allah atas ajaranNya tentang kejujuran dan keadilan
1.5. Bersyukur atas keutuhan alam ciptaan 
1.6. Bersyukur atas persaudaraan sejati dengan penganut agama dan kepercayaan lain
1.7.Bersyukur atas Sakramen Perkawinan dan Sakramen Imamat

KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
2. menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinter-aksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KOMPETENSI DASAR
2.1. Bertanggung jawab dan peduli dalam praktik hidup beriman kristiani sebagai tanggapan atas karya Allah yang menyelamatkan.
2.2. Bertanggung jawab dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai umat beriman kristiani dan sebagai anggota masya-rakat
2.3. Santun dan peduli terhadap martabat luhur hidup manusia.
2.4. Jujur dan adil dalam bertindak
2.5. Peduli dan Bertanggung jawab untuk memelihara keutuhan alam ciptaan.
2.6. Toleransi terhadap penganut agama dan kepercayaan lain
2.7. Peduli pada Sakramen Perkawinan dan Sakramen Imamat sebagai panggilan hidup

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) 
3. memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedu-ral) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KOMPETENSI DASAR
3.1. Memahami karya Allah yang menyelamatkan dan praktik hidup  ber-iman kristiani dalam Gereja Katolik.
3.2. Memahami ajaran Gereja dan Kitab Suci tentang hak dan kewajiban umat beriman kristiani dan anggota masyarakat
3.3. Memahami sikap dan pandangan Gereja tentang keluhuran marta-bat hidup manusia
3.4. Memahami ajaran Gereja tentang kejujuran dan keadilan
3.5. Memahami sikap dan pandangan Gereja atas berbagai keprihatin-an tentang keutuhan alam ciptaan dan usaha yang dilakukan.
3.6. Memahami ajaran Gereja tentang persaudaraan sejati dengan pe-nganut agama dan kepercayaan lain
3.7. Memahami Sakramen Perkawinan dan Sakramen imamat sebagai panggilan hidup

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (meng-gunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, meng-gambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
4.1. Melakukan aktivitas (misalnya mengucapkan doa syahadat / menuliskan refleksi/ menyusun doa/ mengikuti kegiatan di ling-kungan) yang berkaitan dengan praktik hidup beriman kristiani.
4.2. Melakukan aktivitas (misalnya membuat jurnal/ menuliskan refleksi/ merencanakan kegiatan) yang berkaitan dengan ke-giatan dalam hidup menggereja dan masyarakat
4.3. Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa/ menuliskan re-fleksi/ membuat slogan/ membuat aksi) yang berkaitan dengan martabat luhur hidup manusia.
4.4. Melakukan aktivitas (misalnya membuat motto/ menuliskan refleksi/menyusun doa/ membuat kliping) yang berkaitan dengan kejujuran dan keadilan
4.5. Melakukan aktivitas (misaalnya menanam pohon/ membuat biopori/ membuat motto/ menuliskan refleksi) yang berkaitan dengan keutuhan alam ciptaan.
4.6.Melakukan aktivitas( misalnya berkunjung ke rumah ibadah agama lain/ menuliskan refleksi/ melakukan wawancara pada tokoh agama) yang berkaitan dengan persaudaraan sejati dengan penganut agama dan kepercayaan lain
4.7. Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa untuk imam / menuliskan refleksi/ melakukan wawancara) yang berkaitan dengan sakramen perkawinan dan sakramen imamat

RUANG KELAS 8 KATOLIK - MERDEKA BELAJAR

CAPAIAN PEMBELAJARAN 

Pada akhir Fase D, 

peserta didik menyadari dan mensyukuri diri sebagai citra Allah, sebagai laki-laki atau perempuan, yang memiliki kemampuan dan keterbatasan, untuk mengembangkan diri melalui peran keluarga, sekolah, teman, masyarakat dan Gereja dengan meneladani pribadi Yesus Kristus, sehingga terpanggil untuk mengungkapkan imannya dalam kehidupan menggereja (melalui kebiasaan doa, perayaan sakramen dan terlibat secara aktif di dalam kehidupan menggereja); serta mewujudkan imannya dalam hidup bermasyarakat (melaksanakan hak dan kewajiban, bersikap toleran, dan menghormati martabat manusia).

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Peserta didik mampu memahami pribadi dan karya Yesus sebagai pemenuhan janji Allah, yang mewartakan Kerajaan Allah melalui sabda, tindakan, dan mukjizat-Nya; yang memanggil dan mengutus para murid-Nya, mengalami sengsara, wafat dan kebangkitan serta naik ke surga, selanjutnya mengutus Roh Kudus yang memberi daya dan kekuatan bagi para murid sehingga melahiran Gereja sebagai komunitas yang hidup yang melakukan berbagai karya dan menjadi tanda dan sarana keselamatan serta mewujudkan sakramen keselamatan melalui sakramen Inisiasi dan Sakramen Penyembuhan.
  • Peserta didik dapat mewujudkan hidupnya sehari-hari sebagai murid-murid Yesus dan anggota Gereja.

ELEMEN

SUB ELEMEN

TUJUAN PEMBELAJARAN

YESUS KRISTUS

Pribadi Yesus Kristus yang mewartaan Allah Bapa dan Kerajaan Allah

Tujuan Pembelajaran 8.1 : 9 JP

Peserta didik mampu memahami ajaran Kitab Suci dan ajaran Gereja tentang makna Yesus Kristus sebagai Allah yang menjelma menjadi manusia, yang mewartakan Kerajaan Allah melalui Sabda dan tindakan sehingga semakin bersyukur atas nilai-nilai Kerajaan Allah yang diwartakan Yesus.

Tujuan Pembelajaran 8.2 : 6 JP

Peserta didik mampu menyimpulkan panggilan dan perutusan Yesus Kristus kepada murid-muridNya pada zaman sekarang demi mewujudkan Kerajaan Allah sehingga pada akhirnya dapat mewujudan panggilan dan perutusan Yesus Kristus untuk mewartakan Kerajaan Allah.

Pribadi Yesus dalam Perjanjian Baru

Tujuan Pembelajaran 8.3 : 12 JP

Peserta didik mampu memahami peristiwa sengsara, wafat, dan kebangkitan serta kenaikan Yesus Kristus sebagai puncak pewartaanNya sehingga pada akhirnya dapat menghayati makna sengsara, wafat, kebangkitan, dan kenaikan Yesus Kristus ke Surga.

ROH KUDUS

Tujuan Pembelajaran 8.4 : 6 JP

Peserta didik mampu menjelaskan peranan Roh Kudus pada gereja perdana dan gereja masa kini sehingga meyakini peranan Roh Kudus sebagai daya hidup Gereja

GEREJA

Mewujudkan kehidupan menggereja

Tujuan Pembelajaran 8.5 : 9 JP

Peserta didik mampu memahami bahwa gereja sebagai komunitas umat beriman yang hidup melalui berbagai karya pastoral gereja sehingga mereka mampu turut berperan serta dalam karya-karya Gereja.

Tujuan Pembelajaran 8.6 : 9 JP

Peserta didik mampu memahami ajaran gereja tentang mana dan konsekuensi Sakramen Inisiasi serta mampu bersyukur atas Sakramen Inisiasi dalam hidup menggereja.

Tujuan Pembelajaran 8.7 : 6 JP

Peserta didik mampu memahami ajaran gereja  tentang makna dan konsekuensi Sakramen Penyembuhan dalam hidup menggereja sehingga pada akhirnya dapat bersyukur atas sakramen tersebut


RUANG KELAS 7 KATOLIK - MERDEKA BELAJAR

 CAPAIAN PENCAPAIAN

Pada akhir Fase D, 
peserta didik menyadari dan mensyukuri diri sebagai citra Allahsebagaiase laki-laki atau perempuanyang memiliki kemampuan dan keterbatasanuntuk mengembangkan diri melalui peran keluarga, sekolah, teman, masyarakat dan Gereja dengan meneladani pribadi Yesus Kristus, sehingga terpanggil untuk mengungkapkan imannya dalam kehidupan menggereja (melalui kebiasaan doa, perayaan sakramen dan terlibat secara aktif di dalam kehidupan menggereja); serta mewujudkan imannya dalam hidup bermasyarakat (melaksanakan hak dan kewajiban, bersikap toleran, dan menghormati martabat manusia).

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Peserta didik mampu memahami manusia sebagai citra Allah yang unik, dan sederajat, baik sebagai perempuan ataupun laki-laki, yang memiliki kemampuan dan keterbatasan, sehingga bangga dan bersyukur 
  • Peserta didik menyadari dirinya yang tumbuh dan berkembang berkat peran keluarga, teman, sekolah dan Gereja.
  • Peserta didik mengenal dan memahami pribadi Yesus yang berbelas kasih dan pengampun sehingga mampu membangun relasi denganNya mewujudkan imannya melalui upaya membangun kehidupan bersama berlandaskan pada Kebebasan sebagai ANAK-ANAK ALLAH dan SABDA BAHAGIA

ELEMEN

SUB ELEMEN

TUJUAN PEMBELAJARAN

Pribadi Peserta Didik

Diriku sebagai laki-laki atau perempuan

Tujuan Pembelajaran 7.1 : 12 JP

Peserta didik mampu menjelaskan mana manusia sebagai citra Allah yang unik, sehingga merasa bangga atas dirinya, baik sebagai perempuan atau laki-laki, mensyukuri sebagai anugerah Allah dan mewujudkan imannya dengan memelihara diri dan menghargai sesamanya.

Aku memiliki kemampuan dan keterbatasan, kelebihan dan kekurangan

Tujuan Pembelajaran 7.2 : 6 JP

Peserta didik mampu mengidentifikasi kemampuan dan keterbatasannya, menyikapinya secara positif dengan menerima kemampuan dan keterbatasan, agar mengembangkan diri secara bertanggung jawab.

YESUS KRISTUS

Aku dipanggil untuk membangun relasi dengan sesama serta lingkungannya sesuai dengan ajaran dan tradisi Gereja Katolik

Tujuan Pembelajaran 7.3 : 9 JP

Peserta didik mampu memahami peran keluarga, teman, sekolah dan gereja dalam mengembangkan dirinya dan mensyukurinya dengan berpartisipasi dalam hidup keluarga, sekolah gereja dan masyarakat.

Pribadi Yesus dalam Perjanjian Baru

Berelasi dengan Yesus Kristus dan meneladaninya.

Tujuan Pembelajaran 7.4 : 12 JP

Peserta didik mampu memahami berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus yang patut diteladani sebagai orang beriman sehingga tergerak mewujudkannya dalam perilaku hidup sehari-hari

Masyarakat

Perwujudan iman dalam hidup bersama di tengah masyarakat sesuai ajaran dan tradisi Gereja Katolik

Tujuan Pembelajaran 7.5 : 12 JP

Peserta didik mampu memahami nilai-nilai dasar hidup bersama yang diajarkan Yesus sehingga mereka tergerak mewujudkannya dalam perilaku hidup sehari-hari


RUANG ABSENSI KATOLIK MINGGUAN SEMESTER 1 TAHUN 23-24

 


 Jawab Pertanyaan dibawah ini

JULI

1. Siapa nama lengkapmu

2. Santo atau Santa Pelindung

AGUSTUS

3. Gereja Paroki

4. Lingkungan

5. Satu Aktivitas Gereja

6. Doa favorite

SEPTEMBER

7. Lagu gereja yang disukai

8. Hari ke Gereja lebih sering

9. Ke Gereja, suka sendiri? Keluarga? Teman?

10. Ke Gereja jalan kaki, sepeda onthel, motor, mobil

OKTOBER

11. Anggota misdinar, PIR, OMK, pasif

12. Warna yang disukai

13. Makanan yang disukai

14. Minuman yang disukai

NOVEMBER

15. Mapel yang disukai

16. Pekerjaan di rumah yang sering dilakukan

17. Bagian rumahku paling suka

18. Anggota keluarga paling dekat

DESEMBER

19. ke sekolah, sendiri jalan, naik sepeda, diantar ortu, gojek, motor sendiri

20. Tempat ziarah yang paling sering dikunjungi

21. Romo yang paling kukenal


Pertanyaan diatas dijawab per komentar 1 per Minggu 1

Tuhan memberkati


Rabu, 24 Mei 2023

SABDA SUCI UNTUK KAMU HARI INI

Sabda Yesus adalah Roh dan Hidup. Bagi mereka yang hidup di dalam daging atau dosa, perkataan Yesus dirasakan sangat keras sehingga mereka tidak puas, tidak tahan dan meninggalkan Tuhan. Dalam suasana seperti itu para rasul diberi tantangan dengan pertanyaan: “apakah kamu akan pergi juga?" Petrus mengungkapkan tumpuan harapannya dan iman kepercayaannya bahwa Sabda Yesus adalah hidup yang kekal dan Yesus adalah Yang kudus dari Allah. 
Pernyataan Petrus merupakan contoh sikap iman yang semestinya kita teladani di tengah kehidupan dewasa ini yakni mendengarkan Sabda Tuhan, memilih untuk bertumpu pada Tuhan dan tetap senantiasa tinggal di dalam perkataan atau Sabda Tuhan.

SABDA ITU TINGGAL BERSAMA KITA

Sabtu, 20 Mei 2023

LAT SOAL JAWAB KATOLIK - YOHANES PAULUS II 8

 PILIHLAH JAWABAN YANG PALING TEPAT



1.     Urutan Tata Perayaan Ekaristi yang benar adalah....

  1. Liturgi Ekaristi, Penutup, Pembuka, Liturgi Sabda
  2. Pembuka, Liturgi Ekaristi, Liturgi Sabda, Penutup
  3. Pembuka, Liturgi Sabda, Liturgi Ekaristi, Penutup
  4. Pembuka, Liturgi Ekaristi, Penutup, Liturgi Sabda

 

2.     Perayaan Ekaristi yang mengenangkan sekaligus menghadirkan kembali tindakan penyelamatan yang dilakukan oleh Yesus merupakan sumber dan puncak hidup Gereja. Makna Perayaan Ekaristi sebagai sumber dan puncak hidup Gereja adalah…

A.    kenangan dan syukur atas karya penyelamatan dalam Perjanjian Lama

B.    kenangan dan syukur atas perjamuan malam terakhir bersama para murid

C.    kenangan syukur atas kebaikan Tuhan yang diterima oleh setiap manusia

D.   ungkapan syukur atas karya penyelamatan Allah oleh Yesus Kristus


 

3.     Sabda Yesus yang menjadi landasan Perayaan Ekaristi dirayakan hingga hari ini adalah…

  1. Makanlah dan minumlah, inilah Tubuh dan DarahKu
  2. Inilah TubuhKu yang diserahkan bagi kamu, perbuatlah ini menjadi kenangan akan Aku
  3. Terimalah dan makanlah, karena inilah TubuhKu
  4. Inilah Roti Kehidupan, terimalah dan makanlah

 

4.     Sikap Allah terhadap manusia yang berdosa seperti yang digambarkan dalam Luk 15: 11-32 adalah...

A.    Menyambutnya dengan pesta yang meriah

B.    Mengampuni dosa manusia karena kasihNya

C.    Membiarkan manusia jatuh dalam dosa yang sama

D.   Menghukum manusia atas dosa yang dilakukannya

 

5.     Tujuan Gereja Katolik memberikan Sakramen Pengurapan Orang Sakit yaitu...

A.    langsung memperoleh kesembuhan

B.    kekuatan iman dan sikap pasrah

C.    memperoleh penghiburan dunia

D.   memohon rahmat kebenaran hidup

 

6.     Sikap negatif dalam menghadapi sakit

Perhatikan pernyataan di bawah ini:

1.    Mengeluh

2.    Menyalahkan diri sendiri

3.    Menyesali perbuatan

4.    Merasa dibuang

5.    Berserah diri kepadaNya

Dari pernyataan di atas yang berkaitan dengan sikap negatif dalam menghadapi si sakit adalah…

A.    1, 2, dan 3             C. 1, 2, dan 4

B.    3, 4, dan 5             D. 2, 3, dan 5

 

7.     Tujuan kita memberikan perhatian dan dukungan bagi si sakit adalah…

A.    menyembuhkan secara berkala    

B.    memberikan alternatif pengobatan

C.    meringankan penderitaannya

D.   menjadikan satu dengan sesama

 

8.     Sebagai orang Kristiani hendaklah menerima Sakramen Inisiasi Kristen secara lengkap. Yang termasuk Sakramen Inisiasi Kristen yaitu sakramen . . .

A.    Baptis, Ekaristi, Tobat

B.    Ekaristi, Krisma, Perkawinan

C.    Baptis, Ekaristi, Krisma

D.   Baptis, Krisma, Tobat

 

9.     Umat kristiani yang bukan termasuk imam dan biarawan/wati dalam keanggotaan Gereja diistilahkan dengan... .

a.  Jemaat

b.  Umat Allah

c.   Kaum awam

d.  Gereja basis

 

10.   Dalam Perjamuan terakhir, Yesus membasuh kaki murid-murid-Nya. Ajaran yang mau diberikan Yesus pada para murid adalah....

A.  Pengampunan

B.  Kebersihan

C.  Kerukunan

D.  Pelayanan

 

11.   Orang Yahudi melaksanakan perjamuan paskah (perjamuan paskah Yahudi) dimaksudkan untuk....

A.    Mengenang Yahwe

B.    Bersyukur atas pemberian 10 perintah Allah

C.    Mengenang dan bersyukur pada Yahwe atas pembebasan dari Mesir

D.   Merayakan pondok Daud

 

12.   Perhatikan contoh dialog dalam aklamasi berikut :

I :  Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan

U : ....

Jawaban Umat atas seruan Imam yang benar adalah.... .

A.   Sekarang dan selama-lamanya

B.    Sudah layak dan sepantasnya

C.    Sudah kami arahkan

D.   Amin

 

13.   Mengenang dan bersyukur atas penyelamatan Yesus dalam kitab suci, cara untuk menerima Roh Kudus adalah dengan ....

A.    penumpangan tangan dari para rasul

B.    berdoa memohon turunnya mukjizat

C.    rajin memberikan sedekah dan bersaksi

D.   melalukan puasa dan pantang


 

14.   Pada saat pembaptisan Yesus di sungai Yordan ( Lukas 3:21-22 ) Roh Kudus turun atas-Nya berupa …

A.    suara gemuruh

B.    burung merpati

C.    tiupan api

D.   lidah-lidah api

 

15.   Pengaruh daya Roh Kudus atas para rasul dalam peristiwa Pentakosta adalah . . .

A.    kebingungan karena muncul berbagai macam peristiwa yg aneh

B.    berani mewartakan tentang kebenaran atas peristiwa Yesus Kristus

C.    para rasul mengalami krisis iman dan ketakutan kepada orang Yahudi

D.   menghadirkan aneka ragam mukjijat untuk banyak orang di sekitarnya

 

16.   Perhatikan data di bawah ini.

1.    Terjadi tiupan angin keras dan memenuhi seluruh rumah

2.    Lidah api yang bertebaran dan hinggap pada para murid

3.    Para murid lari ketakutan dan saling menyalahkan

4.    Kemampuan mengucapkan berbagai bahasa

Dari data di atas yang sesuai dengan peristiwa Pentakosta (Kisah Para Rasul 2: 1-13) yaitu…

A.    1, 2, dan 4                        C. 1, 2, dan 3

B.    2, 3, dan 4                        D. 1, 3, dan 4

 

17.   Alasan Yesus mengutus Roh Kudus kepada para rasul adalah…

A.    untuk mewujudkan keadilan kepada para rasul

B.    penyertaan dan kehadiran Yesus hingga akhir zaman

C.    mengajak para rasul untuk perjamuan bersama

D.   munculnya sikap kurang peduli dan tidak mau repot

 

18.   Lambang-lambang yang sering digunakan untuk Allah Roh Kudus diantaranya . . .

A.    suara

B.    hujan

C.    cahaya

D.   air

 

19.   Tokoh Perjanjian Lama yang mengikuti bimbingan Roh Kudus dan sering dijuluki Bapa orang beriman adalah….

A.    Yohanes

B.    Yosua

C.   Daud

D.   Abraham

 

20.   Dalam Kitab Suci, cara untuk menerima Roh Kudus adalah dengan... .

A.    Penumpangan tangan dari para rasul

B.    Berdoa memohon turunnya mukjizat

C.    Rajin memberikan sedekah dan bersaksi

D.   Melakukan puasa dan pantang

 


21.     Persekutuan murid Yesus dalam Kisah para rasul 2: 41-47 menarik perhatian bagi banyak orang karena... .

A.    para rasul beribadat dengan tata cara yang berbeda

B.    hidup dalam kasih dan saling berbagi satu sama lain

C.    apa yang dilakukan para rasul megah dan mahal

D.   para rasul melakukan mukjizat dalam karyanya

 

22.    Salah satu-sifat Gereja adalah satu. Sifat Gereja yang satu terungkap dalam pernyataan di bawah ini … .

A.     Dijiwai Roh Kudus dalam karya

B.     Memiliki semangat para rasul

C.     Mengimani satu Tuhan

D.     Perwujudan kehendak Allah yang kudus

 

23.    Gereja disebut kudus karena … .

A.     Gereja adalah Kerajaan Allah

B.     Pembaptisan yang diterima oleh umat

C.     Semua umat dipanggil untuk menguduskan diri

D.     Setiap orang Kristiani hendaknya menjalankan ajaran-Nya

 

24.    Gereja itu bersifat universal, terbuka untuk umum, menghormati budaya dan agama apapun. Pernyataan tersebut menunjukan sifat gereja… .

A.     Katolik

B.     Kudus

C.     Apostolik

D.     Satu

 

25.     Berpegang teguh pada kesaksian iman para rasul merupakan arti sifat Gereja… .

A.  Kudus

B.  Katolik

C.  Apostolik

D.  Satu

 

26.    Koinonia merupakan bentuk pelayanan Gereja, arti koinonia adalah…

A.    persekutuan              

B.    pewartaan   

C.    pengudusan 

D.   pelayanan

 

27.    Salah satu bidang pelayanan Gereja ialah Liturgia, artinya …

A.    pewartaan             

B.    pengudusan 

C.    pelayanan             

D.   persekutuan

 

28.     Diakonia merupakan salah satu bidang pelayanan, arti diakonia adalah….

A.    kesaksian              

B.    melayani

C.    mewartakan

D.   menguduskan

 

29.    Tanda sekaligus sebagai sarana yang mengungkapkan peristiwa penyelamatan Allah kepada manusia disebut... .

  1. lambang
  2. liturgi
  3. sakramen
  4. rahmat


 

30. Alasan sakramen disebut “tanda lahir” kehadiran dan cinta kasih Allah yang menyelamatkan karena... .

A.    pelayanan kepada umat dan mengajak untuk terlibat dalam kegiatan Gereja

B.    manusia untuk menyelamatkan keluarganya demi kebahagian bersama

C.   karya penyelamatan Allah dilaksanakan oleh dan di dalam Gereja

D.   melayani sesama untuk mendapat pujian dan ketegaran diri

           

31. Perubahan roti dan anggur menjadi Tubuh dan Darah Yesus terjadi pada waktu… .

A.  Konsiliasi

B.  Konsili

C.  Konsekrasi

D.  Komuni

 

32.   Doa Syukur Agung dalam perayaan Ekaristi termasuk dalam bagian… .

A.  Pembukaan

B.  Liturgi Sabda

C.  Liturgi Ekaristi

D.  Penutup

 

33.   Perhatikan data  berikut ini:

1.    Nyanyian pembukaan

2.    Tanda salib

3.    Mazmur tanggapan

4.    Seruan tobat

5.    Homili

Dari data tersebut yang tidak termasuk bagian pembukaan dalam Misa adalah... .

A.  2, 3

B.   1, 2

C.   4, 5

D.  3, 5

 

34.   Syahadat Para Rasul dalam perayaan Ekaristi termasuk dalam bagian . . .

A.  Pembukaan

B.  Liturgi Sabda

C.  Liturgi Ekaristi

D.  Penutup

 

35.   “…lakukanlah ini sebagai peringatan akan Aku “, Sabda ini diucapkan Yesus pada waktu

A.    Perjamuan Malam Terakhir

B.    Pentakosta

C.    di Golgota

D.   di taman Getzemani

 

36.   Makna sakramen tobat sebagai sakramen rekonsiliasi berdasarkan Lukas 19: 1-10 adalah...

A.    berdamai kembali dengan Allah, Gereja dan sesama

B.    berkumpul kembali setelah manusia berbuat dosa

C.    berdamai kembali dengan dosa dan kesalahan kita

D.   berkumpul kembali dalam perayaan dan menyesal

 

37.   Akibat yang muncul dari dosa yang dilakukan seseorang adalah...

A.    hidupnya merasa bahagia dan tenang

B.    merusak relasi dengan Tuhan dan sesama

C.    menyadari dan mengakui dosa yang dilakukan

D.   mengakui kesalahan untuk memperoleh keuntungan

 

38.   Makna sakramen baptis menurut Injil Yohanes 3: 1-7 (Percakapan Yesus dan Nikodemus) yaitu...

A.    menjadi rahmat pembenaraan      

B.    dilahirkan dari air dan Roh

C.    mendapat rahmat pengampunan

D.  menjadi ciptaan yang baru

 

39.   Semua orang yang telah dibaptis, berkat sengsara dan kebangkitan Yesus dipanggil untuk tugas perutusan yaitu...

A.    mewartakan Kerajaan Allah dan menjadi saksi Kristus

B.    mempengaruhi orang lain supaya masuk menjadi Katolik

C.    terlibat aktif dalam kepengurusan yang mengutungkan pribadi

D.   senantiasa bersyukur dalam keadaan suka dan gembira saja

 

40.   Kata-kata yang diucapkan saat membaptis seseorang dalam penerimaan Sakramen Baptis darurat adalah…

A.     “Aku membaptis kamu, dalam nama Allah Bapa, Allah Putra, Allah Roh Kudus”

B.    “Aku membaptis kamu, dalam nama Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus”

C.    “Aku membaptis kamu, dalam nama Allah Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus, Amin”

D.   “Aku membaptis kamu, dalam nama Gereja, Bapa, Putra, Roh Kudus. Amin”