Pawitikra CATHOLIC Students: Angelina Risang Krisma Pinastika

WELCOME & GOD BLESS YOU ALWAYS

Selamat Datang di Blog ini bersama R. Slamet Widiantono ------**------ TUHAN MEMBERKATI -----* KASIH ITU MEMBERIKAN DIRI BAGI SESAMA -----* JANGAN LUPA BAHAGIA -----* TERUS BERPIKIR POSITIF -----* SALAM DOA -----* slammy

Selasa, 29 Desember 2020

Angelina Risang Krisma Pinastika

 



Nama : Angelina Risang Krisma Pinastika
Kelas / No : 9F / 04

Tugas Agama Katolik
‘Refleksi Natal 2020’

Natal di tahun 2020 ini memang sedikit berbeda dari natal-natal sebelumnya. Untuk natal
tahun ini saya merasa bersuka cita sekaligus prihatin. Bersuka cita karena dapat merayakan
kelahiran Tuhan kita, Yesus Kristus dan prihatin karena adanya pandemi Covid-19.
Disamping itu, banyak hal menarik dan mengesan di dalamnya, dan tentu saja ada poin
positif dan negatifnya. Natal ini sangat mengesan bagi saya karena tahun ini saya terpilih
untuk menjadi panitia natal di paroki saya untuk yang pertama kalinya. Dan yang menarik
saya tergabung dalam divisi dekor, dan itu sangat menyenangkan. Puji Tuhan juga saya dan
keluarga dapat merayakan natal tahun ini di gereja. Pada natal tahun ini juga, saya jadi
tersadar bahwa makna natal adalah tentang kesederhanaan, kita tidak harus melulu
mengadakan pesta yang mewah dan mengundang banyak orang. Dengan kita merayakan
natal bersama keluarga di rumah masing – masing dalam keadaan yang sehat, bagi saya itu
sudah sangat cukup.


17 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Natal di tahun 2020 ini memang sedikit berbeda dari natal-natal sebelumnya. Untuk natal tahun ini saya merasa bersuka cita sekaligus prihatin. Bersuka cita karena dapat merayakan kelahiran Tuhan kita, Yesus Kristus dan prihatin karena adanya pandemi Covid-19. Disamping itu, banyak hal menarik dan mengesan di dalamnya, dan tentu saja ada poin positif dan negatifnya. Natal ini sangat mengesan bagi saya karena tahun ini saya terpilih untuk menjadi panitia natal di paroki saya untuk yang pertama kalinya. Dan yang menarik saya tergabung dalam divisi dekor, dan itu sangat menyenangkan. Puji Tuhan juga saya dan keluarga dapat merayakan natal tahun ini di gereja. Pada natal tahun ini juga, saya jadi tersadar bahwa makna natal adalah tentang kesederhanaan, kita tidak harus melulu mengadakan pesta yang mewah dan mengundang banyak orang. Dengan kita merayakan natal bersama keluarga di rumah masing – masing dalam keadaan yang sehat, bagi saya itu sudah sangat cukup.

    BalasHapus
  3. Laporan Misa (Sabtu, 9 Januari 2021)

    Pada hari Sabtu, 9 Januari 2021 pukul 16.30 kemarin, saya dan keluarga merayakan ekaristi online yang dipimpin oleh Romo Thomas Septi melalui channel youtube Komsos Kotabaru, dalam ekaristi tersebut romo berkotbah tentang pembaptisan Yesus Kristus dan kerendah hatian Yohanes Pembaptis. Puji Tuhan misa dapat berjalan dengan lancar.

    BalasHapus
  4. 22 Januari 2021

    Bacaan I (Ibr 8:12) :
    Sebab Aku akan menaruh belas kasihan terhadap kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa-dosa mereka.”

    Mazmur Tanggapan :
    Perlihatkanlah kepada kami kasih setia-Mu, ya TUHAN, dan berikanlah kepada kami keselamatan dari pada-Mu!

    Bait Pengantar Injil :
    Dalam diri Kristus Allah mendamaikan dunia dengan Diri-Nya dan mempercayakan warta perdamaian kepada kita.

    Bacaan Injil (Mrk 3:14-15) :
    Ia menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia dan untuk diutus-Nya memberitakan Injil dan diberi-Nya kuasa untuk mengusir setan.

    Renungan / Kesan :
    Dalam hidup, pastinya kita telah dihadapkan dengan berbagai karakter dalam diri setiap orang. Hal itu bertujuan agar kita menjadi pribadi yang baik di dalam Tuhan. Seperti pada kutipan Bacaan Injil diatas, dimana Yesus mengutus kedua belas muridNya, Tuhan sendiri juga yang memilih kita untuk menjadi berkat untuk semua orang. Maka dari itu, janganlah kita ragu - ragu dalam menjalankan tugas perutusanNya.

    BalasHapus
  5. Laporan Misa (Sabtu, 23 Januari 2021)

    Pada hari Sabtu, 23 Januari 2021 pukul 16.30 hari ini, saya mengikuti perayaan ekaristi online yang dipimpin oleh Rm. Floribertus Hasto Rosariyanto, SJ melalui channel youtube Komsos Kotabaru, dalam ekaristi tersebut homili disampaikan oleh Frater Yohanes Harry Kristanto, SJ. Frater Harry berkotbah mengenai panggilan Allah untuk mengikuti Dia dan bertobat. Melalui pertobatan, kiranya kita dapat menyadari bahwa Allah senantiasa menemani serta mencintai kita. Puji Tuhan misa dapat berjalan lancar dari awal hingga akhir.

    BalasHapus
  6. Kejadian 1 : 27

    "Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka."

    Ayat tersebut berkesan bagi saya karena dapat menyadaarkan saya bahwa Kita dirancang Tuhan untuk memiliki keturunan atau beranak cucu, namun, bukan hanya keturunan yang kita hasilkan, tapi Tuhan juga menghendaki supaya kehidupan kita menghasilkan buah yag baik.

    BalasHapus
  7. Kejadian 2 : 8

    "Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya itu."

    Ayat tersebut berkesan bagi saya karena disitu menunjukkan bahwa rancangan Tuhan bagi kehidupan kita sunggu luar biasa , jadi jangan sia - siakan waktu yang ada.

    BalasHapus
  8. Kejadian 3 : 12

    "Perempuan yang Kautempatkan di sisiku, dialah yang memberi dari buah pohon itu kepadaku, maka kumakan.

    Ayat tersebut berkesan bagi saya karena menyadarkan saya bahwa kita harus berhenti saling menyalahkan, biarlah masing - masing dari kita mengoreksi diri dan mengakui kesalahannya sendiri.

    BalasHapus
  9. Kejadian 4 : 7

    "Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya."

    Ayat tersebut berkesan bagi saya karena ayat tersebut menyadarkan saya bahwa setiap dari kita penting sekali memiliki penguasaan diri. Jika tidak, dosa akan lebih mudah menggoda dan menyeret kita ke dalamnya.

    BalasHapus
  10. Laporan Misa (Minggu, 31 Januari 2021)

    Pada hari Minggu, 31 Januari 2021 pukul 09.30 kemarin, saya dan keluarga mengikuti perayaan ekaristi secara langsung di Gereja St. Antonius Kotabaru. Ekaristi tersebut dipimpin oleh Rm. Tomi. Romo berkotbah tentang pengajaran dan perkataan Tuhan Yesus yang penuh kuasa. Puji Tuhan misa dapat berjalan lancar dari awal hingga akhir dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

    BalasHapus
  11. Matius 1 : 23

    "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel' -- yang berarti: Allah menyertai kita."

    Ayat tersebut berkesan bagi saya karena ayat tersebut menyadarkan saya bahwa tidak ada hadiah terbesar dan terindah bagi dunia selain kehadiran Yesus Kristus, karena Dia datang untuk menyelamatkan manusia dari dosa.

    BalasHapus
  12. Matius 2 : 11b

    "Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur."

    Ayat tersebut berkesan bagi saya karena di situ kita dapat melihat ketekunan dan pengorbanan mereka demi melihat dan menyembah bayi Yesus yang baru dilahirkan.

    BalasHapus
  13. Matius 3 : 8

    "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!"

    Ayat tersebut berkesan bagi saya karena walaupun kata - katanya sangat sederhana, kata kata tersebut mengandung kuasa yang sangat dahsyat yang membuat banyak orang menyerahkan hidupnya kepada Tuhan, percaya kepada Injil dan bertobat.

    BalasHapus
  14. Matius 4 : 11

    "Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus."

    Ayat tersebut berkesan bagi saya karena ayat tersebut menyadarkan saya bahwa untuk melawan godaan tan tipu muslihat iblis kita harus memiliki iman yang kuat seperti Yesus.

    BalasHapus
  15. Matius 5 : 14

    "Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi."

    Ayat tersebut berkesan bagi saya karena ayat tersebut mengingatkan kita, apakah kita sudah menjadi pelita yang menyala dan menjadi kesaksian yang hidup bagi orang-orang di sekitar kita?

    BalasHapus
  16. Matius 6 : 25

    "Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?"

    Ayat tersebut berkesan bagi saya karena ayat tersebut menyadarkan saya bahwa sebagai anak - anak Tuhan, kita tidak seharusnya merasa kuatir, karena Tuhan Allah kita selalu sanggup memberkati dan menjaga kita.

    BalasHapus
  17. Laporan Misa (Minggu, 7 Februari 2021)

    Pada hari Minggu, 7 Februari 2021 pukul 16.30, saya dan keluarga mengikuti perayaan ekaristi secara langsung di Gereja St. Antonius Kotabaru. Ekaristi tersebut dipimpin oleh Rm. Andrianus Maradiyo, Rm. Macarius Maharsono, Rm. Thomas Septi, Rm. Froribertus Hasto, Rm. Mario Tomi, dan didampingi oleh Diakon Fransiskus Pieter Dolle. Misa kali ini dipimpin oleh banyak romo karena, di dalam misa nantinya akan ada pelantikan Dewan Pastoral Paroki. Dalam ekaristi tersebut homili disampaikan oleh Rm. Andrianus Maradiyo. Romo ber khotbah tentang tugas perutusan yang telah Tuhan berikan. Puji Tuhan misa dapat berjalan lancar dari awal hingga akhir dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

    BalasHapus